GAYA HIDUP
25 Agustus 2020

8 Manfaat Susu Kedelai bagi Tubuh, Sehat Banget!

Bahkan susu nondairy ini memiliki sifat antikanker
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Manfaat susu kedelai ternyata banyak lho Moms. Tidak heran, susu kedelai menjadi semakin populer belakangan ini.

Sekarang ini, susu non-dairy memang semakin banyak diminati. Sebagai alternatif nabati yang asli, susu kedelai, masih bertahan kepopulerannya hingga saat ini.

Namun Moms mungkin bertanya-tanya, bagaimana susu kedelai bisa bertahan di tengah kepopuleran susu almond, dan berbagai macam susu lainnya?

Baca Juga: Susu Kedelai Bisa jadi Alternatif Pengganti Susu Sapi untuk Bayi?

Manfaat Susu Kedelai untuk Tubuh

susu kedelai

Foto: medicalnewstoday.com

Susu kedelai terbuat dari kacang kedelai, dan banyak mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin D dan kalsium.

“Susu kedelai menawarkan keanekaragaman kuliner, tekstur krim, dan profil nutrisi yang sehat, termasuk asam lemak omega-3 esensial dan flavonoid yang mengerahkan sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan kardioprotektif,” kata Julieanna Hever, ahli diet makanan di daerah Los Angeles, sekaligus penulis The Vegiterranean Diet.

Nah, penasaran apa saja manfaat susu kedelai? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. Mengandung Banyak Nutrisi

Sebuah studi tahun 2018 menemukan bahwa susu kedelai menjadi susu nabati yang paling kaya nutrisi dibandingkan dengan susu beras, susu almond, dan susu kelapa.

Jenis susu ini sebenarnya adalah pilihan nabati yang sebagian besar sangat mirip dengan susu sapi dalam hal kandungan nutrisinya.

"Susu kedelai bisa menjadi sumber protein dan kalsium, terutama bagi orang-orang yang tidak toleran terhadap susu," kata Taz Bhatia, ahli kesehatan hormon wanita dan dokter bersertifikat.

Berdasarkan data Departemen Pertanian Amerika Serikat, satu gelas susu kedelai tawar mengandung 7 gram protein.

Dengan sumber protein dan kalsium yang tinggi, manfaat susu kedelai untuk tubuh sudah tidak diragukan lagi ya Moms.

2. Punya Sifat Antikanker

Manfaat susu kedelai lainnya adalah sebagai antikanker. Susu kedelai juga mengandung fitonutrien yang dikenal sebagai isoflavon, yang telah terbukti memiliki sifat antikanker.

Dalam jurnal Trends in Biosciences, isoflavon memiliki banyak manfaat kesehatan antara lain penurunan kolesterol, meredakan gejala menopause, pencegahan osteoporosis dan pengurangan risiko kanker tertentu (kanker prostat dan kanker payudara).

Meskipun susu kedelai bukan pengganti yang sempurna, beberapa orang percaya bahwa susu kedelai bisa mencegah kanker.

Baca Juga: Bolehkah Anak yang Tidak Alergi Minum Susu Kedelai?

3. Mengurangi Kolesterol

Percaya atau tidak, manfaat susu kedelai selanjutnya adalah untuk mengurangi kolesterol. Sama seperti susu almond, susu kedelai juga memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang lebih tinggi dibandingkan dengan lemak jenuh.

Lemak jenuh yang ada dalam susu sapi, berkontribusi terhadap kolesterol tinggi dan masalah jantung.

Menurut National Center for Complementary and Integrative Health, mengkonsumsi protein kedelai setiap hari dapat mengurangi kolesterol LDL.

4. Baik Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

Manfaat susu kedelai selanjutnya adalah aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Dilansir dari situs India Today, meskipun tidak ada konsensus umum di antara para ilmuwan, beberapa studi telah menunjukkan hubungan antara minum susu sapi di awal kehidupan dan pengembangan diabetes tergantung insulin.

Namun hubungan seperti ini tidak ditemukan jika kita mengonsumsi susu kedelai.

5. Bagus untuk Menurunkan Berat Badan

Kalau manfaat susu kedelai yang satu ini pasti akan sangat disukai para Moms. Susu kedelai adalah minuman yang disarankan untuk menurunkan berat badan. Susu kedelai mengandung lebih sedikit gula daripada susu biasa.

Ada 12 gram gula per cangkir susu sapi sedangkan susu kedelai hanya mengandung 7 gram gula.

Menurut Dr. Nandi, ahli gastroenterologi di pinggiran kota Detroit, Michigan, secangkir susu kedelai dapat memberikan tubuh 80 kalori.

Selain itu, susu kedelai kaya akan serat. Serat memainkan peran penting dalam menjaga perut untuk merasa kenyang lebih lama dan membantu tubuh menurunkan berat badan.

Baca Juga: Mengapa Bayi Tidak Boleh Minum Susu UHT?

Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

susu kedelai

Foto: weeklyspy.com

Mengutip dari Mom Junction, berikut ini beberapa manfaat dari mengonsumsi susu kedelai untuk ibu hamil.

6. Kaya Asam Folat

Susu kedelai kaya akan asam folat yang menawarkan nutrisi yang diperlukan dalam kehamilan. Ini menjadi manfaat susu kedelai bagi ibu hamil yang tentunya penting.

Asupan asam folat secara teratur meningkatkan pertumbuhan sel-sel saraf dan mengoptimalkan perkembangan janin.

7. Mengandung Ragam Vitamin

Vitamin B1, A dan E adalah beberapa vitamin yang paling dibutuhkan di masa kehamilan. Manfaat susu kedelai bisa memberikan asupan vitamin yang diperlukan di masa kehamilan.

Vitamin E menawarkan energi yang membuat kehamilan Moms tetap sehat. Konsumsi susu kedelai akan membantu mencukupi kebutuhan vitamin pada janin dan ibu hamil.

8. Tinggi Kandungan Protein

Seperti yang dikatakan sebelumnya, susu kedelai tinggi kandungan protein yang dapat menjaga kesehatan pada organ di dalam tubuh.

Zat protein memastikan organ-organ janin untuk bisa berkembang dengan baik. Beberapa protein dalam susu kedelai adalah treonin, arginin, isoleusin, glisin, dan lisin.

Itu dia Moms beberapa manfaat susu kedelai untuk tubuh dan juga bagi ibu hamil. Jadi, sudah berencana untuk beralih ke susu kedelai?

Artikel Terkait