TRIMESTER 2
5 November 2019

4 Cara Mengatasi Kulit Kering Saat Hamil

Kulit kita harus terjaga hidrasinya setiap hari
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms mungkin pernah mendengar bahwa wanita yang hamil selalu terlihat lebih bersinar. Namun Moms juga harus tahu bahwa kita bisa saja mengalami kulit kering saat hamil.

Semua kehamilan tentu berbeda, dan gejala yang dialami setiap wanita juga berbeda berdasarkan reaksi tubuh mereka terhadap perubahan hormon.

"Kulit kering disebabkan oleh gangguan kulit dan disfungsi atau kekurangan lemak sehat yang diperlukan di lapisan atas kulit, asam lemak, dan ceramide yang penting untuk fungsi kulit normal," jelas Shari Marchbein, klinis asisten profesor dermatologi di NYU School of Medicine.

Jadi sama seperti beberapa wanita yang mungkin terlihat bersinar, beberapa wanita juga bisa mengalami kulit kering. Namun Moms tidak perlu khawatir.

Baca Juga: 5 Penyebab Kulit Kering yang Sering Tidak Kita Sadari

Kulit Kering Saat Hamil

Dilansir dari situs Healthline, kulit Moms akan mengalami banyak perubahan selama hamil. Stretch mark mulai terbentuk di perut, juga produksi darah yang meningkat akan membuat kulit bercahaya.

Selain itu, sekresi minyak berlebih mungkin dapat menyebabkan jerawat dan beruntusan. Kulit kering juga bisa menjadi salah satu masalah yang dihadapi.

Bagi Moms yang mengalami kulit kering saat hamil, yuk coba kita atasi dengan cara di bawah ini!

1. Tetap Jaga Hidrasi Kulit dengan Baik

kulit kering saat hamil

Dilansir dari The Bump, minum setidaknya delapan 8 gelas air sehari dapat membantu Moms untuk mengatasi kulit kering pada ibu hamil.

Selain itu, coba juga menggunakan pelembab di malam hari, yang akan menambah lebih banyak kelembaban pada kulit kita, atau mandi oatmeal hangat yang baik untuk dilakukan.

Selain itu, ukuran perut yang semakin membesar saat hamil, juga akan membuat kulit di sekitarnya meregang dan mengencang, lalu pada akhirnya menyebabkan kekeringan dan gatal pada kulit.

Baca Juga: 4 Tips Membiasakan Diri Rutin Minum Air Putih

2. Buat Sabun Mandi Sendiri

kulit kering saat hamil

Jauhi sabun yang mengandung alkohol, pewangi, atau pewarna berbahan kimia keras, yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Sebagai gantinya, cobalah mencampurkan 1 sendok makan cuka sari apel dengan 2 air, sebagai pembersih alami yang dapat mengembalikan tingkat pH kulit dan mengatasi kulit kering saat hamil.

Moms juga bisa mencampurkan minyak kelapa yang melembapkan, madu mentah, dan sabun Castile cair untuk membuat sabun mandi buatan sendiri. Sabun ini akan membuat kulit terasa lebih halus dari sebelumnya.

3. Gunakan Yogurt

kulit kering saat hamil

Yogurt kaya akan asam laktat dan protein, yang dapat membantu detoksifikasi dan melembabkan kulit.

Bahan ini juga membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, mengencangkan pori-pori, dan membuat Moms terlihat lebih muda dengan mengurangi garis-garis halus.

Aplikasikan dan pijat yogurt tipis-tipis ke kulit Moms dengan ujung jari dan biarkan selama dua atau tiga menit. Bersihkan dengan air hangat dan keringkan dengan handuk.

Baca Juga: Begini Cara Memutihkan Wajah dengan Yogurt

4. Jangan Mandi Terlalu Lama

kulit kering saat hamil

Selain itu, menghabiskan terlalu banyak waktu saat mandi juga dapat mengeringkan kulit, terlebih jika mandi dengan air hangat.

"Kita juga harus membatasi penggunaan sabun tubuh dan pembersih, dan lakukan pada bagian tubuh yang benar-benar membutuhkannya," Dr. Shereene Idriss, dokter kecantikan kulit.

Air hangat dapat menghilangkan minyak alami kulit kita. Coba gunakan hanya air hangat, dan batasi waktu mandi Moms untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan mencegah kulit kering saat hamil.

Itu dia beberapa cara mudah untuk mencegah kekeringan pada kulit saat hamil. Moms tertarik untuk mencobanya?

Artikel Terkait