PASCA MELAHIRKAN
14 Juli 2020

Tips Menyusui ketika Sedang Flu dan Tidak Enak Badan saat Pandemi

Tetap berikan ASI terbaik Moms ya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Seperti Moms semua tahu, ASI dapat melindungi dan memelihara bagian luar dalam tubuh bayi, bahkan tanpa bantuan dari susu formula sekalipun. ASI sangat diperlukan untuk menunjang tumbuh kembang bayi dan juga mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh Moms.

Namun terkadang, Moms cemas dan bahkan ragu untuk memberikan ASI pada Si Kecil ketika tubuh sedang tidak fit atau sedang flu, khususnya di musim pandemi corona seperti sekarang ini. Moms tidak ingin menularkannya pada Si Kecil, namun Moms juga mempunyai kewajiban untuk menyusuinya.

Menyusui Saat Flu dan Tidak Enak Badan di Musim Pandemi

menyusui saat pandemi

Foto: Orami Photo Stock

Selain dapat menunjang tumbuh kembang bayi, ASI juga dapat memperkuat bonding antara Moms dan bayi saat proses menyusui berlangsung. Itulah alasan betapa pentingnya Moms memberikan ASI pada Si Kecil, bahkan ketika sedang sakit sekalipun.

Moms tidak perlu cemas ketika mempunyai keharusan menyusui saat flu atau menyusui saat tidak enak badan selama musim pandemi berlangsung. Berikut ini adalah tips yang bisa Moms lakukan:

1. Menggunakan Masker saat Menyusui

Menyusui saat pandemi tetap bisa Moms lakukan, walaupun Moms sedang flu atau tidak enak badan, namun Moms diwajibkan menggunakan masker saat proses menyusui berlangsung.

Hal ini dijelaskan oleh dr. Elizabeth Yohmi, SpA, Ketua Satgas ASI Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dalam Instagram Live @idai_ig, Selasa (28/4), terpenting ibu harus menggunakan masker supaya tidak menyebarkan droplet pada Si Kecil.

Bahkan bagi ibu yang berstatus ODP (Orang Dalam Pemantauan) pun diperbolehkan untuk menyusui saat pandemi, di mana juga diharuskan untuk menggunakan masker. “Masker yang digunakan adalah jenis masker bedah, kalau di fasilitas kesehatan harus ada,” ujar dr. Elizabeth.

Baca Juga: Nutrisi Penting untuk Ibu Menyusui

2. Menjaga Kebersihan Moms dan Bayi

Lalu, usahakan untuk tetap menjaga kebersihan ketika menyusui saat flu atau menyusui saat tidak enak badan selama musim pandemi. Disarankan oleh dr.Elizabeth bahwa Moms harus menjaga kebersihan payudara dan juga mencuci tangan.

“Cara menjaga kebersihan payudara sebenarnya nggak ada yang khusus, caranya dengan mandi biasa menggunakan air dan sabun,” tuturnya.

"Tidak perlu menggunakan disinfektan, apalagi di payudara dan puting itu gampang lecet kalau kering," tambahnya.

Sedangkan Moms harus mengikuti anjuran WHO pada proses mencuci tangan yang tepat selama musim pandemi corona. Moms harus mencuci tangan sebelum dan sesudah menyusui saat flu dan menyusui saat pandemi ini demi pencegahan Covid-19. Prosedur cuci tangan tersebut juga harus dilakukan ketika Moms menyusui dengan pumping.

3. Mengonsumsi Obat dan Vitamin yang Aman untuk Ibu Menyusui

Saat tubuh tidak fit, sedang flu selama pandemi, kesehatan tubuh sangatlah penting diperhatikan. dr.Elizabeth mengatakan, ibu menyusui bisa mengonsumsi berbagai vitamin dalam menjaga daya tahan tubuhnya, walaupun tidak diwajibkan.

“Bisa mengonsumsi vitamin yang dianjurkan saja, vitamin C, vitamin B, kalsium juga boleh, yang penting vitamin alami dari buah dan sayur, makanan bergizi, dan berolahraga, ujarnya.

4. Memastikan ASI Selalu Banyak dan Berkualitas

dr.Elizabeth juga memperbolehkan untuk Moms mempunyai ASI Booster yang bisa meningkatkan jumlah produksi ASI. Di mana untuk memperbanyak produksi ASI bisa Moms dapatkan dari sumber bahan alami, seperti daun katuk dan daun kelor.

Baca Juga: 7 Makanan Pelancar ASI untuk Ibu Menyusui

Meningkatkan Produksi ASI dengan Bahan Alami

menyusui saat pandemi

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu tips menyusui saat flu atau menyusui saat tidak enak badan selama pandemi adalah dengan memastikan ASI selalu banyak dan berkualitas.

ASI bisa bertindak sebagai kontrasepsi alami bagi tubuh Moms. ASI juga dapat merilis hormon perasaan baik, membantu mengurangi kemungkinan kanker pada organ reproduksi, sampai membuat tulang menjadi lebih kuat.

Maka dari itu, penting bagi Moms untuk selalu menjaga produksi ASI agar tetap terjaga dan Si Kecil pun juga mendapatkan manfaatnya.

Ada sejumlah cara yang bisa Moms lakukan untuk menghasilkan ASI yang banyak dan selalu siap untuk Si Kecil, mulai dari selalu memberikan ASI ketika Si Kecil lapar untuk menstimulasi payudara agar tetap memproduksi ASI, menyusui dengan benar, menggunakan bra yang pas dan nyaman, banyak minum dan makan sehat, sampai mengonsumsi bahan alami untuk meningkatkan produksi ASI.

Daun katuk dan daun kelor bisa Moms jadikan pilihan terbaik untuk meningkatkan produksi ASI ketika sedang menyusui saat flu, menyusui saat tidak enak badan, dan bahkan menyusui saat pandemi.

Baca Juga: Bagaimana Cara Agar Produksi ASI Melimpah?

Manfaat Daun Katuk dan Daun Kelor untuk Kesehatan

1. Daun Katuk

menyusui saat pandemi

Foto: Orami Photo Stock

Daun katuk (Sauropus androgynus) sebagai pilihan alami yang sudah dipercaya berabad-abad untuk meningkatkan pasokan ASI. Daun katuk juga tidak hanya meningkatkan pasokan ASI, namun juga bermanfaat sebagai penguat kekebalan tubuh dan sumber zat besi untuk Moms.

International Conference on Food Engineering & Biotechnology, Journal of Sauropos Adrogynus Leaf Extract menyatakan bahwa ekstrak daun katuk mampu meningkatkan kuantitas produk ASI sampai 50,7 persen. Daun katuk juga dapat membantu kebutuhan mineral bagi ibu yang sedang menyusui, serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Daun katuk diperkaya dengan vitamin, asam amino, dan zat besi, daun kelor aman dikonsumsi bagi ibu hamil maupun menyusui. Akan tetapi, konsumsi daun kelor yang berlebih tidak diperkenankan bagi wanita yang hendak hamil karena kandungan dalam daun kelor dapat membuat upaya mengandung cukup sulit.

2. Daun Kelor

menyusui saat pandemi

Foto: Orami Photo Stock

Moringa atau yang dikenal sebagai daun kelor di Indonesia adalah salah satu bahan alami yang sudah banyak dipercaya Moms untuk meningkatkan produksi ASI. Di dalam daun kelor mengandung vitamin A, B, C, & E, mineral seperti kalsium, potassium, dan zat besi yang baik untuk tubuh.

Berbagai manfaat bisa Moms dapatkan jika bisa rutin mengonsumsinya selama menyusui Si Kecil, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, membantu menyeimbangkan kestabilan gula darah, membantu mengurangi inflamasi, memelihara kesehatan dan keremajaan kulit, meningkatkan kerja pencernaan, melindungi kerja hati, membantu mengurangi stres, dan meningkatkan produksi ASI.

Maka dari itu, Herbana Relief Sari hadir sebagai solusi untuk meningkatkan produksi ASI secara maksimal selama musim pandemi dan saat kondisi badan tidak fit atau sedang flu.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh, Coba Sekarang!

Herbana Hadir Kembali di Orami

menyusui saat pandemi

Foto: doc/herbana

Herbana merupakan brand produk herbal yang bertujuan untuk membuat gaya hidup sehat dan seimbang menjadi lebih mudah. Herbana hadir dengan mengombinasikan kearifan lokal dengan praktik modern untuk memberikan semua hal yang baik dari alam.

Herbana hadir dengan varian terbaru yaitu Herbana Relief Sari Daun Katuk dan Herbana Relief Sari Daun Kelor. Kaya akan vitamin, mineral, anti-oksidan, dan asam amino, daun katuk dan daun kelor adalah dua tanaman herbal yang bernutrisi tinggi. Daun katuk efektif dalam mengobati anemia yang diakibatkan dari kekurangan zat besi.

Daun kelor dapat membantu meningkatkan respons imun, energi, kesehatan kulit dan mata, juga untuk menjaga kesehatan gula darah serta kadar kolesterol.

menyusui saat pandemi

Foto: doc/herbana

Manfaat tersebut membuat daun katuk dan daun kelor dikenal sebagai “tanaman ajaib” sebagai alternatif dari multivitamin natural sehari-hari. Daun katuk dan daun kelor juga dapat membantu meningkatkan produksi ASI, karena keduanya mengandung senyawa aktif yang mendorong pembentukan ASI secara alami pada ibu menyusui.

Baca Juga: Pentingnya Daun Katuk untuk Melancarkan dan Menghasilkan ASI Eksklusif

daun katuk

Foto: doc/herbana

Herbana Relief Sari Daun Katuk dan Herbana Relief Sari Daun Kelor hadir dalam kemasan botol yang berisi 60 kapsul, Moms bisa mengonsumsi 2x2 kapsul per hari untuk membantu menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan produksi ASI.

Keduanya diproduksi dengan teknologi modern (Quadra Extraction System), suhu rendah, dan proses ekstraksi tertutup untuk memastikan tetap higienis dan bebas dari kontaminan. Moms bisa mendapatkan Herbana Relief Sari Daun Katuk dan Herbana Relief Sari Daun Kelor yang sudah terdaftar di BPOM dan memiliki sertifikat halal MUI di orami.co.id. Yuk beli, Moms!

Artikel Terkait