KELUARGA
7 September 2019

Musim Flu Datang, Ini Benda yang Wajib Tersedia di Rumah

Kecil dan bermanfaat. Ini dia daftar senjata untuk melawan virus di musim pancaroba.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Paling tidak nyaman rasanya jika terserang flu, apalagi di musim pancaroba seperti saat ini. Hidung jadi mampet, pilek, tenggorokan sakit, sampai-sampai kepala ikut pusing. Virus flu dan batuk terbang kemana-mana dengan bebasnya.

Ada apa sebenarnya dengan musim pancaroba atau musim flu? Dilansir dari Livescience, dr. Benjamin Kaplan dari Orlando Health, Florida, mengatakan bahwa perubahan suhu bukanlah penyebab langsung dari penyakit ini. Melainkan, perubahan suhu yang menyebabkan munculnya sejumlah virus yang berkembang dan menimbulkan sejumlah penyakit.

"Banyak penelitian menunjukkan bahwa rhinovirus dan coronavirus menjadi dua penyebab utama demam. Karena hal itu pula, virus influenza lebih berkembang dan menyebar di udara yang dingin dan kering sehingga banyak orang cenderung menderita flu di musim yang lebih dingin," ungkap Benjamin.

Lalu apa saja yang wajib Moms dan Dads sediakan di rumah untuk mencegah penyakit ini menyerang keluarga dan Si Kecil?

Sabun Cuci Tangan dengan Antiseptik

keluarga, balita

Foto: countryliving.com

Dikutip dari penjelasan Bridget Boyd, MD, direktur Loyola University Health System di Chicago, mencuci tangan adalah kunci utamanya. “Hal yang paling baik yang bisa dilakukan untuk mencegahnya adalah dengan mencuci tangan, khususnya setiap kali sebelum makan,” ujar Bridget.

Cucilah tangan setiap kali selesai menggunakan toilet, bersin, atau batuk. Untuk Moms, jangan lupa cuci tangan sebelum mulai memasak, ya. Cuci tangan setidaknya selama 20 detik dan gosok setiap bagian tangan termasuk kuku.

Sediakan sabun cuci tangan yang mengandung antiseptik untuk menambah perlindungan pada kesehatan keluarga.

Baca juga: Jangan Salah Langkah, Ini Cara Mencuci Tangan yang Benar

Vitamin

keluarga, balita

Foto: medicalnewstoday.com

Dengan kondisi cuaca yang tidak bersahabat, pastikan keluarga terlindung dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin, seperti buah dan sayur. Namun, untuk proteksi lebih, berikan juga multivitamin yang kaya akan vitamin C dan Zinc.

Menurut nutrisionis Julia Zumpano, RD, LD dari Cleveland Clinic, vitamin C adalah vitamin yang paling baik untuk meningkatkan imun dalam tubuh. “Mengonsumsi vitamin C sangat baik untuk kesehatan karena tubuh kita tidak memproduksinya sendiri. Vitamin C dari bahan alami seperti sayur dan buah sangat dianjurkan,” jelas Julia.

Selain vitamin C, vitamin B6 dan vitamin E juga berperan penting dalam membangun sistem imun yang lebih baik.

Masker

keluarga, balita

Foto: health.com

Benda yang satu ini harus selalu tersedia, ya. Karena penyebaran penyakit ini melalui udara, jadi sebaiknya Moms sediakan masker di dalam tas dan di rumah. Jangan sampai karena lupa memakai masker, Moms dan Dads justru tertular flu sehingga harus menjaga jarak dengan Si Kecil saat berada di rumah.

Saat bepergian menggunakan kendaraan umum tak ada salahnya untuk memakaikan masker pada Si Kecil supaya terhindar dari debu halus serta virus. Hal ini wajib dilakukan terutama untuk Si Kecil yang memiliki alergi debu.

Hand Sanitizer

keluarga, balita

Foto: thebump.com

Moms dan Dads tidak mungkin mencuci tangan setiap saat, bukan? Oleh sebab itu sediakan hand sanitizer yang dapat dibawa kemana saja. Saat tidak menemukan tempat untuk mencuci tangan, setidaknya hand sanitizer dapat membantu mengurangi risiko penyebaran kuman dan virus.

Saat ini tersedia beragam aroma dan juga kemasan hand sanitizer yang efisien, jadi seharunya tak susah lagi untuk menjaga tubuh Anda terbebas dari kuman, kan?

Baca juga: Fakta atau Mitos: Bahayakah Gunakan Hand Sanitizer? Ini Jawabannya!

Obat Anti Nyamuk

keluarga, balita

Foto: insectcop.net

Selain penyebaran penyakit influenza, nyamuk juga menjadi musuh utama di musim pancaroba. Pasalnya, genangan air yang ada di sekitar tempat tinggal dapat menjadi sarang yang aman untuk nyamuk berkembang biak.

Oleh karena itu, siapkan obat anti nyamuk, lotion atau spray, selama musim pancaroba untuk menghindari gigitan nyamuk demam berdarah. Lakukan juga tahapan pencegahan nyamuk demam berdarah di rumah , yaitu 3M (menutup, menguras, mengubur).

Baca juga: Obat Nyamuk Semprot, Amankah untuk Kamar Anak?

Yuk Moms, jaga kesehatan keluarga mulai dari menyiapkan hal-hal kecil di atas.

(ERN/KM)

Artikel Terkait