BALITA DAN ANAK
26 Juni 2019

Nafsu Makan Anak Berubah Tiba-Tiba, Mengapa?

Jika nafsu makan anak tiba-tiba berubah, apa yang menjadi penyebabnya?
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Seiring pertambahan usia anak, akan banyak perubahan yang ia alami, termasuk di antaranya adalah perubahan pola makan. Ada satu waktu di mana nafsu makan anak berubah secara tiba-tiba lho Moms.

Ketika masih bayi, ia diwajibkan mengonsumsi ASI selama 6 bulan pertama hidupnya. ASI penting untuk membantu pertumbuhan dan memperkuat kekebalan tubuhnya.

Setelah 6 bulan, ia akan mendapat MPASI atau makanan pendamping ASI sebagai momen untuk ia mengenal rasa, tekstur, dan berbagai bentuk makanan. MPASI dibutuhkan agar nutrisi dan gizinya tercukupi dengan baik sehingga perkembangan serta pertumbuhannya dapat berjalan optimal.

Nah, setelah perkembangan dan pertumbuhan yang pesat pada usia di bawah 1 tahun, selanjutnya akan melambat dan nafsu makan mulai menurun. Selain itu, anak kerap mengalami kondisi picky eater, yaitu ketika ia memilih jenis makanan tertentu dan menolak jenis makanan lainnya.

Bisa saja selama ia menjalani MPASI, anak dengan lahapnya mengonsumsi semua jenis makanan yang diberikan. Namun, kini anak menjadi sulit sekali untuk makan dan hanya mau mengonsumsi jenis makanan tertentu saja.

Jika anak Moms sedang dalam kondisi picky eater seperti ini, maka harus segera diatasi.

Kondisi picky eater memiliki dampak yang berbahaya, yaitu anak yang kekurangan gizi. Selalu pantau berat dan tinggi badan anak selagi mengatasi kondisi picky eater.

Jika nafsu makan anak tiba-tiba berubah, maka Moms juga harus menemukan penyebab dan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Baca Juga: Bolehkah Meningkatkan Nafsu Makan Anak Secara Tradisional?

Penyebab Nafsu Makan Anak Berubah

Nafsu Makan Anak Tiba-Tiba Berubah, Mengapa-1.jpg

Foto: snugliees

Dokter spesialis gizi klinik di RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa dr. Francisca A Tjakradidjaja mengungkapkan, ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab nafsu makan anak tiba-tiba berubah. Tentunya kondisi ini akan berbeda pada setiap anak.

“Sebaiknya, dipantau dan ditelusuri alasan nafsu makan anak berubah. Bisa saja ia bosan, sedang tumbuh gigi tambahan, atau sedang mengalami masalah mulut dan gigi seperti sariawan, gigi berlubang, dan infeksi. Atau anak merasa tidak nyaman dengan pola makan yang diberikan orang tuanya selama ini,” ujar dr Francisca pada Kulwap Orami Community, Kamis (25/2) lalu.

Nafsu makan anak yang berubah juga dapat disebabkan karena kondisi picky eater tadi. Ia menolak untuk mengonsumsi makanan yang tidak disukainya atau dalam beberapa kondisi, ia hanya mengemut lama bahkan hingga melepehkan makanan tersebut. Segera atasi kondisi ini tidak bertambah parah.

Baca Juga: Apa Nafsu Makan Anak Berubah Ketika Tumbuh Gigi?

Cara Mengembalikan Nafsu Makan Anak

Nafsu Makan Anak Tiba-Tiba Berubah, Mengapa-2.jpg

Foto: motherforlife

Cara untuk meningkatkan kembali nafsu makan anak, yaitu dengan mencoba variasi jenis makanan dan mencoba berbagai pola makan.

“Coba untuk variasikan makanan, yaitu dengan memberikan tampilan menarik terhadap makanan yang disajikan atau melibat anak dalam proses menyiapkan makanan. Berikan contoh juga kepada anak bahwa momen makan adalah hal yang menyenangkan dan patut untuk disyukuri,” ungkap dr Francisca yang akrab disapa dr Chika ini.

Selain itu, ajarkan anak untuk makan sendiri dengan duduk di meja atau bersama-sama dengan keluarga lain. Hindari kebiasaan menyuapi anak ketika makan karena dapat menghambat stimulasi motoriknya.

Moms, penting juga untuk diketahui anak adalah peniru yang handal. Ketika ia makan bersama-sama dengan anggota keluarga lain maka ia dapat dengan mudah meniru apa yang dilakukan oleh orang sekitarnya, termasuk salah satunya adalah cara makan.

Sebaiknya batasi juga waktu makan bersama tidak lebih dari 30 menit dan pastikan anak menghabiskan makanan yang diberikan.

Baca Juga: Anak Picky Eater, Ini Dampaknya Pada Mental Si Kecil dan Orang Tua

Tentunya membutuhkan kesabaran dan konsistensi untuk meningkatkan kembali nafsu makan anak yang berubah. Jadi, ketika nafsu makan anak berubah, jangan patah semangat, ya, Moms!

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan mengenai nafsu makan anak, Moms bisa bergabung dengan WhatsApp Group Orami Moms Community.

Di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya. Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

orami wag

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

(DG)

Artikel Terkait