BAYI
15 Juli 2020

6 Obat Rumahan untuk Sariawan Bayi, Yuk Coba!

Pelajari cara mengobati sariawan bayi dengan menggunakan obat rumahan yang dapat ditemukan di dapur ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sariawan adalah infeksi jamur yang umum terjadi pada bayi, dan ditandai dengan adanya bercak putih pada lidah dan pipi. Bayi paling rentan terkena sariawan karena jamur tumbuh di tempat yang hangat dan basah seperti mulut Si Kecil dan sistem karena kekebalan tubuhnya belum sempurna.

"Sariawan biasanya diobati dengan obat antijamur yang diresepkan seperti Nystatin yang merupakan pengobatan topikal yang diletakkan di lidah Baby," kata Joe Craig, MD, dokter anak FAAP Kaiser Permanente di Colorado.

Obat Rumahan untuk Sariawan Bayi

Namun, karena sistem kekebalan bayi masih berkembang dan beberapa obat mungkin memiliki efek samping negatif dalam kasus-kasus tertentu, Moms bisa memberikan obat rumahan untuk mengobati sariawan bayi jika kondisi sariawan tidak terlalu berat. Apa saja itu?

Baca Juga: 6 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami Selama Kehamilan

1. Air Garam

Coba Obat Rumahan Ini untuk Mengobati Sariawan pada Bayi -1.jpg

Foto: Cleansejoy.com

Garam tidak hanya bertindak seperti antiseptik, tetapi juga dapat meredakan gejala sariawan. Moms bisa melarutkan satu setengah sendok teh garam ke dalam satu cangkir air hangat. Oleskan larutan air asin ini dengan menggunakan kapas di atas sariawan.

2. Soda Kue

Coba Obat Rumahan Ini untuk Mengobati Sariawan pada Bayi -2.jpg

Foto: Cleverest.com

Soda kue yang dilarutkan (natrium bikarbonat) juga dapat memerangi gejala sariawan. Soda kue ini bisa menjadi obat rumahan untuk mengobati sariawan bayi dengan melarutkan setengah sendok teh soda kue ke dalam satu cangkir air hangat, dan oleskan pada sariawan bayi dengan kapas.

Moms juga dapat membuat soda kue menjadi pasta dan tempelkan pada puting sebelum menyusui.

3. Minyak Kelapa

Coba Obat Rumahan Ini untuk Mengobati Sariawan pada Bayi -3.jpg

Foto: Hudabeauty.com/Shutterstock.com

Berkat asam kaprilat yang bahan dalam minyak kelapa, zat berlendir ini dapat menjadi obat rumahan untuk mengobati sariawan pada bayi. Oleskan minyak kelapa menggunakan kapas.

“Anda harus memastikan bahwa bayi tidak alergi terhadap kelapa,” kata dia.

Baca Juga: 7 Cara Mengobati Sariawan dengan Bahan Alami

4. Yogurt

Coba Obat Rumahan Ini untuk Mengobati Sariawan pada Bayi -4.jpg

Foto: Verywellfit.com

Yogurt alami penuh dengan bakteri sehat yang disebut probiotik, yang dapat menciptakan keseimbangan jamur di mulut bayi. Ini secara efektif dapat menghentikan kandidiasis dari penyebaran.

Pastikan Moms memberikan yogurt plain. Ini karena bakteri yang menyebabkan infeksi jamur, menyukai gula.

Karena lembut, yogurt juga merupakan makanan yang enak untuk dimakan jika oleh bayi saat kesulitan menelan karena sariawan yang menyebabkan mulut dan tenggorokan yang terasa sakit.

Jika Si Kecil belum makan, oleskan yogurt ke daerah yang terkena sariawan dengan kapas. Moms juga dapat mencari probiotik yang aman untuk bayi.

5. Kunyit

Coba Obat Rumahan Ini untuk Mengobati Sariawan pada Bayi -5.jpg

Foto: Webmd.com

Kunyit mendapatkan warna kuning cerah dari curcumin. Curcumin adalah senyawa kuat yang dianggap memiliki kemampuan anti-inflamasi. Menurut penelitian yang diterbitkan Bioscience Report pada 2010 pada tikus, curcumin dapat mengobati sariawan oral.

Studi ini menemukan curcumin sebagai antijamur terhadap spesies albicans dan non-albicans Candida, terutama ketika dikombinasikan dengan piperin. Piperine adalah senyawa yang ditemukan dalam lada hitam yang membantu tubuh menyerap kunyit.

Mom bisa membuat campuran 1/4 hingga 1/2 sendok teh kunyit pasta dengan sedikit lada hitam dan 1 cangkir air yang disaring atau susu. Kemudian panaskan dalam panci sampai hangat. Coba berikan pada bayi dan lihat reaksinya.

6. Vitamin C

Coba Obat Rumahan Ini untuk Mengobati Sariawan pada Bayi -6.jpg

Foto: Webmd.com

Vitamin C yang juga disebut asam askorbat diperlukan untuk fungsi sistem kekebalan tubuh yang tepat. Ini dilakukan dengan mendorong produksi sel darah putih yang membantu melindungi tubuh dari infeksi.

Ini juga membantu sel-sel ini berfungsi lebih efektif dan melindunginya terhadap molekul berbahaya. Sistem kekebalan yang sehat membantu mengembalikan keseimbangan tubuh.

Meningkatkan asupan vitamin C juga dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengalahkan infeksi.

Moms bisa memberikan vitamin C alami yang terkandung dalam berbagai sayur dan buah, seperti jeruk, papaya, dan sebagainya.

Baca Juga: 4 Obat Sariawan Bayi yang Ampuh dan Aman

Ternyata bahan obat rumahan untuk mengobati sariawan bayi bisa didapat dengan mudah ya.

Artikel Terkait