BALITA DAN ANAK
10 Juli 2019

Pelajari Cara Tepat Membersihkan Tempat Tidur Anak

Kenali juga jenis-jenis kotorannya ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kunci anak bisa tidur dengan nyaman dan nyenyak adalah tempat tidur yang bersih dan terawat. Karenanya, penting untuk rajin membersihkan tempat tidur anak.

Mengutip Good Housekeeping, setidaknya penting untuk membersihkan properti tempat tidur dua minggu sekali.

"Jika Anda seseorang yang berkeringat, Anda harus menambanya jadi sekali seminggu. Jika seseorang sakit, segera cuci seprai, selimut, dan bantal," tulis Francesca Menato, Social Media Editor untuk Good Housekeeping.

Ada beberapa jenis kotoran di tempat tidur, yaitu seperti debu, tungau, dan kutu. Seperti apa cara membersihkannya? Yuk simak cara tepat membersihkan tempat tidur anak di bawah ini!

Baca Juga: 4 Tips Memilih Tempat Tidur Tepat untuk Melindungi Nyawa Bayi

1. Membersihkan Tempat Tidur Anak dari Debu

rapikan tempat tidur

"Cara termudah untuk mengatasi debu adalah dengan menggunakan penyedot debu Anda untuk membersihkan dari sisi-sisi kasur secara menyeluruh," jelas Carolyn Forte, direktur Laboratorium Pembersihan Good Housekeeping Institute.

Ia menambahkan, agar pembersihan debu bisa maksimal, penting untuk menekan penyedot debu dengan kuat untuk mengeluarkan debu di bawah permukaan kain tempat tidur/matras.

Jika Si Kecil suka makan kudapan di tempat tidur, atau ia memelihara hewan peliharaan, ada kemungkinan kasur memiliki noda.

"Cara termudah untuk menghilangkan noda adalah dengan pembersih jok yang diformulasikan untuk menghilangkan noda pada hewan peliharaan. Mereka tidak hanya menghilangkan noda tetapi juga mengandung enzim untuk mengatasi bau," kata Forte.

2. Membersihkan Tempat Tidur Anak dari Tungau

tempat tidur-1.jpeg

Bila menghendaki cara yang mudah, Moms bisa menggunakan soda kue untuk membersihkan dan penyedot debu untuk menghilangkan tungau.

Ini dapat digunakan untuk kasur dengan permukaan kain, misalnya kasur pegas. Jangan coba cara ini pada tempat tidur dengan lateks atau memory foam.

Mengutip dari European Bedding, campurkan satu cangkir soda kue dengan beberapa tetes minyak esensial pilihan. Kemudian, taburkan soda kue di atas kasur dan diamkan selama 15 menit.

Sedot semuanya dengan menggunakan selang untuk menyedot semua soda kue yang ditaburkan di tempat tidur. Penyedot debu akan menyedot tungau debu bersama dengan soda kuenya.

Baca Juga: 6 Cara Membuat Tempat Tidur Lebih Nyaman

3. Membersihkan Tempat Tidur Anak dari Kutu

tempat tidur-2.jpg

Jika Si Kecil kerap mengajak main hewan peliharaan ke tempat tidur, ada kecenderungan kutu bisa tertinggal di tempat tidur. Apalagi ketika hewan peliharaan tidak dirawat dan dibersihkan dengan baik.

Melansir dari Home Guide SF Gate, Bersihkan tempat tidur anak dari kutu dengan cara melepaskan semua selimut, seprai bantal guling dan kasur. Lalu cuci dengan mesin cuci dan jangan mencuci bersama dengan pakaian lain.

Bersihkan kasur dengan insektisida dengan mengikuti instruksi pada label. Bersihkan kasur dengan seksama atau ikuti cara pembersihan pada label untuk memberishkan bubuk, dan sisa kutu.

Baca Juga: Begini Cara Membersihkan Karpet yang Benar agar Tidak Rusak

Itu dia cara tepat membersihkan tempat tidur anak dari debu, tungau, dan kutu. Selamat mencoba!

Artikel Terkait