KESEHATAN
23 September 2019

3 Perbedaan Vertigo dengan Pusing Biasa

Sebenarnya apa perbedaan antara keduanya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Orami

Moms dan Dads, pusing merupakan hal yang umum terjadi pada pasien penyakit dalam, terhitung hingga 5% dari kunjungan ke klinik perawatan, mengeluhkan hal tersebut.

Namun, menurut sebuah penelitian dari American Family Physician, beberapa pasien menggunakan istilah pusing dan vertigo untuk menggambarkan keluhannya. Sehingga, menyulitkan diagnosis.

“Pusing sendiri adalah istilah yang ambigu. Jadi, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengklarifikasi apa yang dibicarakan dengan pasien dengan meminta mereka menggambarkan apa yang mereka rasakan,” kata asisten professor neurologi klinis dan kepala departemen neurologi di Miami VA Healthcare System, Yolanda Reyes-Iglesias, MD.

Baca Juga: Ketahui Gejala dan Langkah Mencegah Anemia Pada Anak

Setelah itu, menurut Reyes yang juga direktur untuk pendidikan kedokteran sarjana di Fakultas Kedokteran Universitas Miller, para ahli maka akan mengetahui apakah Moms atau Dads berbicara mengenai pusing atau vertigo atau bahkan tentang gaya berjalan saja.

Lalu, bagaimana cara membedakan antara pusing biasa dengan vertigo saat Moms atau Dads mengalaminya?

Pergerakan Bola Mata

Pergerakan mata

Moms dan Dads bila mengalami vertigo akan merasa dirinya berputar atau lingkungan berputar terhadap dirinya.

Sering pula disertai dengan mual, muntah, telinga berdenging, atau pendengaran menurun.

Namun, tanda yang paling membedakan vertigo dan pusing yaitu adanya pergerakan bola mata secara cepat ke kanan-kiri atau atas-bawah tana disadari penderita nystagmus.

“Ada tidaknya nystagmus dapat diperiksakan dengan meminta pasien melihat ke kanan dan berhenti sekitar 10 detik untuk melihat apakah ada pergerakan bola mata yang tidak normal, cepat, dan tidak disadari oleh penderita, kemudian bergantian ke kiri, atas maupun di bawah,” kata professor di departemen kedokteran di University of Washington di Seattle, Douglas Paauw, MD, MACP.

Sensasi Gerakan

Vertigo-Hero.jpg

Dilansir dari webmd.com, vertigo adalah jenis rasa pusing yang dirasakan sebagai sensasi gerakan yang salah. Biasanya, Moms atau Dads merasa lingkungan atau diri sendiri berputar-putara.

Perasaan ini mirip dengan yang dihasilkan oleh permainan masa kecil berputar-putar, lalu tiba-tiba berhenti dan merasakan lingkugan berputar. Ini bisa disebut vertigo.

Contoh lain vertigo dapat terjadi saat berjalan dalam garis lurus di lantai ubin Anda, jika Anda merasa seperti sedang berjalan di atas tanah.

Baca Juga: 6 Cara Jitu Mengatasi Susah Tidur Akibat Terlalu Lelah

Sedangkan, pusing lebih ke perasaan berkepala ringan, perasaan kabur atau samar-samar. Pusing biasanya didefinisikan sebagai perasaan pusing, seolah-olah Anda akan pingsan. Perasaan ini bisa datang dan pergi, atau mungkin konstan.

Contoh lain dari pusing adalah pusing ketika Moms atau Dads berdiri dengan cepat di hari yang panas dan cerah.

Perasaan pusing itu disebabkan oleh tekanan darah rendah dan dapat menyebabkan pingsan pada kasus yang parah. Ini adalah perbedaan utama antara pusing dan vertigo.

Pergerakan Terbatas

pergerakan terbatas

Vertigo lebih parah dari pusing seperti yang dilansir dari medicalnewstoday.Apabila Moms atau Dads menderita vertigo maka cenderung sulit bergerak atau pergerakan terbatas.

Nah, penyakit ini bisa kumat kapan saja tidak kenal waktu. Bahkan, vertigo bisa berlangsung hingga berhari-hari, mingguan, bulanan atau bahkan tahunan.

Penderita vertigo juga mungkin mengalami mual dan muntah, kesulitan keseimbangan, dan/atau kesulitan berjalan.

Sedangkan, untuk pusing biasanya hanya karena gerakan tertentu sehingga akan hilang seiring berjalannya waktu dan tidak terlalu mengganggu aktivitas kecuali disertai pingsan.

Baca Juga: Apa Bedanya Susah Tidur dengan Insomnia?

Setelah mengetahui perbedaannya, Moms atau Dads kini bisa langsung menerangkannya kepada dokter.

Sebelumnya, pastikan untuk menjelaskan timbulnya gejalan, lamanya kejadian berlangsung, dan apa yang tampaknya menjadi pemicu.

Dengan begitu, jika Moms atau Dads tidak yakin apakah mengalami pusing atau vertigo, dokter akan memiliki cukup informasi untuk membantu mengetahuinya dan menerima perawatan yang tepat.

Artikel Terkait