PROGRAM HAMIL
12 April 2019

Agar Program Bayi Tabung Sukses, Persiapkan 4 Hal Ini

Sederhana tapi sukses mendukung program bayi tabung
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Ada banyak cara bagi Moms punya anak meski susah hamil, salah satunya program bayi tabung.

Untuk menjalani program bayi tabung memang membutuhkan persiapan yang tidak mudah, mulai dari mental, tenaga, finansial, sampai perubahan gaya hidup.

Agar program bayi tabung sukses, berikut beberapa hal yang harus Moms persiapkan!

1. Relaksasi

Salah satu hal yang terpenting dalam persiapan bayi tabung adalah mencoba tetap tenang dan rileks.

Dr. Ralf Zimmerman dari Neway Fertility di New York mengungkapkan pikiran yang tenang dan rileks agar tidak ada tekanan secara mental yang dapat menghambat perkembangan fisik.

Bahkan dr. Zimmerman merekomendasikan agar Moms yang ingin menjalankan program bayi tabung melakukan akupuntur dua sampai tiga kali dalam seminggu.

Selain akupuntur, dr. Zimmerman juga mengungkapkan beberapa hal lain yang bisa membantu rileksasi seperti pijat.

“Lakukan perawatan yang dapat membuat aliran darah lebih baik. Hal ini dapat membantu tubuh memproduksi sel telur dengan kualitas yang lebih tinggi,” ujarnya.

Baca Juga: 5 Mitos Tentang Bayi Tabung, Ini Kata Ahli!

2. Pola Makan

Hal lain yang harus dipersiapkan saat program bayi tabung adalah pola makan. Moms perlu konsumsi pola makan yang seimbang.

Namun, jangan mengubah pola makan secara ekstrem misalnya mengkonsumsi makanan bebas gluten. Apalagi jika sebelumnya belum pernah melakukan pola makan tersebut.

Aimee Eyvazzadeh, seorang endokrinologis reproduksi mengungkapkan gaya diet Mediterania bisa dicontoh bagi Moms yang akan menjalani program bayi tabung.

Perbanyak konsumsi buah dan sayuran segar dan pilih protein tanpa lemak seperti ikan dan unggas.

Biji-bijian utuh seperti quinoa, farro dan pasta gandum bisa jadi pilihan. Moms juga beralih pada produk susu yang rendah lemak.

3. Hindari Produk Kimia

Tidak hanya Moms yang harus menjaga pola makan, persiapan bayi tabung juga berhubungan dengan bahan kimia yang berada di sekitar Moms.

Pertimbangkan untuk menghindari barang rumah tangga dengan bahan kimia berbahaya yang dapat mengganggu endokrin. Hal ini bisa mengganggu kesehatan reproduksi serta perkembangan janin di kemudian hari.

Nah, bahan kimia apa yang seharusnya Moms hindari? Salah satunya adalah cat kuku, serta produk kecantikan yang mengandung paraben, triclosan dan benzophenone.

Selain itu, hindari penggunaan kosmetik yang belum lulus uji BPOM. Moms mungkin sering menggunakan wadah plastik untuk konsumsi sehari-hari. Hindari wadah plastik yang tidak aman, apalagi yang mengandung BPA dan fenol lainnya.

Baca Juga: Apa Anak IVF Berbeda dengan Anak Program Hamil Normal?

4. Olahraga yang Tepat

Banyak orang yang justru menghindari bayi tabung karena takut justru mengganggu fisik. Padahal, Moms perlu melakukan olahraga sebagai persiapan program bayi tabung.

Namun, ada beberapa olahraga yang sebaiknya dihindari. Olahraga berlari menjadi salah satu olahraga yang sebaiknya jangan dilakukan berlebihan.

“Berlari dapat mengganggu kesuburan daripada olahraga lainnya,” ujar dr. Eyvazzadeh. Berlari dapat memiliki efek buruk pada penebalan lapisan dan dapat memindahkan darah dari rahim ke organ dan otot lainnya.

Padahal sistem reproduksi paling banyak membutuhkan dalam hal ini. Moms boleh saja berlari tapi jangan lakukan secara berlebihan.

Moms bisa melakukan lari atau jogging tidak lebih dari 3 kilometer setiap harinya. Nah, apakah Moms sedang melakukan persiapan bayi tabung? Jika ya, perhatikan rambu di atas agar program bayi tabung sukses ya!

(GSA)

Artikel Terkait