BALITA DAN ANAK
24 Juli 2019

Ketahui Panduan Pola Asuh Anak ADHD yang Tepat

Jangan mengasuh anak dengan pola memberi hukuman akibat kesalahan yang dilakukan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Attention Deficit Hyperactivity Disorder atau ADHD adalah gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik anak-anak, hingga anak-anak cenderung berprilaku berlebihan dalam beraktivitas dan sukit untuk diatur.

Gangguan ini bisa dikatakan sebagai gangguan perhatian pada anak. Makanya orang tua harus memiliki perhatian yang lebih untuk anak dengan gangguan kesehatan ini.

Untuk dapat memastikan bahwa anak kita bahagia dan dapat beradaptasi dengan baik sekarang dan di masa depan, juga untuk menciptakan lingkungan rumah yang tenang, Moms dan Dads harus menjadi orang tua yang hebat bagi anak dengan masalah ADHD.

Lalu bagaimana pola asuh anak ADHD yang tepat? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Salah Pola Asuh, Anak Bisa Jadi Kleptomania!

Pola Asuh Anak ADHD

pola asuh anak adhd

Foto: bt.com

Menurut dr Anggia Hapsari, dokter spesialis kesehatan jiwa konsultan psikiatri anak & remaja RS Pondok Indah – Bintaro Jaya, pola asuh anak ADHD adalah pola asuh otoritatif atau bisa juga disebut dengan pola asuh demokrasi.

“Orang tua yang menggunakan pola asuh ini harus memiliki sikap yang tegas dan tidak memanjakan anak, tapi ada juga interaksi serta komunikasi yang baik antara anak dan orang tua,” kata dr Anggia Hapsari.

Anak dengan ADHD memerlukan sikap orang tua yang konsisten dalam menerapkan aturan dan disiplin tetapi yang dilakukan dengan dua arah. Beri kepercayaan pada anak kita untuk melakukan tanggung jawabnya.

Bantu si kecil untuk membuat jadwalnya sendiri, mengingat detil-detil yang diperlukannya, dan biarkan dia mengatur waktu dan jadwalnya sendiri. Dengan demikian, Moms sudah memberikan kesempatan pada anak untuk berkembang sesuai dengan kebutuhannya.

Baca Juga: Tak Manjakan Anak, Begini Pola Asuh Ratu dan Putri Kerajaan di Seluruh Dunia

Orang Tua Harus Selalu Mendukung Anak

pola asuh anak adhd

Foto: ardentcenter.com

ADHD pada anak-anak adalah masalah yang umum terjadi. Memang tidak mudah bagi kita sebagai orang tua untuk menerima bahwa ada sesuatu yang tidak "normal" pada anak kita.

Tetapi seorang anak yang merasakan kebencian orang tuanya dan merasa pesimis, tidak akan bisa mengembangkan diri dan semangat untuk melakukan hal yang dia butuhkan. Pola asuh anak ADHD seperti inilah yang akan membuat anak semakin terhambat untuk tumbuh menjadi orang dewasa yang bahagia dan dapat menyesuaikan diri.

“Agar seorang anak merasa diterima dan didukung, dia perlu merasa bahwa orang tuanya memiliki kepercayaan pada kemampuannya,” kata Ken Brown-Gratchev, instruktur pendidikan khusus di Kaiser Permanente di Portland, Oregon.

Begitu orang tua belajar melihat ADHD sebagai suatu karunia pada anak, mereka akan dapat melihat energi yang luar biasa, kreativitas, dan keterampilan interpersonal di dalam diri anak.

Baca Juga: Berbeda Pola Asuh Anak dengan Suami? Ini 3 Trik Menghadapinya

Lakukan yang terbaik untuk mencintai buah hati kita tanpa syarat. Perlakukan dia seolah-olah dia adalah anak normal lainnya.

Pola asuh anak ADHD seperti itulah yang akan membantu anak menjadi orang baru dan berkembang. Selamat mencoba!

Artikel Terkait