3-12 BULAN
31 Oktober 2019

Menggunakan Produk Skincare Natural untuk Bayi, Apakah Perlu?

Produk skincare "natural" bisa lebih mahal dari produk perawatan kulit biasa
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Intan Aprilia

Dalam memilih produk skincare bayi, Moms tentu ingin memastikan produk tersebut cocok dipakai Si Kecil dan tidak berisiko ruam atau alergi.

Tidak sedikit dari orang tua yang cenderung memilih produk berbahan natural karena cenderung lebih aman ketimbang produk skincare dengan kandungan bahan kimia.

Namun, apakah bayi perlu menggunakan produk skincare berbahan natural? Apalagi, mengetahui bahwa tidak sedikit skincare natural memiliki harga yang sedikit lebih mahal.

Baca Juga: 5 Bahan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

Klaim Produk Skincare "Natural" yang Hanya Sekadar Label

skincare bayi-1.jpg

Jika Si Kecil memiliki kulit sensitif, maka akan lebih mudah untuk memilih produk yang dibuat dengan kandungan bahan yang mudah dipahami.

Tetapi, klaim produk natural pun sebenarnya hanya merupakan label semata, dan bukan merupakan istilah resemi.

"Tidak ada sistem formal yang mengatur 'alami' atau definisi secara hukum tentang apa arti istilah ini," kata Marisa Garshick, MD, dokter kulit di Dermatologi Medis dan Bedah Kosmetik di New York City, mengutip Everyday Health.

Marisa melanjutkan, "Ini jadi rumit bagi konsumen, karena perusahaan dapat membuat klaim bahwa suatu produk itu 'alami' tetapi masih mengandung bahan-bahan yang tidak dianggap alami."

Penting diingat, produk skincare natural pun belum tentu memiliki kandungan hypoallergenic, yaitu produk menggunakan bahan yang seminimal mungkin memunculkan risiko reaksi alergi.

"Klaim 'alami' atau 'organik' tidak membuat kulit lebih baik, sehat, atau aman. Istilah-istilah ini tidak berarti hypoallergenic," kata Rebecca Kazin, MD, associate director di Institut Washington untuk Bedah Laser Dermatologis di Chevy Chase, Maryland.

Lalu, sebaiknya bagaimana cara memilih produk skincare yang aman untuk bayi?

Baca Juga: Minyak Esensial, Aman untuk Kulit Bayi

Tips Memilih Skincare Bayi dengan Tepat

Mengutip Baby Pibu, berikut ini beberapa tips memilih skincare yang tepat untuk Si Kecil agar lebih aman, terutama bagi bayi dengan kulit sensitif.

1. Pilih Produk untuk Kulit Sensitif atau Bebas Iritan

skincare baby-2.jpg

Skincare dengan istilah ini menjamin produk bebas iritasi dan baik untuk kulit sensitif. Produk ini biasanya telah melalui uji klinis.

Ini berarti, produk tersebut berulang kali telah diuji pada orang dewasa untuk menentukan apakah produk tersebut dapat menyebabkan iritasi.

2. Pilih Skincare dengan Klaim Hypoallergenic

kulit bayi.jpg

Produk hypoallergenic berarti telah diuji secara klinis dan kecil kemungkinan menyebabkan reaksi alergi. Secara khusus, pengujian produk juga dilakukan pada orang dewasa.

Pengujian tempel dilakukan dengan memaparkan kulit seseorang ke produk selama jangka waktu yang lama dan kemudian melihat apakah produk tersebut akan menyebabkan reaksi alergi.

Baca Juga: Tips Efektif Merawat Kulit Bayi yang Sensitif

3. Gunakan Produk yang Bebas Pewangi

kulitbayi4.jpg

Ini juga penting, karena bayi memiliki kulit yang lebih lembut dan rentan iritasi, sehingga produk-produk bebas pewangi bagus digunakan pada kulit bayi.

Wewangian terbuat dari bahan kimia, dan untuk menciptakan aroma wangi dapat melibatkan lebih dari 100 bahan kimia. Sehingga, bisa berisiko untuk kulit bayi.

Paparan produk skincare dengan pewangi yang terus menerus dapat meningkatkan risiko alergi, sehingga yang terbaik adalah menghindari wewangian pada kulit bayi.

4. Pilih Produk dengan pH Seimbang

kulit bayi baru lahir

Kandungan pH normal kulit manusia bersifat asam dengan pH 4,5 hingga 5. Karenanya, produk skincare dikatakan memiliki pH seimbang jika punya kisaran pH yang serupa.

Produk-produk dengan pH seimbang cenderung tidak mengiritasi karena kandungan bahannya menghindari pelepasan minyak kulit alami.

Artikel Terkait