PERNIKAHAN & SEKS
18 Oktober 2019

Sabar Moms, Ini 4 Cara Menghadapi Suami yang Pemarah

Terkadang mendengarkan lebih baik daripada memberikan solusi

Sumber: mindbodygreen.com

Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Jika pasangan Moms hampir selalu menggerutu dan mengeluh tentang setiap hal kecil, kemungkinan besar Moms memiliki suami yang pemarah.

Bila suami Moms pemarah seperti ini, maka itu bukan tentang mencoba mengubahnya, itu merupakan masalah untuk kita belajar bagaimana cara menghadapi suami pemarah untuk membuat kehidupan rumah tangga jadi lebih manis.

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Suami Tambah Cinta

Berikut adalah beberapa tips bermanfaat bagi Moms untuk menghadapi suami yang pemarah dan suka mengeluh. Dicoba yuk, Moms.

1. Cari Tahu Alasannya

menghadapi suami yang pemarah

“Kita sering lupa, ketika menghadapi suami pemarah dan dalam suasana hati buruk, tapi lupa untuk sekadar bertanya kepada mereka mengapa mereka kesal,” kata David Kaplan, kepala pejabat profesional dari American Counseling Association.

Bicaralah dengan pasangan dan cobalah untuk mencari tahu apa yang mengganggu mereka. Selesai Moms mencari tahu, Moms bisa mengetahui cara terbaik untuk menanganinya.

2. Selipkan Candaan

menghadapi suami yang pemarah

Meskipun Moms tidak dapat mengendalikan suasana hati pasangan, dapat membantu membentuknya. Dalam menghadapi suami pemarah, memiliki rasa humor dapat menjadi kunci untuk meredakan ketegangan. Namun berhati-hatilah dengan lelucon yang dilontarkan.

Baca Juga: 5 Film Romantis Terbaik untuk Tingkatkan Kemesraan Suami Istri

“Jika Moms memiliki kata-kata atau cerita yang membuat pasangan bisa tertawa berdua, ungkapkanlah,” kata Terri Orbuch, "Dokter Cinta" Amerika.

Bila Moms tidak yakin bagaimana perasaan pasangan tentang cerita-cerita lucu atau kata-kata konyol, sebaiknya hindari hal tersebut.

3. Langsung Bicarakan

menghadapi suami yang pemarah

Membicarakan penyebab hari yang buruk atau suasana hati bisa membantu, tetapi cari tahu apakah suami hanya ingin seseorang untuk mendengarkan, atau ingin bantuan dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Alex Lickerman, asisten wakil presiden untuk Layanan Kesehatan dan Konseling Mahasiswa di University of Chicago, mengatakan bahwa terkadang yang diinginkan adalah "pengertian tetapi bukan bantuan”. Mencari tahu apa yang diinginkan pasangan dari kita ketika mereka marah membuat kita tahu cara menghadapi suami pemarah.

Baca Juga: Suami Tertutup dengan Masalahnya, Apa yang Harus Dilakukan?

4. Cari Tahu Solusinya

menghadapi suami yang pemarah

Menurut Dr. David Kaplan, saran hubungan bukanlah satu ukuran yang cocok untuk semua. Jika ada hal yang berhasil dilakukan dalam menghadapi suami pemarah, terus lakukan hal tersebut.

Jika tidak, lakukan hal lain. Beberapa orang mungkin lebih suka taktik yang berbeda. Namun memberi ruang pada suami lebih disukai, baru kemudian coba berbicara dengannya.

Itu dia Moms beberapa cara yang dapat dicoba dalam menghadapi suami pemarah.

Artikel Terkait