PERNIKAHAN & SEKS
27 Agustus 2019

Seberapa Penting Pacaran Setelah Menikah dan Punya Anak?

Kencan usai memiliki anak merupakan salah satu cara untuk menguatkan hubungan rumah tangga
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Carla Octama

Mulai Sempatkan Pacaran Setelah Punya Anak, Bisa Perkuat Hubungan Rumah Tangga

Sebelum memiliki anak, Moms dan pasangan tentu menikmati momen-momen kebersamaan berdua. Hal ini menjadikan Moms dan Dads kala itu sebagai pasangan yang mesra, dan intim terhadap satu sama lain.

Namun, saat kehadiran anak, segalanya menjadi berubah. Apalagi bagi para orang tua baru. Awal proses ini pun sudah membuat Moms dan pasangan cukup kewalahan merawat dan mengasuh anak.

Saking sibuknya mengurus anak, Moms dan Dads yang mengawali kehidupan keluarga sebagai pasangan pun melupakan kencan untuk menghabiskan waktu berdua.

Padahal, kencan setelah memiliki anak adalah hal yang cukup penting dalam membuat hubungan pasangan tetap romantis dan langgeng, lho!

Baca Juga: Ide Kencan di Rumah Bersama Suami

Pentingnya Pacaran Usai Punya Anak

kencan usai punya anak.jpg

Moms atau Dads mungkin tidak menyadari pentingnya kembali berkencan setelah memiliki anak. Namun, menghabiskan waktu berdua dengan romantis dapat memperkokoh rumah tangga.

"Pasangan suami istri, apalagi yang sudah mempunyai anak, butuh pacaran berdua untuk menguatkan pondasi rumah tangga. Sehingga, bisa memberikan akar yang kuat untuk pertumbuhan anak-anak," jelas psikolog Liza Djaprie.

Lebih lanjut, Liza menambahkan, "Pacaran itu ibarat memberi pupuk serta air untuk tanaman kita, yang InsyaAllah mampu untuk membuat akar dari tanaman tersebut tumbuh dengan subur dan kokoh."

Jika Moms berencana untuk kembali pacaran setelah punya anak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu terkait kondisi Si Kecil.

"Sebelum mengambil waktu pacaran, tentu harus diingat untuk mengatur segala hal berkaitan dengan Si Kecil. Misalnya, siapa orang yang bisa menjaga anak, bagaimana susu untuk Si Kecil, jam tidurnya, makanannya, dan lain-lain," kata Liza.

Baca Juga: Tiru Ide Kencan Dari Film-film Romantis Ini

Apa yang Harus Dilakukan Bila Anak Sulit Ditinggal?

kencan usai punya anak-2.jpg

Namun, dalam kondisi tertentu, mungkin ada hal yang membuat Si Kecil sulit untuk ditinggal oleh ibunya. Lalu, bagaimana jika dihadapi oleh situasi seperti ini agar bisa tetap kencan dengan suami?

Menurut Liza, jika terpaksa berada dalam kondisi ini, Moms dan suami harus turut serta mengajak anak untuk ikut kencan.

"Kalaupun ada kondisi yang membuat pasutri tidak bisa meninggalkan anak yang masih kecil, mau tidak mau mereka harus bisa belajar untuk pacaran bersama Si Kecil terlebih dahulu," saran Liza.

Jika Si Kecil sudah cukup besar dan berada di usia sekolah, Moms dan suami bisa 'mencuri' waktu untuk menghabiskan waktu berdua ketika anak sedang sekolah.

"Menjadi orang tua harus punya kemampuan untuk bersikap fleksibel, dan sebisa mungkin terus mengasah kemampuan manajemen waktu agar bisa terus mengakomodir setiap kebutuhan pasutri serta rumah tangga dengan sebaik mungkin," tutup Liza.

Baca Juga: 3 Hal Yang Harus Diucapkan Pada Suami Setiap Hari Agar Tetap Mesra

Jadi, apakah Moms dan Dads siap untuk pacaran dan bermesraan kembali setelah memiliki momongan?

Artikel Terkait