KESEHATAN
4 April 2018

Seperti Apa Perkembangan Psikoseksual Pada Anak?

Seperti Apa Perkembangan Psikoseksual Pada Anak?
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Tanya:

Saya punya tetangga, anaknya saat ini berusia 4,2 tahun, perempuan, namanya bunga (nama samaran). Sejak usia 2 tahun bunga didiagnosa mengalami GDD (global develomental delay).
Bunga sudah menjalani serangkaian terapi diantaranya psioterapi, OT dan TW. Namun hingga saat ini masih belum bisa bicara.

1 tahun belakangan ini Bunga sering melakukan perilaku seperti sedang masturbasi dengan posisi tidur terlengtang dan kaki disilingkan. Perilaku ini muncul terutama ketika mood-nya sedang tidak baik.

Pertanyaan saya, apa memang ada anak usia 3 tahun mengalami masturbasi? (Lia Machmud)

Jawab:

Saya akan jelaskan terlebih dahulu tahapan perkembangan psikoseksual yang terjadi pada manusia, ada 5 tahap yaitu tahap oral, anal, phalik, laten dan genital.

1. Fase Oral

Merupakan fase perkembangan terjadi pada tahun pertama dari kehidupan manusia. Pada fase ini bagian yang paling peka adalah mulut yang berkaitan dengan pemuasan kebutuhan pokok seperti makan dan minum.

Mulut menjadi sumber kenikmatan bagi anak maka anak akan memasukkan segala jenis benda ke dalam mulutnya sendiri.

2. Tahap Anal

Tahap anal, di mana kepuasan (kenikmatan) berpusat pada daerah anus. Ini terjadi pada usia anak kira-kira 1 hingga 3 tahun.

Pada tahapan ini biasanya orangtua sudah mulai mengajarkan anak untuk toilet training.

3. Tahap Phalik

Di tahap ini, anak mulai memperhatikan dan senang memainkan alat kelaminannya sendiri. Terjadi pada usia 3 hingga 5 tahun. Pusat kepuasan (kenikmatan) pada fase ini berada di kelamin.

Dengan kata lain anak sudah mulai melakukan masturbasi dengan mengusap-ngusap atau memijit-mijit organ seksualnya sendiri untuk menghasilkan rasa senang.

4. Tahap Laten

Keempat, tahap laten yang berkisar antara usia 6 hingga 12 tahun. Tahap ini merupakan masa tenang seksual dimana segala sesuatu yang terkait dengan seks akan dihambat atau ditekan.

5. Tahap Genital

Tahap genital dimulai dari usia sekitar 12 atau 13 tahun, di mana anak sudah memasuki usia remaja. Pada masa ini ditandai dengan matangnya organ reproduksi anak, dan anak sudah mulai tertarik dengan lawan jenis.

Nah, tahapan perkembangan psikoseksual tersebut memberikan dampak yang beragam bagi perkembangan karakter anak nantinya, jika anak mampu melewati tahapan perkembangan psikoseksualnya dengan baik maka anak akan memiliki kepribadian yang sehat.

Jadi jika Moms melihat anak usia 3 tahun memegang atau meraba kelaminnya ini memang merupakan perkembangan seksual yang alami.

Hanya saja yang harus Moms lakukan ketika menemukan anak sedang memegang kelaminnya dan terlihat menikmati, sebaiknya dialihkan pelan-pelan dengan aktivitas fisik, jangan panik apalagi sampai memarahi anak.

Dijawab oleh Nidya Dwika Puteri, M. Psi

Sumber: Ask The Expert - Forum Orami

Artikel Terkait