GAYA HIDUP
27 Februari 2020

6 Makanan untuk Mengatasi Susah Tidur, Ampuh!

Tidak bisa pergi ke alam mimpi, jangan buru-buru mengambil obat tidur ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Orami

Insomnia atau susah tidur dua kali terjadi lebih umum pada wanita dibandingkan pada pria, gangguan ini mempengaruhi 6-10 persen orang dewasa. Susah tidur adalah gangguan tidur yang paling umum, tetapi sering tidak terdiagnosis dan tidak diobati.

Konsekuensinya bisa jauh lebih serius daripada merasakan kantuk di siang hari. Penelitian telah menghubungkan susah tidur berkorelasi dengan penyakit seperti tekanan darah tinggi, gagal jantung kongestif, diabetes, dan penyakit lainnya.

Charles Morin, PhD, Profesor Psikologi di Laval University, Kota Quebec, mengatakan bahwa kesadaran publik tentang insomnia atau susah tidur telah tumbuh dalam beberapa tahun terakhir, sebagian karena pengaruh iklan obat tidur di TV.

Meskipun tidak ada definisi standar untuk susah tidur, seseorang disarankan untuk tidur lebih dari 30 menit, bangun cepat, atau tidur kurang dari 6,5 jam setiap malamnya.

"Jika Anda memenuhi salah satu kriteria itu dan merasa tidak dapat fokus di siang hari karena Anda sangat lelah, Anda mungkin menderita susah tidur. Namun, jika Anda merasa baik-baik saja setelah tidur kurang dari 6,5 jam di malam hari, Anda mungkin memang hanya bisa tidur sebentar," katanya seperti dikutip dari webmd.com.

Makanan untuk Mengatasi Susah Tidur

Ada banyak strategi yang dapat Moms gunakan untuk melawan susah tidur, termasuk mengkonsumsi beberapa makanan yang memiliki sifat dapat mendukung tidur.

Berikut adalah 6 makanan terbaik yang bisa Moms makan sebelum tidur untuk meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Baca Juga:5 Terapi untuk Mengatasi Balita Susah Tidur di Malam Hari

1. Susu

Susu

Foto: Dairyfarmersofcanada.ca

Meminum segelas susu sebelum tidur rupanya dilakukan untuk melawan rasa susah tidur yang dialami. Menjadi salah satu sumber triptofan yang terkenal, susu telah terbukti meningkatkan tidur pada orang tua, terutama ketika dikonsumsi bersama dengan melatonin dan dipasangkan dengan olahraga.

2. Pisang

Pisang

Foto: Medicalnewstoday.com

Erin Palinski-Wade, RD, CDE, penulis Belly Fat Diet For Dummies, mengatakan pisang membantu melawan susah tidur dengan tiga cara kuat. Buah ini dikemas dengan potasium, magnesium, serotonin, dan melatonin, yang semuanya membantu mempromosikan tidur dengan cara mereka sendiri.

Menurut jurnal yang diterbitkan Nutrients, potasium dan magnesium merupkan mineral yang baik untuk kesehatan jantung dan meningkatkan kualitas tidur.

Melatonin membantu mengatur siklus tidur dan bangun pada tubuh secara alami,

"Serotonin adalah neurotransmitter yang membantu mengatur tidur serta suasana hati dan nafsu makan. Sementara magnesium meningkatkan tidur dengan membantu mengurangi tingkat kortisol dalam tubuh, hormon yang diketahui mengganggu tidur," katanya.

3. Oatmeal

Oatmeal

Foto: Hip2save.com

Mirip dengan nasi, oatmeal merupakan makanan tinggi karbohidrat dan telah dilaporkan menyebabkan kantuk ketika dikonsumsi sebelum tidur. Itu artinya, oatmeal bisa dijadikanan makanan untuk melawan rasa susah tidur.

Selain itu, gandum sebagai bahan dasar oatmeal adalah sumber melatonin yang dikenal bisa membuat tubuh menjadi tenang dan tidur lebih cepat.

Baca Juga:Apa Bedanya Susah Tidur dengan Insomnia?

4. Kacang Kenari

Kacang Kenari

Foto: bbcgoodfood.com

Kacang kenari baik untuk kesehatan jantung dan mengandung melatonin, sehingga bisa membantu Moms melawan rasa susah tidur dan beristirahat dengan baik.

"Cobalah mengemil segenggam kecil kacang kenari pada sekitar 20 menit sebelum tidur. Ini dapat membantu Anda menjadi rileks dan mencapai keadaan tidur nyenyak yang lebih dalam," kata Erin dikutip dari medshadow.org.

5. Jus Tart Cherry

Tart Cherry Juice

Foto: eurekalert.org

Bisa menjadi penangkal susah tidur, jus menyegarkan ini mengandung senyawa melatonin yang meningkatkan kualitas tidur.

Ahli Gizi Natural Gourmet Institute Kayleen St. John, RD, mengatakan terdapat penelitian baru dalam jurnal Federation of the American Society for Experimental Biology.

Penelitian ini menunjukan sampel kecil orang dewasa dengan insomnia yang diberi 250 ml jus tart cherry selama dua kali sehari, rata-rata tidur 87 menit lebih lama per malamnya dibandingkan orang yang diberi obat penenang.

Data penelitian lain telah menunjukan kelompok yang mengonsumsi jus tart cherry yang siginifikan, juga menyebabkan peningkatan waktu tidur secara keseluruhan.

"Ini bukan berarti mengatakan bahwa kita semua harus meningkatkan asupan jus ( karena semua jus mengandung banyak gula), tetapi pertimbangan untuk menambahkan jus tart cherry ke dalam smoothie atau meminumnya dalam porsi kecil di malam hari boleh dilakukan untuk melihat bagaimana pengaruhnya terhadap tidur Anda," katanya.

6. Makanan Mengandung B6

Makanan Mengandung Vit B6

Foto: well-beingsecrets.com

Mary Hartley, RD, Konsultan Ahli Gizi dari Providence, Rode Island, mengatakan bahwa ketika seseorang tertidur, kadar serotonin naik dan kadar adrenalin turun. Serotonin adalah hormon relaksasi yang sebagian dibuat dari asam amino triptofan dan diaktivasi oleh vitamin B6.

Tentu saja ini baik ketika seseorang mulai lelah, tetapi mengalami susah tidur. Kekurangan B6 jarang terjadi di Amerika Serikat, tetapi itu bisa terjadi pada siapa saja yang makan makanan berkualitas rendah.

"Vitamin B6 ditemukan dalam berbagai makanan seperti sereal sarapan yang diperkaya, kentang, ikan, ayam, pisang, kacang-kacangan, selai kacang, dan banyak sayuran," ujarnya.

Baca Juga: Anak Susah Tidur Siang? Ini 6 Cara Mengatasinya

Itulah beberapa makanan yang bisa membantu Moms mengatasi susah tidur. Jika susah tidur, jangan langsung minum obat tidur ya Moms. Cari dulu makanan-makanan ini di dapur.

(RIE/ERN)

Artikel Terkait