BALITA DAN ANAK
3 Juli 2019

Si Kecil Tidak Bisa Lepas dari Dot? Perhatikan 3 Hal Ini!

Mengubah kebiasaan Si Kecil yang masih menggunakan dot
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan agar orang tua menyapih anak-anak mereka sepenuhnya pada usia 15 hingga 18 bulan.

Sayangnya tidak pernah ada waktu yang tepat dan seragam untuk menyapih anak.

Namun, bukan berarti Moms jadi menunda-nunda Si Kecil agar lepas dari botol pada tahun kedua kehidupannya.

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan botol yang terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Menggunakan botol juga dapat menyebabkan balita minum terlalu banyak susu, yang dapat menyebabkan berat badan berlebih atau nutrisi yang tidak seimbang karena susu menggantikan makanan lain dalam makanan anak.

Jadi membantu anak Anda sampai pada titik di mana ia siap mengatakan "selamat tinggal, botol" sangat penting. Tetapi bagaimana Moms mulai melakukannya? Yuk disimak!

Kapan Mulai

adult-baby-blur-1667578.jpg

Meskipun banyak orang tua tidak berpikir untuk menawarkan cangkir sampai setelah ulang tahun pertama anak mereka, kenyataannya adalah usia 18 bulan ke atas adalah waktu yang paling tepat.

Tanda kesiapan yang paling penting adalah bisa duduk tegak.

Jika Si Kecil memiliki keterampilan motorik yang kuat dan sudah memegang botol sendiri, ia mungkin akan segera menggantinya dengan cangkir. Akan tetapi, keterampilan itu tidak diperlukan untuk memulai.

Ketika orang tua mulai memperkenalkan cangkir, tidak apa-apa untuk memegang anak kita dan memegang cangkir ke mulutnya.

Baca Juga : Benarkah Empeng Dot Bisa Merusak Gigi Bayi?

Cara Menghilangkan Botol

Ada dua cara umum untuk mengubah anak dari botol ke cangkir. Pendekatan mana yang dipilih tergantung pada kemelekatan Si Kecil pada botol dan apakah Moms sudah merasa dia siap atau tidak.

Lakukan Perlahan

baby-black-and-white-black-and-white-1672873.jpg

Perkenalkan cangkir sebagai sumber cairan tambahan selama beberapa hari. Tawarkan sedikit air dan biarkan Si Kecil bermain dengan cangkir kosong saat ia terbiasa.

Selanjutnya, ganti botol untuk cangkir sekali sehari selama seminggu dan secara perlahan ganti semua minuman siang hari dengan cangkir sippy.

Jangan lagi beri dia botol kalau tidak meminta dan justu ganti dengan cangkir sesering mungkin. Kalau Si Kecil sudah cukup besar, bisa juga memberinya pengertian untuk mengucapkan selamat tinggal pada botol.

Baca Juga : 4 Minuman Sehat untuk Anak

Malam hari bisa menjadi tantangan bagi anak yang sangat melekat pada botol.

Kunci untuk membantunya menjauhkan diri dari botol sebelum tidur adalah konsistensi.

Setelah orang tua membuat keputusan untuk mencoba dan mengganti minuman sebelum tidur itu dengan cangkir, jangan pernah menyerah dan malah kembali memberinya botol.

Bahkan jika dia menolak cangkir dan menangis untuk botol, Moms harus berteguh dan menghindari memberikan botol atau itu akan membingungkannya dan membuatnya lebih sulit untuk membuatnya menyerah dalam jangka panjang.

Menciptakan rutinitas tidur yang baru dengan cerita, pelukan ekstra, dan cinta dapat membangun lingkungan yang hangat dan nyaman yang membuat transisi lebih mudah bagi Si Kecil.

Kalau Moms kapan akan mulai menghentikan Si Kecil minum dengan dot? Lakukan dengan sabar dan tenang ya Moms. Jangan sampai Si Kecil merasa terpaksa dan tidak nyaman melakukannya. Selamat mencoba!

(TPW/CAR)

Artikel Terkait