PROGRAM HAMIL
13 September 2019

Simak 4 Tips Meningkatkan Kualitas Sel Telur agar Cepat Hamil

Ternyata caranya enggak susah kok, Moms.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Salah satu syarat penting untuk bisa hamil adalah memiliki sel telur yang berkualitas baik. Moms mungkin sudah memperoleh berbagai masukan tentang bagaimana cara meningkatkan kualitas sel telur.

Tetapi, apakah semua cara yang Moms dapatkan itu pasti benar dan bisa membantu Moms cepat hamil?

Dikutip dari situs web Dr. Jolene Brighten, cara meningkatkan kualitas sel telur untuk kesuburan terdiri dari perbaikan asupan nutrisi, mengurangi atau menyetop paparan toksin lingkungan, dan mengatasi stres sehari-hari.

Dokter Brighten adalah ahli kesehatan medis dan naturopati, serta CEO Rubus Health, klinik kedokteran perempuan yang mengkhususkan diri dalam pengobatan gangguan hormon, termasuk kondisi terkait adrenal, tiroid, dan kondisi-kondisi terkait alat kontrasepsi yang berhubungan dengan hormon.

Menurut dokter Brighten, ketiga upaya tersebut penting dilakukan dalam rencana prekonsepsi maupun program hamil apa pun.

Berikut sejumlah tips meningkatkan kualitas sel telur yang dapat Moms praktikkan:

1. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Adakah cara untuk meningkatkan kualitas sel telur (1).jpg

Foto: cloudinary.com

“Menjaga kesehatan tubuh secara umum adalah langkah yang baik untuk meningkatkan kesuburan,” ujar Lora Shahine, M.D., dokter spesialis obstetri dan ginekologi dan spesialis reproduksi dari Pacific NW Fertility di Seattle. Ia selalu mendorong pasien-pasiennya agar menjaga berat badan tetap normal karena kondisi kekurangan atau kelebihan berat badan dapat memengaruhi peluang untuk bisa hamil. Ia juga menekankan pentingnya rutinitas berolahraga, asalkan tidak berlebihan.

Baca Juga: Mengenal Proses Pembekuan Sel Telur, Pilihan Bagi Moms yang Ingin Menunda Kehamilan

2. Mengelola Stres dengan Baik

Adakah cara untuk meningkatkan kualitas sel telur (4).jpg

Foto: generationactive.com

Dalam hidup ini, stres tidak bisa dihindari. Yang bisa Moms lakukan adalah mengelolanya dengan baik sehingga tidak mengganggu aktivitas dan menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan, termasuk kesuburan. Menurut dokter Shahine, meditasi atau olah raga low-impact dapat membantu meredakan stres. Tetapi, ia menyarankan Moms agar mencari cara yang paling cocok bagi Moms karena setiap orang biasanya mempunyai cara yang berbeda untuk menenangkan diri.

Baca Juga: Membekukan Sel Telur, Pilihan Bagi yang Ingin Menunda Kehamilan

3. Mengonsumsi Makanan Sehat yang Baik bagi Kesuburan

Adakah cara untuk meningkatkan kualitas sel telur (1).webp

Foto: akamaized.net

Menurut dokter Brighten, Moms perlu mengonsumsi makanan bernutrisi yang dapat menjaga keseimbangan hormon di tubuh. Ini penting karena kondisi hormon yang tidak seimbang dapat menyebabkan masalah-masalah yang berkaitan dengan kesuburan dan mengganggu ovulasi, seperti progesteron rendah, testosteron tinggi, tiroid rendah, hingga resistensi insulin.

Daftar makanan bernutrisi yang menurut dokter Brighten perlu Moms konsumsi: telur, ikan laut, jantung dan lever sapi (sebaiknya yang organik), sayuran hijau, buah beri-berian, avokad, dan aneka sumber lemak baik (minyak zaitun, minyak kelapa, minyak makadamia).

Dokter Brighten mengingatkan pentingnya mengonsumsi lemak baik secara cukup karena akan dibutuhkan tubuh untuk membangun hormon.

Foto: Ini Cara Memperbesar Sel Telur Agar Program Hamil Berhasil

4. Bantu dengan Suplemen

Adakah cara untuk meningkatkan kualitas sel telur (3).jpg

Foto: all4women.co.za

Sebagian besar ahli sepakat antioksidan Coenzyme Q10 (CoQ10) perlu dikonsumsi oleh perempuan yang ingin meningkatkan kesuburannya. “Antioksidan membantu menghancurkan radikal bebas yang disebabkan oleh toksin lingkungan,” ujar Randine Lewis, Ph.D., penulis buku The Infertility Cure.

Selain CoQ10, dokter Shahine mengatakan calon ibu juga perlu mengonsumsi suplemen asam folat dan antioksidan vitamin A dan E yang dapat membantu fungsi mitokondria sel telur (sumber energi yang membantu replikasi DNA.

Sebelum mengonsumsi suplemen apa pun untuk meningkatkan kualitas sel telur, Moms wajib berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter kandungan. “Ini penting agar suplemen yang Moms konsumsi nantinya dapat berdampak signifikan terhadap kesuburan,” kata dokter Shahine.

(AN)

Artikel Terkait