SELEBRITI
19 Juni 2019

Syahnaz Sadiqah Hamil Anak Kembar, Ini Fakta yang Perlu Diketahui Soal Kehamilan Kembar

Moms harus memperbanyak asupan air minum ya

Sumber: Instagram.com/syahnazs, Instagram.com/lambe_turah

Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sempat menghebohkan karena terlihat duduk di kursi roda, Syahnaz Sadiqah dan Jeje Govinda membawa kabar gembira. Nanas, sapaan akrabnya tengah mengandung bayi kembar.

Berita bahagia ini dikabarkan pasangan ini melalui akun Youtube mereka. Dari video Youtube tersebut diketahui kalau kedua jabang bayi tersebut dalam keadaan sehat dan pasangan yang menikah pada 21 April 2018 itu merasa sangat berbahagia dan juga bersyukur.

Seperti dikutip dari Verywellfamily.com, berbeda dengan kehamilan tunggal, kehamilan kembar memiliki beberapa hal yang harus diperhatikan. Apa saja itu? Berikut daftarnya!

Baca Juga: Ini 3 Fakta Mengenai Kehamilan Kembar

1. Jangan Ambil Risiko

pregnant-woman-waiting-for-baby-dropping.jpg

Saat hamil banyak hal yang di luar kendali kita, apalagi saat hamil kembar, bukan hanya satu nyata namun ada dua nyawa yang harus Moms jaga. Oleh karena itu, saat hamil cobalah menahan diri dari beragam risiko yang akan membahayakan diri Moms dan si jabang bayi.

Pernah dengan makan untuk dua orang? Saat Moms hamil kembar, hal itu benar-benar terjadi. Meskipun ini adalah saat yang tepat untuk menerapkan makan yang sehat, bukan ide yang baik untuk memulai diet atau membatasi asupan makanan dengan cara apa pun.

Moms membutuhkan setidaknya 300 kalori ekstra per bayi, jadi isi piring segera!

Meski begitu, pilihlah makanan yang sehat, bukan makanan cepat saji. Moms bisa memilih buah-buahan, sayuran segar, protein tanpa lemak, dan biji-bijian.

2. Perbanyak Minum

361224293-H.jpg

Bukan hanya makanan, Moms juga membutuhkan cairan dengan jumlah yang lebih banyak untuk menjaga sirkulasi darah berjalan baik. Dehidrasi dapat menyebabkan kontrasi dan persalinan prematur dengan risiko tinggi.

Baca Juga: 14 Gejala Hamil Anak Kembar

3. Jangan Lakukan Olahraga Berlebihan

5-reasons-exercise-regularly-throuout-pregnancy-yoga-roof-2160x1200.jpg

Olahraga banyak dilakukan untuk menjaga kondisi dan bentuk tubuh, namun saat hamil jauhi dahulu olahraga secara berlebihan, aerobik sangat berbahaya bagi ibu hamil, sementara menari atau berlari memberi tekanan pada otot-otot panggul yang menahan bayi.

Adapun, latihan berat dapat menyebabkan badan menjadi panas dan itu membuat jantung, persendian, dan otot stres. Bicaralah dengan dokter tentang jenis kegiatan apa yang paling tepat untuk situasi Moms dan simpan olahraga berat setelah bayi lahir.

4. Tidak Berendam di Air Hangat

dv1695021-56a76e835f9b58b7d0ea70d3.jpg

Tidak merokok, minum-minuman keras, dan obat-obatan jelas tidak dianjurkan saat hamil. Namun, siapa sangka berendam di air panas dan hangat saat trisemester pertama bisa menyebabkan risiko keguguran.

Suhu tubuh yang meningkat saat berendam sama seperti demam yang membuat risiko Si Kecil cacat saat lahir.

5. Beristirahat Lebih Banyak

could-pregnancy-fatigue-be-anemia.jpg

Saat hamil tunggal saja sudah membuat lelah, apalagi saat kehamilan kembar. Jangan sepelekan permintaan tubuh moms saat meminta istirahat, terima saran dokter untuk tidak berlebihan dan mengambil waktu untuk banyak istirahat.

Meski begitu, jangan sepelekan tanda-tanda pada tubuh dan malah berpikiran positif kalau hanya hal baik yang akan terjadi pada Moms. Periksa terus tanda-tanda, jangan sampai yang tidak diharapkan terjadi.

Baca Juga: Ini Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil Bayi Kembar

Wah selamat ya Nanas dan Jeje, sehat-sehat hingga masa persalinan!

(TPW)

Artikel Terkait