BALITA DAN ANAK
7 Juli 2019

Tanda Awal Anak Mengidap Autisme

Salah satunya tidak mengikuti gerak objek di hadapannya
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Menyaksikan perkembangan dan pertumbuhan Si Kecil memang menyenangkan ya Moms. Namun setiap anak memiliki tahapan pertumbuhan yang berbeda-beda, ada yang lancar-lancar saja, ada yang butuh harus melalui banyak tantangan.

Bahkan ada beberapa orang tua yang mulai mendeteksi adanya kelainan pada anak atau tanda-tanda autism spectrum disorder (ASD), saat Si Kecil berada pada rentang usia 6-12 tahun.

“Bahkan tanda-tanda autisme pada anak bisa terjadi pada usia lebih dini,” kata Dr. Thomas Frazier, seorang psikolog klinis, peneliti autisme, dan kepala petugas sains Autism Speaks.

Ia menambahkan orang tua harus memperhatikan apakah bayi bereaksi terhadap informasi sosial dan lingkungan. Di tahun pertama kehidupannya, bayi biasanya akan mulai mengoceh dan menggunakan gerakan seperti menunjuk.

Selain hal tersebut, ada beberapa tanda awal anak mengidap autisme, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Baca Juga: Mungkinkah Mencegah Autisme Selama Kehamilan?

Tanda Autisme pada Bayi Usia 3 Bulan

tanda-tanda autisme, autisme

Foto: hellosehat.com

Tanda awal anak mengidap autisme pada bayi adalah gerakan mata Si Kecil tidak mengikuti arah objek yang bergerak.

“Bayi yang mengidap autisme, cenderung tidak menunjukkan gerakan mata pada objek visual. Akan tetapi mereka lebih tertarik pada benda lain seperti selimut,” ujar Dr. Frazier.

Selain itu bayi juga cenderung tidak menanggapi suara keras yang didengarnya, tidak bisa menangkap atau memegang benda, tidak menunjukkan ekspresi tersenyum pada orang, tidak berisik atau mengoceh, dan tidak fokus pada wajah-wajah baru yang dilihatnya.

Tanda Autisme pada Bayi Usia 7 Bulan

tanda-tanda autisme, autisme

Foto: motherandbaby.co.id

Tanda awal anak mengidap autisme pada bayi usia 7 bulan hampir sama, namun ada penambahan tanda autisme baru yang membuatnya semakin jelas, seperti di bawah ini.

  • Ketika ada suara yang memanggilnya, anak tidak menoleh untuk menemukan dari mana suara itu berasal.
  • Si Kecil tidak menunjukkan kasih sayang pada kita.
  • Tidak tertawa atau mengeluarkan suara memekik.
  • Tidak berusaha untuk meraih atau memainkan suatu benda.
  • Tidak senyum-senyum sendiri seperti yang dilakukan bayi pada umumnya.
  • Tidak berusaha menarik perhatian kita melalui tindakan lucunya.
  • Tidak menunjukkan reaksi pada permainan seperti peekaboo.

Baca Juga: Terapi Lumba-Lumba Untuk Anak Dengan Autisme

Tanda Autisme pada Bayi Usia 12 Bulan

mom-playing-with-happy-baby.jpg

Foto: Parents.com

Tanda awal anak mengidap autisme pada bayi usia 12 bulan adalah belum bisa melakukan aktivitas bayi seumurannya. Pada usia ini, harusnya bayi sudah mulai melakukan hal-hal yang akan membantunya beraktivitas ketika dewasa nantinya, seperti merangkak. Namun anak yang mengidap autisme, tidak akan melakukan hal ini.

Selain itu mereka tidak berusaha untuk berbicara atau bersuara, tidak menggerakan bagian tubuhnya seperti melambai atau menggelengkan kepalanya, tidak mununjuk objek atau gambar yang menurutnya lucu, dan tidak bisa berdiri walaupun dibantu oleh Moms.

Penting diketahui, bahwa tanda-tanda di atas bukan bukti autisme yang absolut. “Ini hanya merupakan bukti umum yang menunjukkan apakah kita harus memeriksakan si bayi lebih lanjut lagi,” ujar Mandi Silverman, senior direktur dari Pusat Autisme di Child Mind Institute.

Baca Juga: Kenali Ciri-ciri Anak Autis

Itulah beberapa tanda awal anak mengidap autisme. Jika Si Kecil menunjukkan tanda-tanda tersebut, Moms sebaiknya langsung membawa Si Kecil berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Artikel Terkait