KESEHATAN
3 September 2019

7 Teh Terbaik untuk Mengatasi Radang Tenggorokan

Yuk coba redakan radang tenggorokan dengan berbagai teh ini
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Minum teh hangat dapat membantu melegakan tenggorokan dengan mengurangi peradangan, hal ini dibenarkan oleh dr. Stephen Parodi, ahli penyakit menular sekaligus pimpinan dokter nasional di Kaiser Permanente. Oleh sebab itu, Moms bisa memilih teh hangat sebagai alternatif untuk meringankannya.

Teh juga pada umumnya mengandung antioksidan, kandungan inilah yang mampu membuat kita melawan penyakit seperti gejala pilek termasuk radang tenggorokan dan virus lainnya. Mari kita simak apa saja teh terbaik untuk mengatasi radang tenggorokan!

Baca Juga: 7 Makanan yang Harus Dihindari Saat Radang Tenggorokan

1. Teh Hijau

teh hijau.jpg

Banyak yang menggunakan teh hijau sebagai obat dan alternatif saat menjalani diet. Nah, ternyata teh hijau efektif dalam mengobati radang tenggorokan juga lho Moms.

Para ahli bahkan membuktikan pada penelitian Anesthesiology and Pain Medicine, bahwa berkumur teh hijau efektif menangkal gejala radang tenggorokan, khusunya bagi pasien pasca operasi.

Selain itu, mengonsumsi teh hijau sebelum tidur terutama saat radang tenggorokan bisa membuat kita tidur lebih nyenyak.

2. Teh Chamomile

teh chamomile2.jpg

Radang tenggorokan yang disebabkan oleh gejala pilek akan mudah sembuh dengan mengonsumsi teh chamomile. Selain seperti teh pada umumnya yang mengandung antioksidan, kandungan antispasmodik chamomile juga bisa meredakan batuk.

Menurut Molecular Medicine Reports, teh chamomile terbukti dapat membantu mengobati tenggorokan yang kering dan mengalami peradangan. Teh dengan bunga cantik ini juga bisa menghangatkan dan menenangkan tubuh kita.

3. Teh Jahe

teh jahe 2.jpg

Kita tentunya tahu jahe bisa menghangatkan tenggorakan dan tubuh. Kandungan gingerol dan fenol dalam jahe mampu meringankan rasa sakit.

Tak suka dengan rasa pedasnya? Kita bisa menambahkan madu sebanyak satu sendok, campuran teh jahe dan madu ini bisa memberikan efek dua kali lipat dalam penyembuhan radang tenggorokan yang kita rasakan. Pasalnya madu memiliki kandungan yang bersifat antibakteri.

Baca Juga: 8 Obat Alami yang Mujarab Atasi Radang Tenggorokan

4. Teh Horehound

teh horehound 2.jpg

Tak sedikit radang tenggorokan yang disertai pilek dan batuk ringan. Jika Moms sedang mengalaminya, maka bisa memilih teh horehound sebagai minuman hangat.

Teh horehound efektif dalam meringankan radang tenggorokan dan pilek, apalagi teh ini bisa mengatasi batuk ringan yang berfungsi sebagai ekspektoran.

Mungkin beberapa dari kita baru mendengar teh horehound ini ya Moms, tapi kita bisa menemukannya di apotek ataupun toko obat tradisional.

5. Teh Akar Licorice

teh akar licorice.jpg

Pernah mendengar mengenai licorice? Beberapa dari kita mungkin melihatnya dalam kandungan permen dan minuman. Nah, teh akar licorice ini memang efektif mengobati radang tenggorokan.

Menurut penelitian Chinese Academy of Medical Sciences tahun 2015, akar licorice bisa melawan bakteri dan virus yang menyebabkan radang tenggorokan karena mengandung senyawa antimikroba.

Tapi, jangan mengonsumsi teh ini terlalu banyak karena bisa mengeluarkan zat toksik, apalagi jika kita memiliki penyakit tertentu.

Alangkah lebih baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika kita ingin mengonsumsinya. Nah, selain bisa diminum, kita pun bisa berkumur untuk merasakan khasiatnya.

6. Teh Peppermint

teh peppermint.jpg

Berfungsi sebagai dekogestan dan ekspektoran, peppermint memang disukai banyak orang karena sensasi dinginnya mampu melegakan tenggorokan.

Nah, jika Mams dan Dads penyuka peppermint maka meminum teh peppermint saat radang tenggorokan adalah pilihan yang tepat.

Baca Juga: Ingin Lebih Sehat? Yuk Coba Konsumsi 5 Jenis Teh Herbal Ini!

7. Teh Kunyit

teh kunyit.jpg

Jahe dan kunyit termasuk dalam satu ordo, selain mengandung antioksidan kunyit juga mengandung antiseptik yang kuat sehingga mampu menyembuhkan peradangan termasuk radang tenggorokan.

Kita bisa menikmati teh kunyit ini dengan membeli teh kunyit siap saji yang bisa didapatkan dengan mudah di toko obat tradisional, agar memiliki cita rasa yang nikmat tambahkan campuran madu saat menyeduhnya.

Nah, jenis teh di atas dapat diminum untuk meredakan radang tenggorokan yang Moms derita. Namun, bila radang tenggorokan tetap membandel, periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut ya!

(PSF/ERW)

Artikel Terkait