BALITA DAN ANAK
25 Juli 2019

Ternyata, Anak yang Suka Menyelinap Tidur dengan Orang Tua Lebih Cerdas

Jadi jangan memarahi anak jika ia sering menyelinap tidur di malam hari ya
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Hai Moms, pernahkan Moms bangun di tengah malam, lalu menemukan Si Kecil tiba-tiba menyelinap ke kamar dan tidur dengan orang tua, padahal sebelumnya tidak ada?

Ternyata ada penelitian yang membahas tentang anak yang menyelinap ke kamar dan tidur dengan orang tua lho. Dari penelitian ini ditemukan fakta bahwa anak-anak tidur dengan orang tua, akan cenderung menjadi orang dewasa yang percaya diri, pintar, dan aman.

Jadi, Jika Moms merasa didorong ke tepi tempat tidur saat tidur atau merasa ada yang menarik seprai dari Moms, percayalah bahwa Si Kecil akan menjadi orang yang berhasil di kemudian hari.

Baca Juga: 5 Tips Membiasakan Anak Untuk Membereskan Kamar Tidurnya

Akan Menjadi Pribadi yang Lebih Dewasa dan Penuh Percaya Diri

anak yang suka menyelinap tidur, anak suka menyelinap tidur

Foto: fulltimewoman.com.au

Menurut Healthy Child, penelitian telah menunjukkan bahwa kedekatan orang tua dapat membantu sistem saraf anak yang belum matang, belajar untuk mengatur diri sendiri selama tidur.

Sebuah studi oleh Lewis & Janda menemukan bahwa anak yang suka menyelinap tidur bersama dengan orang tua mereka di antara usia baru lahir hingga lima tahun, memiliki harga diri yang jauh lebih tinggi dan rasa cemas yang lebih sedikit.

Tidur dengan orang tua dikatakan mampu meningkatkan kepercayaan diri, harga diri sama seperti mendapatkan nilai tertinggi di sekolah.

Penelitian ini menemukan bahwa anak-anak yang tidak pernah tidur di tempat tidur dengan orang tua mereka lebih sulit untuk dikendalikan, lebih mudah marah, dan lebih penakut dibandingkan anak lainnya.

Baca Juga: Normalkah Jika Anak Mendengkur saat Tidur?

Apa Efek Samping Tidur bersama Anak?

anak yang suka menyelinap tidur, anak suka menyelinap tidur

Foto: mycitylife.ca

Dalam studi lain yang diterbitkan dalam sebuah artikel di Psychology Today, para ahli menemukan tidak ada efek negatif untuk berbagi tempat tidur dengan anak kita.

Para peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas Stony Brook mengamati kebiasaan tidur 944 keluarga berpenghasilan rendah selama beberapa tahun.

Anak-anak berusia antara satu hingga tiga tahun, perkembangan kognitif dan perilaku mereka dinilai sama seperti tingkat matematika dan keterampilan membaca, keterampilan sosial anak dan hiperaktif.

Mereka menemukan bahwa tidur bersama selama anak berada dalam usia balita tidak berdampak negatif terhadap perkembangan anak saat berusia lima tahun.

Para ahli mengatakan anak-anak hanya boleh tidur di tempat tidur dengan orang tua mereka jika orang tua tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, atau narkoba, maka tidak ada risiko.

Nah, jadi Moms tidak perlu khawatir jika Si Kecil menyelinap dan tidur dengan orang tua. Itu tandanya Si Kecil akan jadi orang yang percaya diri ketika dewasa nanti.

Artikel Terkait