BALITA DAN ANAK
31 Mei 2020

Tingkatkan Minat Baca Si Kecil dengan 4 Cara Ini

Ajak Si Kecil membaca buku sedari dini untuk meningkatkan minat membacanya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dona Handayani
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Buku adalah jendela dunia. Dari buku, seseorang dapat mengetahui banyak hal tentang dunia. Mengenalkan Si Kecil pada buku merupakan hal baik yang harus dimulai oleh orang tua sejak dini.

Dikutip dari laman Oxford Learning, kunci penting dalam membangun kebiasaan membaca Si Kecil adalah dengan membaca bersama sejak usia dini.

Dengan membaca bersama, Si Kecil dapat merasakan serunya membaca dan membuatnya termotivasi untuk terus membaca. Namun, setiap anak mempelajari dan memproses informasi dengan cara yang berbeda-beda. Ada anak yang secara alami menyukai kegiatan membaca, ada juga anak yang menolak sesi membaca.

Penolakan dan ketidaktertarikan Si Kecil pada buku sangat wajar terjadi. Hal ini dikarenakan Si Kecil merasa membaca sangatlah membosankan dan membuang waktu.

Ditambah lagi, banyak hal yang dirasa lebih seru di sekitarnya,seperti banyak pilihan mainan dan gadget yang menyediakan berbagai hiburan digital yang praktis.

Baca Juga: Usia 10 Tahun Belum Bisa Membaca, Ini 3 Cara Mengatasinya

Cara Meningkatkan Minat Baca Si Kecil dengan Baik

Dengan berbagai hambatan atas keadaan ini, pasti banyak orang tua yang bertanya, lalu bagaimana cara meningkatkan minat baca Si Kecil? Moms bisa coba beberapa cara ini untuk meningkatkan minat baca Si Kecil.

1. Memberikan Contoh Membaca di Rumah

chiild-reading-blog-e1511447767841.jpg

Foto: medel.com

Cara meningkatkan minat baca Si Kecil yang pertama dapat dimulai dari orang tua terlebih dahulu. Karena kegiatan yang dilakukan orang tua kemudian akan menjadi contoh bagi Si Kecil.

“Orang tua akan selalu menjadi bahan observasi oleh balita. Dalam fase yang penting ini, sangat penting bagi orang tua untuk memberikan contoh sikap dan perilaku yang baik di depan anak,” tutur Dr. Howard Klein, M.D., Kepala Bagian Perilaku Anak di Rumah Sakit Sinai, Baltimore seperti yang dikutip pada situs Parents.

Proses imitasi memang akan dialami oleh setiap balita. Moms dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan memberikan contoh yang baik seperti sering membaca buku di rumah atau di sekitar Si Kecil.

Kegiatan ini akan membuat Si Kecil penasaran dan tertarik untuk membaca. Praktekan hal ini sebagai cara meningkatkan minat baca Si Kecil.

2. Jangan Letakkan Buku di Rak

Kids-who-learn-reading-and-math-at-home-show-improved-skills-years-later.jpg

Foto: earth.com

Jika biasanya Moms menaruh buku di rak agar terlihat rapi, kali ini Moms dapat mencoba metode baru dengan meletakkan buku milik Si Kecil di berbagai area rumah yang mudah Si Kecil.

Letakkan buku di area bermain Si Kecil, di meja, kursi, hingga di kamar mandi. Pastikan buku yang dengan sengaja ditaruh Moms di berbagai titik ini mudah dijangkau oleh Si Kecil.

Seperti yang dikutip dalam laman Reading Rockets, tawarkan kegiatan membaca sebagai aktivitas yang bebas dilakukan kapan saja dan dimana saja. Salah satunya adalah dengan menaruh buku di beberapa titik yang mudah dijangkau Si Kecil.

Memang terkesan janggal, tetapi Moms bisa coba mempraktekannya sebagai salah satu cara untuk meningkatkan minat baca Si Kecil.

Baca Juga: Ini Dia 5 Cara Ampuh Agar Balita Senang Membaca!

3. Ajak Si Kecil Memilih Buku yang Ingin Dibacanya

How-to-encourage-kids-to-read-1.jpg

Foto: todaysparent.com

Cara lain untuk meningkatkan minat baca Si Kecil adalah dengan mengajaknya memilih sendiri buku yang ingin dibacanya. Jika Si Kecil memilih sendiri buku yang ia inginkan, dapat dipastikan Si Kecil tertarik dan menyukai buku tersebut.

Moms hanya perlu menunjukkan ketertarikan yang sama dengan Si Kecil dan membacakannya dengan sepenuh hati. Dimulai dari mengajak balita memilih sendiri dapat menjadikan Si Kecil menyukai kegiatan membaca.

Perlahan-lahan, Moms bisa sedikit demi sedikit mengajak Si Kecil mencoba membaca buku lain yang tak kalah serunya!

4. Luangkan Waktu Khusus untuk Membaca

Read-Illustrations-to-Improve_Literacy-Skills.jpg

Foto: pbskids.org

Moms dapat membuat waktu khusus untuk membaca bersama Si Kecil. Kegiatan ini dapat dilakukan pada siang atau malam hari tergantung dari keadaan Moms dan Si Kecil.

Mulailah membaca buku yang pendek atau dengan durasi sepuluh menit setiap harinya. Hal ini dilakukan supaya Si Kecil tidak cepat bosan karena terlalu lama membaca.

Secara perlahan dan bertahap, tingkatkan durasi membaca pada setiap sesi. Membaca bersama merupakan salah satu cara meningkatkan minat baca Si Kecil yang efektif lho, Moms!

Baca Juga: 7 Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Mengajari Balita Membaca

Itu dia beberapa cara meningkatkan minat baca Si Kecil yang dapat Moms praktekkan di rumah. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait