BALITA DAN ANAK
12 Desember 2019

Tips agar Tidak Bosan Main bersama Anak

Coba 5 kiat ini, deh, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms tentu menyayangi Si Kecil dan akan melakukan apapun untuk membuatnya bahagia. Tapi, tak dipungkiri, Moms seringkali merasa bosan saat menemani Si Kecil bermain. Agar tidak bosan main bersama anak, apa yang harus dilakukan oleh Moms?

Permainan yang dilakukan anak bersama orang tua memiliki banyak manfaat. Sebuah penelitian yang dimuat di jurnalDevelopmental Psychology pada 1988 menyebutkan bahwa permainan orang tua-anak lebih berkontribusi pada kemampuan anak untuk memberi struktur terhadap interaksi sosial dini dibanding permainan bersama saudaranya.

Bermain bersama anak juga dapat menguatkan ikatan antara Moms dan Si Kecil serta membuat anak bermain aktif alih-alih hanya memandangi layar.

Bagaimanapun juga, merasa bosan saat anak meminta bermain blok bangunan untuk kesekian kalinya sangat manusiawi, Moms. Duh… Dua puluh menit jadi terasa seperti dua jam.

Baca Juga: 5 Manfaat Orang Tua Bermain Bersama Anak

Caranya Agar Tidak Bosan Main dengan Anak

Agar tidak bosan main bersama anak, coba beberapa ide dari website SheKnows berikut ini. Waktu bermain jadi menyenangkan bagi Moms juga!

1. Lakukan Hobi Bersama

agar tidak bosan main bersama anak

Foto: s.yimg.com

Lakukan aktivitas yang Moms dan Si Kecil bisa lakukan bersama berdasarkan hal yang Moms suka. Kalau Moms suka seni, misalnya, Moms dan Si Kecil bisa membuat cetakan telapak tangan di kertas besar bersama-sama lalu mewarnainya dengan cat air.

Dads suka Star Wars? Coba bermain sebagai Jedi. Atau, Moms mengoleksi Lego? Keluarkan sebagian koleksi Moms yang boleh dimainkan bersama Si Kecil. Hal ini bisa menunjukkan pada Si Kecil bahwa Moms and Dads juga punya sisi kepribadian yang senang bermain.

Moms juga bisa mencari kegiatan yang bisa dilakukan paralel bersama Si Kecil. Misalnya Moms ingin merajut, Moms bisa memberikan jarum dan benang ke anak yang sudah besar.

Bagaimanapun, ada hal yang perlu Moms ingat. Turunkan standar kesempurnaan serta berikan banyak ruang untuk eksplorasi dan berbuat kesalahan saat bermain bersama anak.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Aspek Keamanan saat Anak Bermain di Luar Ruangan yang Perlu Diperhatikan

2. Libatkan Anak dalam Rutinitas Sehari-hari

agar tidak bosan main bersama anak

Foto: firefliesandmudpies.com

Kalau tadi melibatkan Si Kecil dalam kegiatan yang Moms sukai, sekarang mengikutsertakan anak dalam aktivitas harian. Ini bisa jadi solusi untuk Moms yang bingung membagi waktu antara menemani Si Kecil bermain dengan pekerjaan rumah tangga yang menumpuk.

Misalnya, saat memasak, Si Kecil bisa membantu mengaduk, sedangkan anak yang lebih besar bisa memotong-motong sayuran, menakar bahan, dan lain-lain. Produktif, kan?

Memang, sih, akan lebih mudah dan cepat jika Moms lakukan sendiri. Tapi, coba nikmati prosesnya. Kelak, Si Kecil akan lebih menghargai makanan karena ia terlibat dalam pembuatannya.

Kalau Moms berusaha meluangkan waktu untuk berolahraga, coba lakukan hip-hop workout sambil melihat YouTube dan ajak anak berpartisipasi. Moms bisa berolahraga, Si Kecil juga bisa membakar energinya yang seakan tak habis-habis.

Baca Juga: Ajak Anak Bermain Peran dan Profesi di 5 Tempat Ini!

3. Mencoba Hal Baru

agar tidak bosan main bersama anak

Foto: i.ytimg.com

Kalau hobi Moms tidak cocok dilakukan bersama anak atau Moms hanya tak ingin melakukannya bersama Si Kecil, cari aktivitas baru yang bisa Moms kerjakan bersama. Panjat tebing indoor, mungkin, Moms?

Mencoba hal baru bisa membantu Moms dan Si Kecil menemukan minat yang selama ini tidak diduga. Mengetahui hal apa yang tidak disukai juga bisa menjadi pengalaman penting.

Baca Juga: Berapa Lama Durasi Anak Boleh Bermain Air?

4. Ganti Suasana

agar tidak bosan main bersama anak

Foto: onlinegameshere.com

Jika Moms biasa bermain bersama Si Kecil di kamar atau di ruang tengah, coba pindah ke halaman rumah atau ke teras. Moms dan Si Kecil akan mendapatkan pemandangan segar dan bisa muncul ide-ide baru untuk bermain.

Taman, perpustakaan, museum, gym anak, dan kebun binatang biasanya punya area untuk Si Kecil berlari-lari dan bersenang-senang. Sejenak, lupakan dulu pekerjaan rumah, ya, Moms. Keluarlah agar tidak bosan main bersama anak.

Baca Juga: 7 Taman Tempat Bermain Anak Paling Seru di Jakarta

5. Tentukan Batasan

agar tidak bosan main bersama anak

Foto: thattoydad.com

Wah, kalau sudah bermain peran, Si Kecil seakan tidak mau berhenti! Agar tidak bosan main bersama anak, Moms bisa menetapkan batasan misalnya 15 menit (dengan alarm) atau sampai habis dua lagu.

Saat bermain bersama Si Kecil, jangan pegang HP dulu, ya, Moms. Barulah setelah waktu habis, Moms bisa membiarkan Si Kecil bermain sendiri di bawah pengawasan. Jangan-jangan, setelah waktu habis, justru Moms yang tidak mau selesai bermain!

Memang tidak semua cara cocok untuk semua tipe anak dan orang tua. Tapi, tips di atas patut Moms coba agar tidak bosan main bersama anak.

EMA

Artikel Terkait