BALITA DAN ANAK
30 September 2019

3 Hal Penting yang Harus Diketahui Seputar Penyebab Bau Mulut Anak

Mengajarkan anak-anak menyikat gigi sebelum tidur setiap malam membantu mereka mempelajari praktik kebersihan mulut yang baik. Namun, rajin menyikat gigi kadang tidak menghilangkan bau mulut anak.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ryo
Disunting oleh Ryo

Bau mulut anak tidak selalu semata-mata masalah kesehatan mulut. Bisa ada penyebab lain yang membutuhkan solusi berbeda.

Berikut adalah penyebab bau mulut anak-anak di luar masalah kesehatan mulut!

Baca Juga: Kenali 4 Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

1. Infeksi Sinus

ffe52c56-9328-4cb4-aafd-32c2b105c0ea-fotolia_146603124_subscription_monthly_m.jpg

Foto: rompler.com

Adakah anak-anak Moms yang mengeluh sakit tenggorokan atau hidung tersumbat belakangan ini? Mungkin dia terserang infeksi sinus.

“Masalah sinus menyebabkan cairan berkumpul di saluran hidung dan tenggorokan, menjadikan tenggorokan anak Anda tempat yang tepat bagi bakteri untuk berkumpul. Dan ini menghasilkan napas bau yang tidak bisa disembuhkan dengan menyikat gigi dan obat kumur,” kata Stephen Pishko, M.D., Asisten Profesor Divisi Pediatri Umum di Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Tennessee dan Rumah Sakit Anak LeBonheur di Memphis.

Jika Moms mencurigai adanya infeksi sinus (kemungkinan sakit tenggorokan, membakar saluran hidung dan pasca tetes hidung), hubungi dokter Anda untuk berkunjung dan lihat apakah antibiotik akan diresepkan.

2. Benda Asing

Ini mungkin jarang terjadi, tetapi bau mulut anak bisa disebabkan sesuatu yang tersangkut di saluran hidungnya.

Anak-anak biasanya ingin tahu, dan lubang hidung tepat untuk memasukkan benda-benda kecil seperti manik-manik, kacang-kacangan, aksesori mainan, dan makanan.

Dr. Pishko menjelaskan bahwa ketika sebuah benda bersarang di saluran hidung anak, ia bisa menimbulkan bau tak sedap. Jika Moms curiga inilah yang menyebabkan bau mulut anak, Moms perlu dokter untuk membantu memeriksa saluran hidung si keil dan menghilangkan benda itu.

Baca Juga: Selamat Tinggal Bau Mulut!

3. Tonsil yang Membengkak

Tonsils.jpg

Foto: clevelandclinique.com

Raih senter dan intip di mulut si kecil: Bagaimana kondisi amandelnya hari ini?

Amandel yang sehat harus berwarna merah muda dan bebas noda, tetapi yang terinfeksi berwarna merah, meradang, dapat memiliki bercak putih dan berbau tidak sedap,” kata Dr. Pishko.

Bakteri dapat terkumpul di lubang amandel yang bengkak dan, dipasangkan dengan bau asam infeksi, dapat menyebabkan bau mulut. Jika amandel anak terlihat bengkak atau merah, dokter anak harus memeriksanya dan dapat meresepkan antibiotik untuk membantu mengatasi masalah tersebut.

Baca Juga: Jenis Minuman Ini Bisa Menyebabkan Bau Mulut Setelah Minum

(RYO/DIN)

Artikel Terkait