BALITA DAN ANAK
21 Februari 2020

4 Cara Menjaga Kebersihan Makanan untuk Anak

Masak makanan, terutama daging-dagingan, hingga matang menyeluruh
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Melibatkan anak-anak dalam memasak dan menyiapkan makanan adalah cara yang baik bagi Si Kecil untuk bersenang-senang dan belajar bagaimana mempersiapkan makanan.

Namun, jangan abaikan tentang pentingnya untuk menciptakan lingkungan yang nyaman saat menyiapkan makanan dengan anak-anak. Ajari juga buah hati kita cara menjaga makanan dengan bersih dan higienis.

Cara Menjaga Kebersihan Makanan Anak

Jika makanan tidak dijaga dengan baik, disiapkan atau disimpan dengan benar, maka makanan tersebut dapat terkontaminasi oleh kuman, namun rasa dan bau dari makanan itu tetap enak.

Dikutip dari WHO.int, jika makanan sudah dimasuki kuman, dapat menyebabkan sakit perut, diare, muntah, atau demam. Beberapa kuman bahkan dapat menyebabkan masalah yang lebih serius seperti gagal ginjal, infeksi darah, atau bahkan kelumpuhan.

Bayi dan anak kecil, orang dewasa yang lebih tua, dan orang dengan sistem kekebalan yang lemah paling berisiko mengalami masalah jika mereka makan makanan yang tidak bersih.

Makanya Moms sebaiknya mengajarkan anak cara menjaga makanan tetap bersih. Seperti apa? Berikut caranya.

Baca Juga: Tips Memilih Wadah Makanan Berbahan Plastik

1. Pisahkan Makanan Mentah dan yang Sudah Dimasak

menjaga makanan tetap bersih

Foto: thetruthaboutcancer.com

Dilansir dari Caring for Kids, simpan daging, ayam, ikan atau makanan laut lainnya dalam wadah anti bocor di lemari es, sehingga tidak bercampur dengn bahan makanan lain. Jauhkan daging mentah, ayam, ikan, dan makanan laut dari makanan yang sudah dimasak, serta buah-buahan dan sayuran segar.

Menjaga makanan tetap bersih, Moms juga perlu mencuci tangan, peralatan, talenan, dan permukaan tempat bekerja dengan hati-hati setelah memegang daging mentah. Lakukan hal yang sama juga sebelum menggunakan barang yang sama untuk menyiapkan sayuran mentah, salad, sandwich, atau makanan lainnya.

Baca Juga: Supaya Tidak Cepat Membusuk, Ini Tips Menyimpan Sayur Agar Tetap Segar

Saat memanggang, jangan letakkan daging yang sudah matang bercampur dengan piring yang berisi daging mentah.

2. Jangan Lupa Cuci Tangan

menjaga makanan tetap bersih

Foto: healthline.com

Tangan yang bersih sebelum memegang bahan makanan adalah kunci utama dalam menjaga makanan tetap bersih.

Cuci tangan Moms dengan sabun dan air sebelum mulai menyiapkan atau mamasak hidangan.

Jika Moms harus berhenti di tengah jalan saat menyiapkan makanan, terutama untuk menggunakan toilet, mengganti popok atau menyentuh hewan peliharaan, cuci kembali tangan sebelum mulai memasak lagi.

3. Pastikan Daging Matang Sempurna

menjaga makanan tetap bersih

Foto: upi.com

Menjaga makanan tetap bersih, masak semua daging, termasuk hot dog, sosis, daging ayam, seafood, dan telur secara matang menyeluruh adalah penting.

Baca Juga: Haruskah Mencuci Daging Ayam Sebelum Dimasak?

Daging mentah sering terkontaminasi dengan kuman berbahaya.

Memasak daging sampai matang tentu akan menghancurkan kuman dan bakteri yang ada. Sangat penting untuk memasak daging sapi giling dan roti daging lainnya.

Daging harus berwarna cokelat di bagian tengah, bukan merah muda atau merah.

Daging giling yang kurang matang dapat menyebabkan berbagai penyakit dan infeksi serius yang dapat menyebabkan kerusakan pada usus dan ginjal.

4. Langsung Makan Begitu Matang

menjaga makanan tetap bersih

Foto: healthier.qld.gov.au

Makanlah makanan segera setelah dimasak. Jaga agar makanan tetap panas, pada suhu 60 ° Celsius atau lebih.

Untuk makanan dingin, jaga agar makanan dingin tetap dingin, pada suhu 4 ° Celcius atau di bawahnya. Jangan biarkan makanan yang harusnya dingin, berada dalam suhu ruangan. Jika baru akan dimakan nanti, segera simpan dalam lemari pendingin.

Itulah beberapa hal dasar yang dapat Moms lakukan untuk menjaga makanan tetap bersih.

Artikel Terkait