FASHION & BEAUTY
23 Desember 2019

6 Cara Alami Menghilangkan Komedo Putih, Manjur!

Coba dilakukan di rumah bersama Si Kecil biar lebih seru
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Yuk, tengok cara menghilangkan komedo putih di sini. Meskipun ukurannya kecil, komedo terlihat seperti bentuk jerawat yang paling membandel dan keras. Sesering apapun dan sebanyak apapun kita mencoba untuk menghilangkannya, komedo selalu kembali lagi dalam jumlah yang banyak, baik itu komedo biasa ataupun komedo putih.

Dilansir dari laman Medline Plus, komedo putih merupakan benjolan kecil dan putih di kulit wajah. Komedo putih terbentuk ketika minyak dan kulit berkumpul di pori-pori.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Komedo Saat Hamil

Cara Menghilangkan Komedo Putih

“Komedo putih adalah pori, yang merupakan pembukaan permukaan kulit dari folikel rambut, yang sepenuhnya tersumbat oleh sel kulit mati, sebum (minyak) dan bakteri, dan tertutup di permukaan wajah,” jelas Keira L. Barr, dokter kulit bersertifikat ganda, sekaligus pendiri dan Kepala Pusat Kesehatan dari Resilient Health Institute.

Komedo putih kebanyakan ditemukan di area sekitar hidung dan dagu. Moms mungkin ingin coba untuk menghilangkan komedo putih ini dengan cara alami. Di bawah ini ada beberapa tips menghilangkan komedo putih secara alami, coba yuk.

1. Scrub Wajah

cara menghilangkan komedo

Foto: thehealthy.com

Moms bisa coba menggunakan scrub wajah untuk menghilangkan komedo. Mencoba scrub wajah akan membuka pori-pori kulit wajah yang cenderung tertutup.

Coba gunakan bahan-bahan ini dari dapur Moms: 2 sendok makan oatmeal, 1 sendok makan gula pasir (coklat atau putih), 1/2 sendok madu dan lemon. Campurkan semua bahan-bahan ini dan gosokkan ke wajah selama 5-7 menit. Diamkan selama beberapa menit dan bersihkan dengan air hangat.

2. Tepung Jagung dan Cuka

cara menghilangkan komedo

Foto: thespruceeats.com

Cara menghilangkan komedo putih di wajah juga bisa dilakukan dengan menggunakan tepung jagung dan cuka.

Ambillah satu sendok makan tepung jagung dan campur dalam cuka hingga campuran ini membentuk pasta kental. Oleskan ke area wajah yang dipenuhi komedo dan biarkan selama 15-20 menit.

Baca Juga: Cuka Apel untuk Menghilangkan Jerawat, Bagaimana Caranya?

Bilas dengan air hangat kemudian lanjutkan dengan air dingin atau es batu untuk menutup pori-pori wajah yang terbuka.

Tepung jagung akan menyerap kelebihan minyak, sementara cuka membantu memudarkan perubahan warna yang disebabkan oleh komedo. Untuk hasil yang terbaik, gunakan campuran ini hingga dua-tiga kali seminggu.

3. Madu

cara menghilangkan komedo

Foto: foxandhoney.co.uk

Madu terbukti efektif dalam menghilangkan komedo putih, sekaligus melembapkan dan menenangkan kulit. Oleskan madu langsung ke wajah yang bersih dan kering, lalu diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Madu dapat digunakan pada kulit setiap hari.

4. Tea Tree Oil

cara menghilangkan komedo

Foto: cliradex.com

Tea tree oil dikenal sebagai antiinflamasi dan antimikroba. Banyak pembersih wajah, pencuci, dan toner yang mengandung ekstrak pohon teh ini karena manfaatnya yang baik.

Ekstrak minyak pohon teh murni juga dapat dibeli di sebagian besar toko obat atau online, dan dapat diterapkan langsung ke kulit yang dipenuhi komedo menggunakan jari bersih atau kapas.

Baca Juga: Mari Simak Penyebab dan Cara Membasmi Jerawat Batu di Wajah

5. Masker Putih Telur dan Madu

cara menghilangkan komedo

Foto: pinterest.com

Masker putih telur dan madu adalah cara alami yang bagus untuk menghilangkan komedo. Campuran ini bisa dioleskan ke seluruh wajah.

Biarkan masker dengan campuran bahan ini di wajah hingga kulit mulai terasa kencang. Bilas masker dengan air hangat. Campuran ini tidak hanya menghilangkan komedo tetapi juga akan membuat kulit tampak bercahaya.

6. Jus Lemon

cara menghilangkan komedo

Foto: edisoninst.com

Jus lemon akan menghilangkan sel-sel kulit mati dan karena merupakan bahan alami, juga akan menghilangkan komedo. Sebelum tidur, gunakan kapas untuk mengoleskan jus lemon segar untuk membersihkan kulit, coba fokuskan pada area komedo.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengatasi Ketombe Menggunakan Lemon, Yuk Dicoba!

Moms bisa meninggalkannya semalaman dan membilasnya di pagi hari dengan air hangat. Ulangi rutinitas ini setiap malam selama seminggu.

Perlu diperhatikan saat menggunakan jus lemon, karena dapat mengeringkan kulit wajah kita. Jika Moms memiliki kulit kering, tambahkan minyak zaitun ke jus lemon dan gunakan pelembap setelah Moms membilasnya.

Itulah beberapa cara alami menghilangkan komedo putih di wajah. Moms bisa mencobanya di rumah saat senggang ya.

Artikel Terkait