BALITA DAN ANAK
18 April 2020

7 Bahan Alami untuk Meningkatkan Penglihatan Anak

Sediakan selalu di rumah Moms ya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, tentu sangat khawatir ya melihat peningkatan jumlah anak-anak yang menggunakan kacamata di usia muda.

Teknologi yang seharusnya digunakan untuk membantu dan menyederhanakan hidup, justru bisa memengaruhi kesehatan dan membuat Si Kecil jadi kecanduan jika penggunaannya tidak dikontrol.

Sebagai orang tua, Moms dan Dads tentu harus terus memantau kegiatan sehari-hari Si Kecil, mulai dari jarak saat mereka menonton TV, bermain game di ponsel, dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan gadget.

7 Bahan Alami untuk Meningkatkan Penglihatan Anak

Menghabiskan terlalu banyak waktu pada gadget pun bisa berbahaya bagi tubuh anak-anak, lho, terutama penglihatannya. Namun, masalah yang berkembang ini dapat diatasi dengan tindakan pencegahan yang tepat waktu.

Ada banyak cara dan bahan alami untuk meningkatkan penglihatan anak. Menurut Journal Arch Ophthalmol bahan-bahan alami ini dapat mengurangi risiko penurunan kesehatan mata sebesar 25 persen. Ingin tahu apa saja bahan alami untuk meningkatkan penglihatan anak? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah.

Baca Juga: Pahami 5 Faktor yang Dapat Menjaga Kesehatan Mata Anak Ini

1. Sayuran Berdaun Hijau

7 Bahan Alami untuk Meningkatkan Penglihatan Anak 1.jpeg

Foto: unsplash.com

Sifat antioksidan karotenoid dapat menjauhkan radikal bebas dari mata. Karotenoid ini ditemukan berlimpah pada sayuran berdaun hijau yang juga kaya akan vitamin A.

Menurut jurnal dari American Academy of Ophthalmology, untuk melihat spektrum cahaya penuh, mata perlu menghasilkan pigmen tertentu agar retina bekerja dengan baik.

Kekurangan vitamin A bisa menghentikan produksi pigmen ini, yang menyebabkan kebutaan malam. Selain itu, sayur daun hijau juga mengandung kalsium, vitamin C, dan vitamin B12. Jadi, Moms bisa coba memulai untuk memasak sayuran brokoli, kangkung, dan sayuran lainnya.

Bayam juga dikenal sebagai bahan alami untuk meningkatkan penglihatan karena mengandung antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin. Namun, jangan memasak daun berdaun hijau ini terlalu matang agar tidak mengurangi khasiat kandungannya.

Baca Juga: Ini Penyakit Mata yang Umum Dialami Anak

2. Sayuran Berwarna-Warni Lainnya

7 Bahan Alami untuk Meningkatkan Penglihatan Anak 2.jpeg

Foto: pexels.com

Sayuran seperti tomat dan lobak juga dikenal bisa mencegah degenerasi makula (yang merupakan penyebab utama hilangnya penglihatan) dan katarak.

Sayuran berwarna-warni lainnya seperti wortel dan kentang manis mengandung beta karoten yang bisa melindungi dari sinar matahari untuk menjaga kesehatan retina mata.

Zucchini juga baik dikonsumsi untuk meningkatkan penglihatan anak karena mengandung antioksidan seperti zeaxanthin dan lutein.

3. Gandum Utuh

7 Bahan Alami untuk Meningkatkan Penglihatan Anak 3.jpeg

Foto: pexels.com

Seng sangat penting untuk mata dan ditemukan dalam biji-bijian utuh seperti gandum dan beras merah.

Gandum juga dikemas dengan nutrisi ramah penglihatan lainnya seperti niasin dan vitamin E.

Jadi, apabila Si Kecil sedang bosan makan nasi, Moms bisa menyiapkan makanan atau camilan dari gandum.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat untuk Mata Si Kecil

4. Kacang dan Biji-Bijian

7 Bahan Alami untuk Meningkatkan Penglihatan Anak 4.jpeg

Foto: pexels.com

Bioflavonoid dan seng, yang ditemukan dalam kacang-kacangan, dapat mencegah retina dari kerusakan.

Pistachio, kacang mete, kacang almond, kenari, dan kacang lainnya kaya akan Vitamin E dan secara alami dapat mengurangi kemungkinan miopia atau mata minus pada anak-anak.

Kacang-kacang ini juga mengandung sejumlah asam lemak omega-3. asam lemak, dan vitamin E yang dapat mencegah mata kering. Konsumsi biji rami dan biji chia juga dapat menghilangkan masalah terkait mata.

5. Minyak Ikan

7 Bahan Alami untuk Meningkatkan Penglihatan Anak 5.jpg

Foto: pixabay.com

Minyak ikan dapat diperoleh dari varietas ikan seperti salmon, makarel, dan tuna. Retina manusia terdiri dari DHA yang merupakan asam lemak hadir dalam minyak ikan.

Kekurangan DHA di retina dapat menyebabkan kekeringan dan dapat menyebabkan masalah mata.

Memberikan minyak ikan untuk anak merupakan cara yang dapat mencegah kekeringan dan mengurangi kemungkinan masalah mata.

Baca Juga: Sakit Mata pada Anak, Bagaimana Pengobatannya?

6. Telur

7 Bahan Alami untuk Meningkatkan Penglihatan Anak 6.jpeg

Foto: pexels.com

Telur kaya akan vitamin A dan protein, lutein, dan antioksidan yang mencegah kebutaan dan melawan degenerasi makula.

Telur juga menjaga integritas struktural okular dan memastikan berfungsinya mata.

Jadi, selalu siapkan makanan atau camilan dari telur sebagai bahan alami untuk meningkatkan penglihatan anak ya, Moms.

7. Buah-buahan

7 Bahan Alami untuk Meningkatkan Penglihatan Anak 7.jpeg

Foto: pexels.com

Vitamin C sangat penting untuk mata yang sehat dan dapat diperoleh dari buah jeruk seperti jeruk, jambu, lemon, tomat, dan lain-lain. Moms juga bisa memberi stroberi untuk melindungi mata Si Kecil dari infeksi mata dan penyakit mata lainnya.

Buah jeruk atau berwarna kuning seperti mangga, pepaya, dan aprikot kaya akan vitamin A, yang sangat penting untuk mencegah kebutaan malam.

Blueberry dan anggur diisi dengan anthocyanin yang meningkatkan penglihatan malam, sehingga membantu mata untuk mudah beradaptasi dengan gelap.

Blueberry juga memiliki flavonoid penambah penglihatan seperti resveratrol, quercetin, dan rutin. Jadi, jangan lupa beri buah setiap hari bagi Si Kecil ya, Moms.

Zaman sekarang, anak-anak banyak yang memiliki masalah penglihatan. Tetapi dengan perubahan gaya hidup yang mudah dan sehat, Moms dan Dads dapat memastikan bahwa mata anak terjaga kesehatannya.

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak agar Tetap Cemerlang

Diet seimbang yang diperkaya dengan semua nutrisi yang dibutuhkan, olahraga, dan tidur yang baik tentunya akan membuat mata anak lebih sehat.

Jangan lupa sertakan pula bahan-bahan alami untuk meningkatkan penglihatan anak dalam makanan sehari-harinya, ya.

Artikel Terkait