BALITA DAN ANAK
14 Agustus 2019

7 Kebiasaan Penting untuk Menguatkan Kepribadian Anak Perempuan

Sudahkah Moms mengajarkannya pada buah hati?
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Dalam menghadapi tantangan zaman di masa depan, orang tua tidak boleh abai mengajarkan kebiasaan untuk menguatkan kepribadian anak perempuan.

Yoon Im Kane, psikoterapis dan pendiri Mindful Psycotherapy Services, berpendapat kalau anak perempuan harus dibekali dengan kepercayaan diri, kepribadian, dan prinsip hidup yang kuat untuk bisa mengembangkan diri dan sukses di masa depan.

Yuk, simak dulu beberapa kebiasaan untuk menguatkan kepribadian anak perempuan yang perlu mulai Moms ajarkan pada Si Kecil.

1. Fokus pada Kapasitas Intelektual dan Etos Kerja

Kebiasaan 1

Christopherteh.com

Tidak salah kok Moms, memberikan pujian tentang cantik dan manisnya anak perempuan.

Namun Lisa Bloom, pengacara dan penulis buku Think, mendorong orang tua untuk lebih banyak memberikan pujian atas kemampuan berpikir dan usaha keras yang dilakukannya.

Dengan begitu, Si Kecil jadi tahu kalau kecerdasan dan etos kerja yang kuat adalah hal yang patut dibanggakan dari seorang perempuan.

2. Berani Mengungkapkan Pendapat dan Perasaan

Kebiasaan 2

Nsgt.org

Harus diakui, masih banyak orang tua yang secara tidak sadar mendidik anak perempuan untuk bersikap manis dan penurut. Salah satu bentuknya adalah dengan mengabaikan pendapat dan perasaannya.

Menurut Rachel Thomas, presiden organisasi LeanIn dan pencetus kampanye Ban Bossy, anak perempuan harus terus dibiasakan berani mengungkapkan pendapat dan perasaannya dengan tegas.

Moms bisa melakukannya dengan cara aktif menanyakan pendapat Si Kecil saat mengambil keputusan maupun mengenai berbagai hal ringan sampai yang serius, seperti soal warna favorit atau masalah perubahan iklim.

Baca juga : 5 Cara Dekatkan Hubungan Mama Dengan Anak Perempuan

3. Berpikir Kritis

kebiasaan 3

Ivyprep.org

Setuju kan Moms, kalau sudah bukan jamannya bagi perempuan menjadi pihak yang pasif dan menerima apapun yang dikatakan atau diputuskan oleh orang lain?

Salah satu kebiasaan untuk menguatkan kepribadian anak perempuan yang penting untuk diajarkan sejak kecil adalah berpikir kritis tentang segala hal, termasuk soal standar kecantikan di media atau stereotip kalau anak perempuan pasti lebih lemah.

4. Berani Mencoba Hal Baru

kebiasaan 4

Themulberryjournal.com

Sejak kecil, anak perempuan sudah dihadapkan dengan segudang stereotip, seperti jenis mainan dan aktivitas yang bisa dilakukan.

Supaya potensi dirinya bisa berkembang optimal, dorong Si Kecil berani mencoba hal baru bahkan meski tidak banyak anak perempuan lain yang melakukannya.

Moms juga perlu mulai memperluas wawasannya tentang pilihan yang ada di luar sana.

Mulai dari yang paling sederhana, Moms bisa mengenalkan berbagai profesi yang jarang dikenal anak perempuan, seperti ahli robotik, astronot, mekanik, dan lainnya.

Memupuk kebiasaan ini bukan hanya dapat membantu anak perempuan mengembangkan wawasan dan kemampuan, tapi juga memperbesar peluang suksesnya di masa depan lho, Moms.

5. Bangga pada Usaha dan Pencapaian Diri

kebiasaan 5

Lizbparenting.com

Supaya kepercayaan diri anak perempuan tidak bergantung pada validasi dan pujian dari orang lain, sudah waktunya mulai membiasakan buah hati menjadi cheerleader bagi diri sendiri.

Terbiasa merasa bangga pada usaha dan pencapaian diri akan meningkatkan rasa percaya diri dan memberikan motivasi besar saat dia sedang kesulitan atau tengah berjuang untuk mencapai sesuatu yang diinginkannya.

Saat mengajarkan kebiasaan untuk menguatkan kepribadian anak perempuan ini, jangan lupa kenalkan Si Kecil dengan tokoh perempuan panutan, seperti Mary Jackson, Greta Thunberg, Marie Currie, atau Amal Clooney.

Baca juga : DIY Pakaian Lama Ibu Jadi Item Fashion Anak Perempuan

6. Mencintai Keunikan Diri Sendiri

kebiasaan 6

Gracevestal.org

Tahukah Moms, kalau menurut American Association of University Women, pada masa SD sampai SMA kepercayaan diri anak perempuan anjlok sebanyak 3.5x lebih banyak daripada anak laki-laki?

Menurut Stacey Radin, Psy.D., penulis buku Brave Girls dan CEO Unleashed, orang tua perlu mulai membiasakan anak mengenali dan mencintai keunikan dirinya terlepas dari standar apapun yang dibuat oleh orang lain.

7. Pentingnya Mengurus Diri Sendiri

kebiasaan 7

Wohnzimmer-vogelstang.de

Sudah bukan rahasia kalau sejak kecil anak perempuan dituntut harus serba bisa mengurus segala hal, termasuk pekerjaan rumah tangga dan keluarga.

Sayangnya, banyak orang tua yang lupa mengajarkan tentang pentingnya memiliki waktu untuk menjaga kesehatan fisik dan mental maupun menjadikan tujuan pribadi sebagai prioritas dalam hidup.

Menurut Moms, apalagi kebiasaan untuk menguatkan kepribadian anak perempuan yang harus diajarkan sejak kecil?

Baca juga : Ini 3 Alasan Wajibnya Anak Perempuan Belajar Bela Diri

(WA/CAR)

Artikel Terkait