BALITA DAN ANAK
6 September 2019

7 Tips Membacakan Buku Pada Balita Berkebutuhan Khusus

Ajak Si Kecil merasakan serunya membaca buku
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Sama seperti anak lain pada umumnya, membacakan buku juga sama pentingnya sebagai sarana pendidikan dan hiburan bagi balita berkebutuhan khusus lho, Moms.

Menurut Children’s Bureau of Southern California seperti yang dikutip dari all4kids.org, segala manfaat baik dari membacakan buku pada anak, seperti menstimulasi kreativitas, kemampuan kognitif dan bahasa, kecerdasan emosional, dan daya ingat juga perlu dirasakan oleh balita berkebutuhan khusus.

Yuk Moms, coba beberapa tips berikut supaya membacakan buku bagi balita berkebutuhan khusus terasa lebih menyenangkan dan lebih terasa manfaatnya.

1. Pilih Buku Bertema Sederhana

7 Tips Membacakan Buku Pada Balita Berkebutuhan Khusus 1.jpg

Friendshipcircle.com

Bingung memilih buku yang pas untuk dibacakan pada balita berkebutuhan khusus?

Untuk menarik perhatiannya, Moms bisa mulai dengan buku yang temanya sesuai dengan minat Si Kecil, baik itu tentang binatang, alat transportasi, kehidupan bawah laut, atau lainnya.

Jangan lupa, pastikan kata, kalimat, serta jalan cerita dalam buku tidak terlalu panjang dan mudah dimengerti.

Baca Juga : 5 Manfaat Membacakan Buku Cerita untuk Anak

2. Pastikan Elemen Buku Sesuai dengan Keterbatasan Si Kecil

7 Tips Membacakan Buku Pada Balita Berkebutuhan Khusus 2.jpg

Imaginethat.com

Menurut Debi Silverman, pakar pendidikan anak usia dini, balita berkebutuhan khusus akan lebih tertarik untuk membaca bila elemen buku bisa diterima oleh keterbatasannya, seperti:

  • Balita dengan keterbatasan pendengaran akan lebih mudah memahami buku yang gambar atau ilustrasinya tidak terlalu ramai.
  • Balita dengan spektrum autisme lebih suka dengan buku yang berwarna cerah dan kontras, serta dilengkapi dengan gambar sesuai aslinya.
  • Balita yang lambat perkembangan bahasa atau bicara akan mendapatkan manfaat lebih besar dari cerita yang mengandung banyak rima atau pengulangan.
  • Balita dengan penglihatan terbatas akan lebih mudah menyimak buku dengan huruf dan gambar berukuran besar yang tegas dan kontras.

3. Perhatikan Rentang Perhatian Si Kecil

7 Tips Membacakan Buku Pada Balita Berkebutuhan Khusus 3.jpg

Babyology.com.au

Balita berkebutuhan khusus cenderung memiliki rentang perhatian yang lebih pendek, jadi durasi Moms membacakan buku juga perlu ikut disesuaikan.

Supaya tidak cepat bosan dan malah jadi enggan membaca, Moms bisa membacakan buku selama beberapa menit saja setiap kali. Moms bisa tambahkan durasinya secara bertahap kalau Si Kecil kelihatan tertarik dan bisa memperhatikan.

Baca Juga : Buku Parenting yang Wajib Dibaca oleh Orang Tua Baru

4. Tambahkan Objek Interaktif Pada Halaman Buku

7 Tips Membacakan Buku Pada Balita Berkebutuhan Khusus 4.jpg

Workingmother.com

Seperti dikutip dari situs Special Kids Company, Moms bisa menambahkan objek interaktif seperti pom-pom, stik es krim beraneka warna, lonceng kecil, atau bahan bertekstur di halaman buku untuk membuat Si Kecil lebih tertarik untuk membaca.

Akan lebih baik lagi kalau objek interaktif tadi bisa dijadikan alat bantu untuk membuka halaman, dengan begitu balita berkebutuhan khusus bisa belajar tentang cara menggunakan dengan benar sambil melatih motorik halusnya.

5. Berikan Properti

7 Tips Membacakan Buku Pada Balita Berkebutuhan Khusus 5.jpg

Azreadingclinic.com

Supaya perhatian Si Kecil tidak mudah teralihkan dan bisa lebih fokus menyimak apa yang sedang dibacakan, Moms bisa berikan sebuah barang yang sesuai dengan tema buku untuk dipegangnya.

Memegang boneka beruang saat membaca cerita tentang petualangan di kebun binatang atau mainan kereta api saat membaca cerita tentang alat transportasi bisa memberikan stimulasi taktil yang dibutuhkan oleh balita berkebutuhan khusus.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Buku Edukatif Untuk Anak 4-5 Tahun

6. Buat Meriah Dengan Variasi Suara

7 Tips Membacakan Buku Pada Balita Berkebutuhan Khusus 6.jpg

Parentnetworkny.org

Sudah tahu kan Moms, kalau cerita dalam buku akan jadi lebih seru kalau dibacakan dengan intonasi dan tinggi suara yang bervariasi atau ditambah dengan suara pendukung?

Selain itu, penggunaan gestur tangan, mimik muka, dan bahasa tubuh juga bisa membuat waktu membaca lebih menyenangkan bagi balita berkebutuhan khusus.

7. Jangan Menyerah

7 Tips Membacakan Buku Pada Balita Berkebutuhan Khusus 7.jpg

Kindercare.com

Membacakan buku bagi balita berkebutuhan khusus memang tidak mudah dan reaksinya pun seringkali tidak bisa diprediksi.

Jangan menyerah dan terus coba pendekatan berbeda dengan sikap antusias supaya Si Kecil terbiasa dengan rutinitas membaca dan bisa merasakan manfaatnya.

Apalagi ya Moms, yang bisa dilakukan supaya membacakan buku bagi balita berkebutuhan khusus jadi lebih seru?

Bila Moms memiliki anak berkebutuhan khusus, Moms bisa bergabung di WhatsApp Group Orami Moms Community, lho.

Di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter anak, dokter kandungan, dan lain sebagainya.

orami wag

Moms juga akan bertemu dan bisa berbagi pengalaman dengan sesama ibu dengan anak berkebutuhan khusus lainnya, lho. Moms pun tidak akan merasa sendirian dalam menghadapi berbagai masalah seputar anak.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

(WA/CAR)

Artikel Terkait