BALITA DAN ANAK
26 Mei 2020

Berat Badan Kurang pada Anak, Haruskah Pakai Selang Nasogatrik (NGT)?

Cari tahu penjelasannya berikut ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Menjaga berat badan Si Kecil tetap sehat adalah hal penting yang harus selalu Moms perhatikan. Kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan merupakan pertanda ada masalah kesehatan pada Si Kecil.

Moms mungkin bertanya-tanya tentang penggunaan selang nasogatrik (NGT) pada anak dengan berat badan kurang. Lalu, seperti apa kondisi penggunaan selang NGT ini pada anak?

Baca Juga: 7 Dampak Buruk Kelebihan Berat Badan pada Anak, Bahaya!

Penyebab Berat Badan Kurang pada Anak

berat badan kurang pada anak-1

Foto: Orami Photo Stock

Ada berbagai macam penyebab berat badan kurang pada anak. Dr. dr. Muzal Kadim, Sp. A (K) Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastroenterologi Hepatologi RS Pondok Indah - Pondok Indah menyebutkan beberapanya.

"Kekurangan berat badan ada yang disebabkan oleh asupan yang kurang, penyakit kronis yang menggerogoti nutrisi yang masuk ke tubuh seperti penyakit TBC, ISK, dan lainnya, hingga ada pengeluaran berlebihan dari tubuh seperti muntah berulang, diare berulang, dan lainnya," jelas Dr. Muzal.

Menurut Kids Health, penyebab anak kekurangan berat badan yaitu:

  • Tidak cukup kalori yang disediakan. Terkadang disebabkan pengukuran campuran susu formula yang tidak benar, masalah menyusui, atau masalah anak dalam memulai makanan padat, menyebabkan kegagalan berkembang.
  • Anak itu makan terlalu sedikit. Beberapa anak mengalami kesulitan makan makanan yang cukup.
  • Masalah kesehatan yang melibatkan sistem pencernaan. Masalah sistem pencernaan dapat mencegah berat badan anak naik, dan mempersulit Si Kecil untuk menyerap nutrisi dan kalori.
  • Intoleransi makanan. Tubuh anak bisa sensitif terhadap beberapa makanan. Misalnya, intoleransi protein susu, yang dapat menyebabkan kegagalan berkembang.
  • Kondisi medis berkelanjutan. Anak-anak dengan kondisi yang melibatkan jantung, paru-paru, atau sistem endokrin mungkin butuh lebih banyak kalori.
  • Infeksi. Tubuh dapat menggunakan banyak kalori untuk melawan infeksi.
  • Gangguan metabolisme. Ini adalah kondisi kesehatan yang menyulitkan tubuh untuk memecah, mengolah, atau mengambil energi dari makanan.

Dalam jurnal Frontiers in Public Health, berbagai faktor bisa memengaruhi status gizi dan perkembangan anak, seperti status sosial ekonomi, praktik pemberian makan, faktor lingkungan, akses dan penggunaan layanan kesehatan, serta praktik kebersihan rumah tangga.

Baca Juga: Si Kecil Kelebihan Berat Badan? Ini 6 Aturan Diet untuk Anak Obesitas

Kondisi Pemakaian Selang Nasogatrik

selang nasogatrik.jpg

Foto: npr.org

Mengutip Medline Plus, selang nasogastrik (NGT) adalah selang khusus yang membawa makanan dan obat-obatan ke perut melalui hidung. Ini dapat digunakan untuk semua makanan atau untuk memberikan kalori ekstra.

Lalu, apakah anak yang mengalami kekurangan berat badan butuh untuk menggunakan selang nasogatrik?

"Pemakaian selang NGT hanya dilakukan pada kasus anak dengan kondisi kurang asupan makanan ataupun minuman, yang ketika diusahakan dicoba melalui mulut tidak berhasil," terang Dr. Muzal.

Penggunaan selang ini juga harus rutin dibersihkan, dan jika Si Kecil menggunakannya, Moms harus mencegah usaha anak untuk melepaskan selang nasogatrik ini.

Baca Juga: 4 Tips Meningkatkan Kualitas ASI untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Itu dia Moms, penjelasan tentang penyebab berat badan kurang pada anak dan kapan kondisi yang tepat untuk menggunakan selang nasogatrik.

Artikel Terkait