3-5 TAHUN
15 April 2020

Aturan Penggunaan Sunscreen pada Anak, Jangan Disepelekan!

Oleskan kembali beberapa jam sekali
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Diusianya yang masih anak-anak, Si Kecil pasti sedang senang-senangnya bermain di luar bersama dengan teman-temannya.

Anak bisa bermain berjam-jam di ayunan, berlari-lari di taman, dan berjalan-jalan di pantai untuk waktu yang lama.

Namun apakah bermain terlalu lama di bawah sinar matahari aman untuk Si Kecil? Tentu aman, asalkan anak menggunakan sunscreen agar tetap terlindung dari sinar matahari yang merusak kulit.

Baca Juga: Bolehkah Menyemprotkan Sunscreen Spray ke Wajah? Ini Penjelasannya

Kerusakan kulit akibat sinar matahari bersifat kumulatif seumur hidup, dan sebagian besar kerusakannya berasal dari paparan di masa kanak-kanak.

Berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention, semakin banyak terpapar sinar matahari, semakin besar risikonya terkena kanker kulit di kemudian hari.

Makanya sangat penting untuk membangun kebiasaan menggunakan sunscreen sejak dini. Bagaimana aturan penggunaan sunscreen pada anak? Simak penjelasannya di bawah ini.

Jenis Sunscreen Terbaik untuk Anak

sunscreen pada anak

Foto: todaysparent.com

Saat membeli sunscreen untuk anak, ada tiga hal penting yang harus Moms cari. Periksa label tabir surya yang:

  • Memiliki SPF (faktor perlindungan matahari) 30 atau lebih tinggi
  • Melindungi terhadap sinar UVA dan UVB (tabir surya "spektrum luas")
  • Tahan air (melindungi anak-anak saat berada di dalam air selama 40–80 menit).

Baca Juga: 5 Tips Melindungi Kulit Bayi dari Sinar Matahari Menurut Dermatolog

Aturan Pemakaian Sunscreen pada Anak

sunscreen pada anak

Foto: njfamily.com

Agar penggunaan sunscreen pada anak dapat bekerja semaksimal mungkin, tentu harus digunakan dengan tepat. Bagaimana cara penggunaan sunscreen pada anak yang tepat? Ikuti tips di bawah ini.

  • Oleskan sunscreen setiap kali anak-anak kita berada di bawah sinar matahari. Untuk hasil yang optimal, oleskan sunscreen pada anak sekitar 15 hingga 30 menit sebelum anak-anak bermain di luar ruangan.
  • Jangan lupa oleskan juga pada telinga, tangan, kaki, bahu, dan di belakang leher. Jangan lupa untuk lindungi bibir anak dengan lip balm yang mengandung SPF 30.
  • Oleskan sunscreen pada anak dengan benar. Ahli kulit menyarankan untuk menggunakan 1 ons (kira-kira sebanyak gelas obat plastik) untuk menutupi area tubuh yang terbuka.
  • Sering mengolekan kembali sunscreen, setiap 2 jam sekali pada anak untuk menjaga kulit tetap terlindungi.

Baca Juga: 4 Cara Melindungi Kulit Bayi dari Matahari Saat Liburan di Pantai

  • Oleskan sunscreen yang tahan air jika anak-anak akan berada di sekitar air atau sedang berenang. Air memantulkan dan mengintensifkan sinar matahari, sehingga anak-anak membutuhkan perlindungan yang bisa bertahan lama. Sunscreen yang tahan air dapat bertahan hingga 80 menit di dalam air, dan beberapa juga tahan keringat. Namun tetap pastikan untuk mengoleskan kembali sunscreen ketika anak-anak keluar dari air.
  • Jangan khawatir jika sunscreen cepat habis. Beli persediaan lagi, dan buang sunscreen yang melewati tanggal kedaluwarsa atau yang sudah dibeli selama 3 tahun atau lebih.

Perlindungan kulit untuk Si Kecil terhadap paparan sinar matahari sangatlah penting, makanya Moms harus bisa mengetahui aturan penggunaannya dengan tepat.

Artikel Terkait