BALITA DAN ANAK
31 Maret 2020

Bagaimana Cara Tepat Menangani Anak Takut Air

Merupakan hal yang normal terjadi pada anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Ketakutan baru sering muncul pada anak-anak pada masa balita, salah satu rasa takut yang umumnya dirasakan adalah rasa takut akan air. Baik itu air dalam bak mandi atau ketakutan air di kolam renang.

“Takut akan air di kolam renang biasanya merupakan rasa takut air yang lebih umum,” kata Alyson Schafer, psikoterapis sekaligus seorang penulis.

Untungnya, ada banyak cara yang bisa orang tua lakukan untuk membantu Si Kecil dalam mengatasi ketakutannya akan air.

Baca Juga: 6 Cara Menghadapi Fobia Sosial Pada Anak

Mengapa Anak Takut Air?

anak takut air

Foto: todaysparent.com

Untuk dapat menolong Si Kecil mengatasi rasa takut airnya, orang tua terlebih dahulu harus tahu apa penyebab anak takut air.

Sama seperti ketakutan masa kecil lainnya, takut terhadap air adalah hal yang normal untuk anak-anak.

Berdasarkan jurnal Neurobiology of Fear and Specific Phobias, ketakutan dapat diekspresikan secara bawaan atau setelah pengkondisian, dipicu ketika suatu bahaya atau suatu stimulus memprediksi adanya bahaya yang langsung dirasakan.

Bagi anak Moms, air merupakan tempat menakutkan yang tidak ia kenali. Bisa juga mereka melihatnya sebagai tempat aneh yang membuatnya mungkin merasa terjebak, tanpa jalan keluar.

Bagaimanapun, anak Moms seperti ikan kecil yang berada dalam kolam jika dihadapkan dengan air. Tapi tenang, ada beberapa hal lain yang bisa kita lakukan sebagai solusinya.

Baca Juga: Ingin Anak Jago Berenang? Yuk Intip 3 Rekomendasi Sekolah Renang Anak Ini

Mengatasi Masalah Anak Takut Air

anak takut air

Foto: metroparent.com

Anak takut air adalah hal yang normal, Moms mungkin tidak pernah tahu persis apa yang menjadi pemicunya.

Namun ada beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk membantu anak lepas dari rasa takut air.

1. Jangan Memaksa Anak

Biarkan anak tahu bahwa rasa takut itu tidak apa-apa. Perkenalkan anak pada air pelan-pelan, misalnya dengan mengajaknya ke kolam renang anak-anak.

Moms bisa mulai dengan mengajak Si Kecil duduk-duduk di pinggir kolam berenang sambil menjulurkan kaki dan membasahi kakinya. Hal ini tentu akan membuat anak merasa lebih nyaman daripada meminta anak masuk ke dalam kolam renang langsung.

2. Biarkan Anak Mencoba Sendiri

Cara lainnya untuk mengatasi anak takut air adalah dengan mengajak anak melakukan pendekatan dengan air saat mandi. Berfokuslah untuk membantu Si Kecil merasa nyaman dengan beberapa keterampilan berenang dasar yang dapat ia praktikkan di bak mandi, seperti memasukkan wajahnya ke dalam ai.

Jangan lupa untuk menyemangati anak dan memotivasinya juga ketika ia berhasil melakukan hal tersebut.

Baca Juga: Ini 3 Alasan Wajibnya Anak Perempuan Belajar Bela Diri

3. Gunakan Bantuan Profesional

Moms bisa mendaftarkan Si Kecil dalam kelas pelajaran berenang, dengan bantuan instruktur. Jika bisa, daftarkan anak kelas private seorang diri.

Si kecil kemungkinan besar akan mengatasi ketakutannya akan air dengan lebih cepat jika Moms berada di kolam dengannya.

Bahkan jika dia masih takut berenang sendirian, bermain-main di kolam dengan Moms akan memberinya perasaan lebih aman di dalam air, bahkan di mana pun dia berada.

Nah, itu dia Moms bagaimana cara tepat ketika anak takut air yang bisa dilakukan. Jangan panik dan beritahu dengan tidak memaksa ya, Moms!

Artikel Terkait