BALITA DAN ANAK
15 September 2020

13 Bahan Alami untuk Mengatasi Rambut Rontok pada Anak

Atasi rambut rontok dengan beberapa bahan-bahan alami berikut ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Memperhatikan kesehatan rambut Si Kecil juga merupakan hal penting, Moms. Apabila rambut anak mengalami kerontokan, Moms harus segera memeriksa dan merawatnya secepat mungkin.

Rambut rontok dapat menurunkan kepercayaan diri Si Kecil dan Moms pasti tidak ingin ia mengalaminya, kan?

Pengobatan rambut rontok tentunya bisa diatasi dengan bahan-bahan alami. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Negeri Semarang Indonesia, bahan-bahan alami berfungsi untuk menyuburkan rambut dan mencegah kerontokan karena mengandung banyak nutrisi untuk merawat serta menyehatkan kulit kepala dan rambut.

Bahan Alami Mengatasi Rambut Rontok

Berikut adalah bahan alami mengatasi rambut rontok yang harus Moms ketahui dan bahan alami ini mudah ditemukan. Simak yuk, Moms.

1. Lidah Buaya

bahan alami mengatasi rambut rontok 6.jpg

Foto: Freepik.com

Dari zaman dahulu, lidah buaya selalu dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk rambut. Selain bisa membuat rambut menjadi lebih kuat, lidah buaya juga dipercaya bisa membantu mengurangi kerontokan rambut.

Lidah buaya memiliki kandungan enzim yang berguna untuk menumbuhkan rambut dengan sehat. Lidah buaya menghilangkan sel-sel mati dari kulit kepala yang dapat menyumbat akar rambut.

Lidah buaya juga memiliki sifat antimikroba dan antiradang yang berguna untuk melawan bakteri dan penyakit serta menjaga kulit kepala agar tetap dingin.

Lidah buaya juga menjaga keseimbangan pH kulit kepala yang menjadikan rambut sehat. Cara penggunaannya, cukup aplikasikan gel lidah buaya ke kepala Si Kecil secara rutin, kira-kira tiga kali seminggu.

Menurut Brazilian Journal of Microbiology, lidah buaya akan membantu meningkatkan sirkulasi darah. Lidah buaya yang dioleskan pada kulit kepala dapat mengatasi rambut rontok dan rambut yang mudah patah.

Moms bisa mengajari Si Kecil untuk mengoleskan lidah buaya setiap sebelum keramas pada kulit kepala dan diamkan selama 15 - 20 menit. Cara ini dinilai ampuh mengatasi rambut rontok dan membuat rambut anak tumbuh lebat.

Baca Juga: 5 Cara Cepat Memanjangkan Rambut dengan Lidah Buaya, Intip Yuk!

2. Minyak Kelapa

bahan alami mengatasi rambut rontok 1.jpg

Foto: Freepik.com

Bahan alami mengatasi rambut rontok ini memang sudah tidak asing lagi. Minyak kelapa berfungsi untuk membersihkan pori-pori dan menyehatkan kulit kepala. Minyak kelapa bertindak sebagai kondisioner rambut yang juga membantu mengurangi ketombe.

Selain itu, minyak kelapa juga membantu pertumbuhan folikel rambut dan menebalkan rambut. Cara menggunakannya, tuang sedikit minyak kelapa di tangan, lalu pijat lembut kepala Si Kecil.

Baca Juga: 5 Hal yang Tidak Disadari Jadi Penyebab Rambut Rontok

3. Minyak Zaitun

bahan alami mengatasi rambut rontok 2.jpg

Foto: Pexels.com

Minyak zaitun memiliki banyak manfaat, salah satunya dipercaya sebagai bahan alami mengatasi rambut rontok.

Minyak zaitun memiliki khasiat untuk menguatkan rambut, mencegah rambut rontok, memelihara kulit kepala, dan membuat rambut jadi lebih berkilau.

Penggunaannya juga sama seperti minyak kelapa, Moms cukup memijat-mijat kepala Si Kecil dengan minyak zaitun.

4. Bawang + Madu

bawang dan madu

Bawang ternyata mempunyai kandungan sulfur tinggi yang efektif mengurangi kerontokan rambut lho Moms.

Untuk mendapatkan manfaat dalam mengatasi rambut rontok, caranya mudah, cukup campurkan air perasan bawang dengan satu sendok makan madu. Oleskan pada kulit kepala Si Kecil dan diamkan selama 2 jam, lalu bilas.

Niscaya jika Si Kecil rajin melakukan perawatan seperti ini, dijamin rambutnya akan lebih kuat dan tidak mudah rontok.

Baca Juga: Benarkah Jus Bawang Bombay Bisa Mengatasi Rambut Rontok?

5. Jus Buah Bit

bahan alami mengatasi rambut rontok 3.jpeg

Foto: Unsplash.com

Buah bit mungkin jarang ditemukan, tetapi bahan ini memiliki khasiat yang sangat baik untuk mengatasi rambut rontok.

Buah bit membantu melengkapi nutrisi yang menyebabkan rambut rontok seperti zat besi. Selain itu, buah bit juga baik bagi Si Kecil yang sedang diet.

6. Pisang

pisang

Rambut rontok yang sudah terjadi pada anak-anak pasti jadi masalah yang selalu bikin Moms sebal. Namun, tenang dengan 1 buah pisang, masalah rambut rontok pada Si Kecil yang menghantui bakal langsung teratasi.

Pisang ternyata juga memiliki vitamin dan kandungan lain yang baik untuk rambut lho, Moms.

Moms bisa membuat masker pisang yang ditambah dengan minyak zaitun, madu, dan susu atau santan. Bahan - bahan alami ini akan membuat rambut lebih kuat, terlihat lebih bersinar, dan efektif mengatasi rambut rontok.

7. Yogurt

yogurt

Salah satu yang menyebabkan rambut rontok pada anak adalah rambut yang kekurang nutrisi dan kering. Jadi tidak ada salahnya Si Kecil melakukan perawatan yang memberikan nutrisi lebih untuk rambut.

Yogurt dari zaman dahulu sudah menjadi bahan andalan untuk merawat rambut. Moms hanya perlu mencampur yogurt, minyak kelapa, dan madu. Di mana ketiga bahan ini mampu mengatasi rambut rontok, menutrisi rambut, dan menjaganya agar tetap sehat.

Baca Juga: 5 Resep dan Manfaat Yogurt untuk Anak

8. Teh Hijau

bahan alami mengatasi rambut rontok 4.jpeg

Foto: Unsplash.com

Teh hijau berasal dari Jepang dan memiliki antioksidan yang tinggi, ternyata juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Jadi bukan hanya mengurangi rambut rontok, teh hijau dapat mengatasi rambut rontok dengan lebih efektif.

Teh hijau memiliki manfaat untuk membantu merevitalisasi folikel rambut dan menyuburkan pertumbuhan rambut.

Tidak hanya itu, teh hijau juga membantu meningkatkan metabolisme yang berguna untuk pertumbuhan rambut.

Moms bisa membuatnya sendiri di rumah untuk Si Kecil, caranya mudah, karena hanya tinggal menyeduh 2 kantong teh hijau menggunakan air hangat. Setelah itu, Moms bisa langsung mengaplikasikannya pada batang dan kulit kepala Si Kecil. Diamkan selama 1 jam dan bilas hingga bersih.

9. Jambu Biji

jambu biji

Jambu biji selain enak dan kaya akan vitamin C, ternyata juga dapat mengatasi rambut rontok, Moms. Buah ini banyak mengandung vitamin B3, B5 dan B6, yang mampu memperbaiki rambut rusak, membersihkan kulit kepala, dan menghentikan rambut rontok.

Moms dapat membuat masker rambut dari buah jambu untuk Si Kecil dengan cara mudah. Pertama, hancurkan buah jambu biji sampai menjadi bubur dengan tekstur yang lembut, lalu tambahkan satu putih telur.

Aduk kedua bahan ini sampai merata dan Moms bisa langsung mengaplikasikan pada rambut dan kulit kepala Si Kecil. Diamkan selama 40 menit dan pijat kulit kepala pelan- pelan, kemudian bilas bersih menggunakan sampo.

Baca Juga: Berapa Banyak Helai Rambut Rontok yang Normal?

10. Avokad

alpukat

Buah yang satu ini pasti Moms tahu, kalau sudah biasa dijadikan masker rambut. Avokad banyak mengandung protein alami yang baik untuk rambut dan kulit kepala.

Membuat masker rambut avokad ini tidak sulit kok, Moms. Ambil 1 buah avokad, hancurkan sampai mengental. Lalu, oleskan pada rambut dan kulit kepala Si Kecil, diamkan beberapa saat, dan bilas.

Jika Moms membuat sendiri masker avokad ini di rumah untuk Si Kecil, ada kegunaan lain yang bisa Moms gunakan, yakni sebagai masker wajah.

11. Aromaterapi

bahan alami mengatasi rambut rontok 5.jpg

Foto: Pexels.com

Menurut sebuah studi yang dilakukan Rahul Kaushik berjudul Alopecia: Herbal Remedies pada tahun 2011, aromaterapi dapat menstimulasi pertumbuhan rambut.

Aromaterapi ini tentu harus berasal dari bahan-bahan alami seperti kayu cedar, lavender, rosemary, daun timi, dan daun tulsi.

Cara penggunaannya, campurkan minyak esensial dari bahan-bahan tersebut dengan minyak kelapa dan pijat-pijat ke kepala.

Para peneliti juga menyatakan bahwa menghirup aroma dari racikan minyak aromaterapi ini dapat memengaruhi pertumbuhan rambut.

Baca Juga: 5 Manfaat Aromaterapi untuk Kesehatan yang Mungkin Belum Kita Tahu

12. Santan

santan

Kelapa memang banyak dimanfaatkan sebagai perawatan kecantikan. Tetapi, sebenarnya bukan hanya minyak kelapa saja Moms, santan kelapa juga ternyata dapat mengatasi rambut rontok. Kandungan proteinnya efektif untuk merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut.

Sebelum Si Kecil keramas, coba aplikasikan santan pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Biarkan selama 20 menit dan ajari Si Kecil untuk keramas seperti biasa. Rambut Si Kecil akan terasa lebih halus setelah melakukan perawatan sederhana menggunakan santan.

13. Putih Telur

putih telur

Apakah Moms terbiasa menggunakan putih telur untuk masker rambut? Nah, kali ini putih telur bisa Moms gunakan juga untuk perawatan rambut dalam mengatasi rambut rontok Si Kecil.

Telur yang banyak mengandung sulfur sangat baik dalam mengurangi atau mengontrol rambut rontok pada anak.

Baca Juga: 5 Manfaat Masker Putih Telur untuk Perawatan Wajah

Apakah Moms sudah pernah mencoba bahan alami mengatasi rambut rontok yang ada di atas? Jika belum, Moms bisa mencobanya tanpa perlu mengeluarkan biaya yang terlalu mahal.

Ada istilah yang mengatakan, solusi untuk mengatasi semua permasalahan tubuh bisa ditemukan di dapur. Benarkah demikian? Moms bisa buktikan sendiri, ya.

Artikel Terkait