KESEHATAN
9 April 2019

Benarkah Menyusui Bisa Jadi Kontrasepsi Alami?

Menyusui bisa jadi metode kontrasepsi alami yang efektif dan gratis!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Menyusui ternyata tak sekadar memberi makan pada bayi, tapi juga bisa jadi pilihan metode kontrasepsi, yang disebut amenore laktasi atau lactational amenorrhea method (LAM). Bagaimana caranya?

“Ketika ibu menyusui secara eksklusif, yang artinya menyusui setidaknya setiap 4 jam di siang hari dan setiap 6 jam di malam hari, dan hanya memberi ASI saja, tubuh secara alami berhenti berovulasi,” terang konselor laktasi, Zoe Ralph, dilansir dari Baby Centre.

Ini karena menyusui merangsang pembentukan hormon yang menekan ovulasi. Tidak ada ovulasi, artinya Moms tidak akan mengalami menstruasi. Mari kita simak pembahasannya!

Seberapa Efektif Menyusui Sebagai Metode Kontrasepsi?

Efektif atau tidaknya tergantung pada seberapa sering dan berapa lama bayi menyusu. Jika dilakukan dengan benar, tingkat efektivitas LAM mencapai 98 persen. Namun perlu diingat, LAM hanya akan bekerja jika:

- Moms menyusui secara eksklusif kapan saja bayi Moms menginginkannya, baik siang maupun malam.

- Bayi Moms berusia di bawah enam bulan.

- Moms belum mendapatkan menstruasi kembali setelah melahirkan.

Baca Juga: 5 Alat Kontrasepsi untuk Pria, Termasuk Pil dan Suntik KB

Berapa Lama Menyusui Bisa Digunakan Sebagai Metode Kontrasepsi?

Menyusui hanya dapat digunakan sebagai metode kontrasepsi selama 6 bulan pertama kehidupan bayi, atau sampai Moms mengalami menstruasi kembali.

Setelah itu, LAM menjadi kurang efektif, terutama ketika bayi mulai makan makanan padat dan tidur lebih lama di malam hari. Jadi, Moms harus bersiap-siap dengan pilihan metode kontrasepsi lain, seperti IUD atau pil KB.

Menurut Zoe Ralph, umumnya perempuan akan kembali menstruasi dalam 28 minggu setelah melahirkan. Namun, menstruasi bisa muncul di antara 15-48 minggu setelah melahirkan, tergantung hormon masing-masing.

Baca Juga: Beda Bahan-bahan KB IUD, Bagaimana Efeknya pada Tubuh?

Apa Manfaat LAM?

Jika Moms memilih LAM, inilah keuntungan yang akan Moms dapatkan:

- Aman dan gratis

- Tidak memerlukan resep dokter

- Tidak mengganggu seks

- Membantu mengurangi perdarahan setelah persalinan

- Mengurangi risiko terkena kanker payudara

Bagaimana, Moms, tertarik menggunakan metode LAM setelah melahirkan nanti? Jangan lupa konsultasikan dengan dokter kandungan atau bidan, ya.

(VAN/INT)

Artikel Terkait