BALITA DAN ANAK
5 Mei 2020

Berikan 5 Makanan Super Ini Saat Anak Demam Berdarah

Pa ia mengonsumsi makanan-makanan ini.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ninta
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Demam berdarah adalah salah satu penyakit berbahaya yang disebab kan oleh nyamuk Aedes aegypti. Jika sudah terkena virus dari gigitan nyamuk ini, Si Kecil bisa mengalami trombositopenia atau trombosit rendah.

Ini tentu saja sangat berbahaya untuk Si Kecil sebab ia bisa mengalami kelelahan luar biasa bahkan pendarahan di hidung dan gusinya.

Salah satu cara yang mudah dilakukan untuk meningkatkan kembali trombosit anak adalah dengan memberikannya makanan yang tepat.

Makanan untuk Anak Demam Berdarah

makanan untuk anak demam berdarah

Foto: verywellfit.com

Dikutip dari NDTV Food, terdapat beberapa jenis makanan untuk anak demam berdarah yang dapat membantu proses pemulihannya jadi lebih cepat.

"Makanan untuk meningkatkan jumlah trombosit darah termasuk vitamin B-12, folat, vitamin C dan zat besi. Ini dapat membantu tubuh membuat dan mempertahankan trombosit dalam darah," ungkap dokter Preeti Jain, Ahli Diet Senior, Action Cancer Hospital, New Delhi.

Baca Juga: Ciri-Ciri DBD (Demam Berdarah Dengue) dan Pengobatan yang Tepat

1. Daun Pepaya

makanan untuk anak demam berdarah

Foto: vaya.in

Daun pepaya termasuk makanan baik untuk anak demam berdarah karena mengandung vitamin K yang dapat membantu proses pembekuan darah.

Daun pepaya juga bermanfaat untuk meningkatkan trombosit anak. Rebus daun pepaya dan berikan airnya pada Si Kecil.

Jangan lupa siapkan sesuatu yang manis agar Si Kecil tidak trauma akan rasa pahitnya, ya.

2. Brokoli

makanan untuk anak demam berdarah

Foto: ivansini.com

Sayur brokoli kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan. Keduanya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak setelah demam berdarah menyerang.

"Sayuran berdaun hijau seperti brokoli, bayam, kangkung, pokcoy, dan kailan mengandung antioksidan dan kaya akan vitamin dan mineral yang diyakini dapat mengurangi peradangan dan membantu meningkatkan jumlah trombosit," jelas Charmain Tan,ahli diet terdaftar di Seventeen Nutrition Consultants, Hong Kong.

Baca Juga: Ketahui Tempat Nyamuk Demam Berdarah Bersarang dan Cara Membasminya

3. Daging Tanpa Lemak

makanan untuk anak demam berdarah

Foto: commons.wikimedia.org

Daging tanpa lemak seperti ikan, ayam, dan kalkun kaya akan protein, zinc, dan Vitamin B12 yang baik menjadi makanan untuk anak demam berdarah.

Sebabnya, semua makanan ini dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit darah.

4. Delima

makanan untuk anak demam berdarah

Foto: thespruceeats.com

Buah delima adalah sumber zat besi yang baik yang membantu menjaga jumlah trombosit. Trombosit yang jatuh karena virus demam berdarah juga bisa meningkat lebih cepat jika mengonsumsi makanan untuk anak demam berdarah ini.

Buah delima juga membantu mengurangi kelelahan dan kelelahan yang lazim selama sakit.

5. Air Kelapa

makanan untuk anak demam berdarah

Foto: zeenews.india.com

Tambahkan air kelapa sebagai pelengkap. Sebab, demam berdarah mengakibatkan anak dehidrasi.

Oleh karena itu, Moms perlu membuat tubuhnya lebih terhidrasi. Air kelapa memiliki banyak nutrisi, elektrolit, dan dapat membantu membuang racun sambil mengatur cairan dalam tubuh.

Demam Berdarah, Hindari Makanan Ini

Agar proses pemulihan Si Kecil lebih maksimal, ada beberapa makanan yang wajib ia hindari. Berikut ini makanan yang wajib Moms perhatikan agar trombosit anak demam berdarah tidak terhambat:

1. Makanan Berminyak

makanan untuk anak demam berdarah

Foto: thespruceeats.com

Dalam masa pemulihan, hindari memberi anak makanan yang berminyak atau digoreng.

Makanan berminyak tidak baik jika dikonsumsi sebagai makanan untuk anak demam berdarah karena mengandung banyak lemak.

Ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, menghambat pemulihan, serta melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 6 Jenis Makanan untuk Menaikkan Trombosit, Cocok untuk Anak yang DBD

2. Makanan Pedas

makanan untuk anak demam berdarah

Foto: edition.cnn.com

Makanan pedas juga tidak baik jika dikonsumsi sebagai makanan untuk anak demam berdarah karena bisa menyebabkan asam mengumpul di perut.

Ini akan menyebabkan bisul serta kerusakan pada dinding lambung. Kerusakan ini pun menghambat proses pemulihan dan justru menambah penyakit.

3. Minuman Berkafein

makanan untuk anak demam berdarah

Foto: nypost.com

Tidak ada minuman bersoda atau sumber kafein lain selama masa penyembuhan anak demam berdarah. Minuman-minuman ini dapat menyebabkan jantung anak berdetak cepat, kelelahan, dan juga kerusakan otot.

Berikan makanan yang tepat untuk anak demam berdarah. Dengan demikian, Si Kecil pun bisa segera pulih serta kembali ceria.

Artikel Terkait