TRIMESTER 2
14 November 2019

Hamil Anak Kembar? Simak 3 Tipsnya Agar Tetap Sehat dan Bugar

Walau risiko lebih besar, ada hal yang bisa dilakukan untuk meminimalkan risiko tersebut.
placeholder

Sumber: Pixabay

placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Hamil anak kembar adalah berkah ganda, tetapi juga bisa membawa risiko lebih besar daripada kehamilan tunggal.

Di AS, sekitar tiga dari setiap 100 wanita hamil melahirkan anak kembar atau kembar tiga dan terus meningkat, menurut Mayo Clinic di Rochester, Minn.

Saat tahu tengah mengandung anak kembar, banyak ibu hamil harus menaikkan lebih lagi berat badan, makan lebih banyak kalori, dan bahkan menghadapi kehamilan yang lebih besar.

Di sisi lain, ibu hamil kembar juga wajib untuk tetap bugar.

Bagaimana cara agar ibu yang hamil anak kembar bisa tetap sehat dan bugar? Berikut tipsnya!

1. Makan-Makanan Sehat

Makan Makanan Bergizi

Foto: shutterstock.com

Ibu yang sedang hamil anak kembar sangat butuh asam folat.

Namun, wanita hamil kembar mungkin membutuhkan lebih banyak asam folat untuk membantu mencegah cacat lahir, kata Manju Monga, MD, Berel Held Professor dan direktur divisi kedokteran ibu-janin di University of Texas Health Sciences Center di Houston.

"Kami merekomendasikan 1 miligram asam folat per hari untuk kehamilan kembar dan 0,4 miligram untuk kehamilan tunggal," kata Monga, yang memiliki anak kembar. Dikutip dari The Pan African Medical Journal, asam folat dikenal untuk mengurangi risiko cacat lahir tabung saraf seperti spina bifida.

Baca Juga: Manfaat Makanan Sumber Asam Folat untuk Ibu Menyusui dan Bayi

2. Tetap Berolah Raga

Hamil Anak Kembar, Simak Tipsnya agar Tetap Sehat dan Bugar 2.jpg

Foto: health.com

Bagi ibu hamil tunggal, direkomendasikan 30 menit atau lebih dari olahraga sedang sehari.

Namun, American College of Obstetricians dan Gynecologists (ACOG) menyarankan bahwa wanita yang hamil anak kembar harus menahan diri dari latihan aerobik karena berisiko tinggi.

Yang terbaik adalah mendiskusikan keinginan untuk tetap aktif secara fisik dengan penyedia layanan kesehatan.

Jika ibu hamil aktif secara fisik sebelum hamil, kemungkinan besar akan didorong untuk tetap aktif selama dokter merasa hal itu aman untuk ibu hamil.

Banyak wanita senang berenang dengan gaya mengapung di kolam renang karena nyaman dan menyenangkan.

Yoga kehamilan dan latihan kegel juga dianjurkan.

Baca Juga: Ingin Cepat Hamil? 5 Olahraga Ini Bisa Tingkatkan Peluang Kehamilan

3. Latihan Apa yang Harus Dihindari?

Hamil Anak Kembar, Simak Tipsnya agar Tetap Sehat dan Bugar 3

Foto: shutterstock.com

Ibu yang sedang hamil anak kembar harus menahan diri dari melakukan latihan apa pun yang mengharuskan berbaring telentang.

Latihan beban dan latihan resistensi juga harus dihindari.

Selain itu, juga harus menahan diri dari melakukan jenis olahraga apa pun jika sedang demam atau jika di luar panas dan lembab.

Bak air panas dan sauna juga harus dihindari.

Selain itu, berhentilah berolah raga saat terasa kontraksi, tenakan pada panggung, pendarahan atau keputihan, pusing, dan kaki bengkak.

Olahraga tetap dianjurkan selama ibu hamil merasa sehat kecuali terjadi komplikasi yang butuh istirahat total dan tentu saja pastikan ibu hamil berkonsultasi dengan dokter kehamilan.

Itulah tips saat hamil anak kembar agar memiliki pengalaman menyenangkan selama kehamilan. Mari dicoba, Moms.

Baca Juga: Patut Tahu, 3 Makanan yang Menjadi Pantangan untuk Ibu Hamil

(TPW/DIN)

Artikel Terkait