PERNIKAHAN & SEKS
9 Desember 2019

4 Manfaat Seks dalam Pernikahan, Luar Biasa!

Bisa meningkatkan keintiman dengan pasangan
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Hubungan intim atau seks adalah hal biasa yang selalu dilakukan oleh pasangan suami istri mana pun. Tidak mungkin tidak melibatkan hubungan seks dalam sebuah kehidupan rumah tangga.

Tidak bisa kita pungkiri bahwa hubungan seks sangat penting karena dapat menjaga keharmonisan rumah tangga kita. Sementara itu seks dalam pernikahan juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan bonding satu sama lain.

Bahkan dilansir dari jurnal Let's Talk About Sex, ditemukan bahwa konflik keintiman dari pasangan yang sudah menikah umumnya ditangani dengan baik oleh pasangan.

Baca Juga: Hamil Muda Boleh Berhubungan Seks?

Manfaat Seks dalam Pernikahan

Bahkan ada yang bilang bahwa seks bisa dijadikan sebagai media komunikasi antara pasangan dan istri. Banyak sekali sebenarnya manfaat seks dalam pernikahan.

Untuk mencari tahu lebih lanjut, langsung simak di bawah ini yuk.

1. Meningkatkan Komitmen

manfaat seks

Foto: webmd.com

Meningkatkan komitmen adalah salah satu manfaat seks dalam pernikahan yang kadang tidak disadari. Dilansir dari laman Very Well Mind, melakukan hubungan seks secara teratur dalam hubungan pernikahan dapat meningkatkan tingkat komitmen kita dan membantu terhubung secara emosional.

Pasangan lebih besar kemungkinannya untuk tetap bersama ketika mereka dapat mengekspresikan cinta mereka dengan melakukan hubungan seks, dan tingkat perceraian secara signifikan lebih tinggi untuk pasangan yang tidak berhubungan seks.

Manfaat relasional dari seks dibantu oleh zat yang dihasilkan tubuh kita, yaitu oksitosin. Pelepasan oksitosin, selain menenangkan, dapat berkontribusi pada ikatan dan keintiman emosional yang lebih besar.

Baca Juga: Tak Hanya Umbar Janji, Ini 3 Tanda Pasangan Anda Serius dan Berkomitmen Pada Janjinya

2. Mengekspresikan Cinta

manfaat seks

Foto: healthline.com

Manfaat seks dalam pernikahan lainnya adalah jadi wadah untuk mengeskpresikan cinta. Salah satu alasan terbesar mengapa keintiman fisik itu penting dalam hubungan adalah karena ini salah satu cara terpenting di mana pasangan dapat mengekspresikan cinta mereka satu sama lain.

Ketika suatu hubungan tidak memiliki chemistry seksual dan kasih sayang fisik, kemungkinan akan gagal.

Waktu intim yang kita habiskan bersama ini akan memberikan keromantisan, menegangkan, serta melepaskan oksitosin dan dopamin.

Hormon dan neurotransmitter ini berguna untuk memberikan rasa lebih dekat dengan pasangan, kepercayaan, kebahagiaan, dan bahkan kecanduan.

3. Meningkatkan Libido

manfaat seks

Foto: medium.com

Meningkatnya libido jadi manfaat seks dalam pernikahan lainnya. "Berhubungan seks akan membuat seks lebih baik dan akan meningkatkan libido kita," kata Lauren Streicher, asisten profesor klinis kebidanan dan kandungan di Feinberg School of Medicine di Northwestern University di Chicago.

Baca Juga: Libido Pasangan Rendah, Apa yang Harus Dilakukan?

Bagi perempuan, berhubungan seks meningkatkan pelumasan vagina, aliran darah, dan elastisitas, yang semuanya membuat seks terasa lebih baik.

4. Sebagai Olahraga

manfaat seks

Foto: womantalk.com

Manfaat seks dalam pernikahan lainnya adalah sebagai olahraga. "Seks adalah bentuk latihan fisik yang sangat hebat," kata Joseph J. Pinzone, CEO dan direktur medis Amai Wellness.

Seks membakar sekitar lima kalori per menit, empat kalori lebih banyak daripada menonton TV. Ini tentu akan meningkatkan detak jantung dan menggunakan berbagai otot.

Itu dia beberapa manfaat seks dalam pernikahan yang mungkin belum Moms ketahui. Apakah Moms termasuk salah satu yang secara teratur berhubungan seks dengan pasangan?

Artikel Terkait