BALITA DAN ANAK
18 November 2019

Omega-3 untuk Anak. Ini Alasannya Mengapa Sangat Penting Dikonsumsi!

Bisa membantu anak terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Asam lemak omega-3 memiliki beragam manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Misalnya saja kandungan omega-3 yang terdapat dalam minyak ikan, yang mana kita tahu minyak ikan sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Sayangnya masih banyak orang yang belum sadar akan banyaknya manfaat dari omega-3 ini. Sehingga mereka cenderung tidak memenuhi kebutuhan akan omega-3 nya.

“Banyak orang yang kekurangan omega-3. Makanya saya berpikir bahwa menambahkan omega-3 dalam makanan akan membawa kembali banyak manfaat untuk tubuh dan menyeimbangkan semuanya,” ujar David C. Leopold, MD, direktur pendidikan kedokteran integratif di Scripps Center for Integrative Medicine di San Diego.

Anak-anak juga membutuhkan omega-3 lho. Agar Moms lebih sadar betapa pentingnya omega-3 untuk anak, yuk kita lihat apa saja manfaat yang diberikan Moms.

Baca Juga: Selain Omega-3, 6 Nutrisi Ini Juga Bantu Sehatkan Jantung

Penting untuk Perkembangan Kognitif Anak

omega 3, manfaat omega 3

Foto: parents.com

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bayi yang diberi susu formula yang diperkaya dengan DHA asam lemak omega-3, menunjukkan peningkatan koordinasi mata dan tangan, rentang perhatian, keterampilan sosial, dan tes kecerdasan.

“Omega-3 untuk anak bermanfaat untuk mendukung kemampuan kognitifnya,” tutur dr. Diana Felicia Suganda, dokter spesialis gizi klinik RS Pondok Indah – Bintaro Jaya.

Selain itu penelitian juga menunjukkan bahwa anak-anak yang lahir dari Ibu yang mengonsumsi suplemen omega-3 (DHA dan EPA) selama kehamilan dan selama bulan-bulan pertama menyusui, mendapat skor lebih tinggi pada tes kognitif di usia 4 tahun.

Omega-3 untuk Anak: Mengurangi Risiko Asma

omega 3, manfaat omega 3

Foto: webmd.com

“Manfaat omega-3 untuk anak juga dapat menekan risiko asma,” kata dr. Diana Felicia Suganda.

Omega-3 untuk dapat mengurangi peradangan di saluran udara, yang bisa bermanfaat bagi mereka yang menderita asma.

Salah satu studi kecil yang dilakukan pada 29 anak-anak yang mengidap asma, ditemukan bahwa mereka yang mengonsumsi minyak ikan selama 10 bulan, memiliki gejala yang lebih sedikit daripada mereka yang tidak.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan dan Manfaat Omega-3, 6, dan 9, Ini Sumber Makanannya

Mengatasi Depresi pada Anak

Dilansir dari WebMD, minyak ikan seringkali digunakan sebagai pengobatan untuk depresi pada orang dewasa. Namun ada beberapa penelitian lain yang juga menunjukkan bahwa minyak ikan juga baik untuk mengobati depresi pada anak.

Sebuah penelitian kecil 2006 terhadap minyak ikan pada anak usia 6 hingga 12 tahun yang mengalami depresi, membuktikan bahwa hal ini dapat membantu mengurangi gejala mereka secara signifikan.

Omega-3 untuk Anak: Mencegah Diabetes

Satu studi kecil dilakukan pada anak-anak yang berisiko tinggi terkena diabetes tipe 2. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang makan diet tinggi omega-3 untuk anak, memiliki kemungkinan lebih kecil untuk mengalami kondisi tersebut.

Nah, melihat dari banyaknya manfaat yang bisa didapatkan Si Kecil dari omega-3, Moms sudah tidak ragu dong memberikannya pada anak?

Jika Moms bingung di mana bisa mendapatkan sumber omega-3 untuk anak terbaik, Moms bisa memberikannya melalui konsumsi ikan.

Baca Juga: Ini Jumlah Asupan Ideal Omega-3 Yang Dibutuhkan Balita Setiap Hari

Menurut dr. Diana Felicia Suganda, walaupun sebagian sayuran berwarna hijau dan minyak zaitun juga mengandung omega-3, namun jumlahnya tidak mencukupi.

“Selain itu, ada beragam jenis makanan yang diberikan tambahan omega-3 seperti susu, jus, telur, roti, minyak untuk memasak atau makanan camilan lainnya,” tutup dr. Diana Felicia Suganda.

Artikel Terkait