BAYI
16 Mei 2020

4 Permainan Sensori untuk Stimulasi Indera Penglihatan Bayi 0-12 Bulan, Yuk Coba!

Permainan apa ya yang bisa menstimulasi indera penglihatan bayi?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Indah
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Menstimulasi indera penglihatan bisa dimulai sejak bayi lahir lho, Moms. Eh, tapi kenapa indera penglihatan bayi harus distimulasi? Penglihatan bayi pada mulanya belum bisa setajam orang dewasa.

Menurut American Optometric Association, bayi usia 0-3 bulan, jarak pandang anak masih sangat terbatas.

Bayi terlahir ke dunia dengan daya penglihatan yang masih minimal, yakni hanya mampu melihat hitam dan putih serta jarak pandangnya amat sangat terbatas. Untuk itu menstimulasi indera penglihatan bayi amat sangat penting.

Indera penglihatan memiliki fungsi untuk membantu mengetahui di mana letak suatu benda, gambar, cahaya, serta warna. Ia bertugas untuk memproses rangsangan visual agar bisa membedakan apa yang dilihat.

Indera penglihatan merupakan salah satu indera yang amat sangat penting karena nantinya indera penglihatan akan banyak bekerja sama dengan seluruh indera lainnya.

Baca Juga: 7 Permainan yang Mama Bisa Lakukan Bersama Bayi 10-12 Bulan

Permainan Sensori untuk Stimulasi Indera Penglihatan Bayi

Tentunya, Moms bisa menstimulasi indera penglihatan bayi dengan cara bermain sensori. Nah, kira-kira permainan sensori apa ya yang cocok untuk bayi usia 0-12 bulan dan untuk merangsang indera penglihatannya?

1. Pola Kontras

mainan penglihatan

Foto: Orami Photo Stock

Permainan sensori untuk stimulasi indera penglihatan bayi yang pertama adalah pola kontras. Pola kontras bisa dengan mudah kita dapatkan di internet secara gratis. Moms bisa mencari dengan kata kunci high contrast image for newborn kemudian Moms bisa mencetaknya di kertas HVS biasa.

Cara permainannya adalah menunjukkan dengan cepat pada anak dengan jarak yang cukup dekat yakni kurang dari 30 sentimeter. Selain print sendiri, Moms juga bisa membeli buku high contrast ini di pasaran.

Tapi karena masa pakai buku ini cukup singkat, sekitar 3-6 bulan saja, mungkin print sendiri bisa jadi lebih hemat.

2. Sensory Bottle

permainan penglihatan bayi

Foto: Orami Photo Stock

Permainan sensori untuk stimulasi indera penglihatan bayi yang selanjutnya adalah sensory bottle. Sensory bottle atau botol sensori adalah botol plastik bekas atau baru yang diisi dengan beragam benda menarik seperti waterbeads warna warni, pompom, beras warna warni, pasta, glitter, air berwarna, robekan kertas atau apapun yang bisa memicu ketertarikan bayi.

Di internet juga banyak sekali ide-ide botol sensori yang sifatnya menenangkan, namun bahan yang diperlukan memang cukup sukar dan mahal. Misalnya untuk membuat botol berisi air glitter, tentunya tidak bisa hanya mengisi botol dengan air dan glitter, karena glitter tidak larut oleh air.

Glitter memerlukan sesuatu seperti minyak untuk bisa "beterbangan" di dalam botol. Sensory bottle ini bisa menjadi pengganti teether dan rattle lho.

Baca Juga: 6 Manfaat Permainan Sensori untuk Bayi, Yuk Coba!

3. Kejar Sinar

permainan penglihatan bayi

Foto: Parentmap.com

Permainan sensori untuk stimulasi indera penglihatan bayi yang selanjutnya adalah kejar sinar. Membuat permainan kejar sinar sangat-sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang banyak. Yang dibutuhkan hanya senter dan beberapa mainan anak.

Cara bermainnya adalah dengan cara menggelapkan ruangan kamar misalnya, kemudian nyalakan senter untuk menunjuk objek-objek tertentu. Biarkan anak mencoba mengikuti ke mana arah senter itu pergi.

4. Gelap Terang

permainan penglihatan bayi

Foto: Orami Photo Stock

Permainan sensori untuk stimulasi indera penglihatan bayi yang selanjutnya adalah gelap terang. Moms bisa juga memperkenalkan konsep gelap terang seperti bermain di bawah selimut dan secara bergantian menyebutkan gelap dan terang. Gelap ketika berada di bawah selimut, terang ketika tidak ada selimut.

Baca Juga: 3 Ide Permainan Sensori untuk Bayi, Yuk Coba!

Nah itu tadi beberapa permainan yang bisa menstimulasi indera penglihatan bayi dengan harga yang cukup murah, bukan? Selamat mencoba!

Artikel Terkait