3-12 BULAN
25 Februari 2020

5 Permainan Seru untuk Bayi 7 Bulan

Bantu tingkatkan pertumbuhan bayi 7 bulan dengan permainan ini
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Intan Aprilia

Memasuki usia 7 bulan, bayi sudah memulai langkah pertama dalam setengah tahun kehidupannya. Si Kecil akan mengalami lebih banyak perubahan fisik, mental, sosial dan emosional sebelum ulang tahun pertamanya.

Bayi juga akan lebih tertarik pada dunia di sekitarnya. Si Kecil akan segera merangkak, berguling, atau berjalan-jalan saat mengeksplor sekitarnya.

"Bermain dan beraktivitas bersama akan membuat perkembangan otak mereka berjalan dengan baik," kata Roni Cohen Leiderman, Ph.D., dekan Mailman Segal Center for Human Development di Nova Southeastern University dan penulis Let's Play and Learn Together.

Menurutnya, cinta, perhatian, waktu, dan sentuhan Moms dengan bayi adalah bagian terpenting dari aktivitas perkembangan.

“Semuanya akan terbentuk seiring dengan seringnya interaksi ibu dengan bayi,” tambahnya seperti dilansir dari Parents.

Baca Juga: 3 Inspirasi Unik Menyajikan Sayuran Hijau Untuk MPASI Bayi 7 Bulan

Permainan untuk Bayi 7 Bulan

Ada beberapa permainan untuk bayi usia 7 bulan yang bisa Moms coba dengan Si Kecil, apa saja itu?

1. Cari Aku

permainan bayi 7 bulan

Foto: saltycanary.com

Untuk permainan bayi 7 bulan ini, Moms membutuhkan beberapa benda seperti mainan, buku kecil, atau selimut.

Caranya, tempatkan mainan atau buku di bawah selimut dengan sedikit menonjolkannya keluar, kemudian tanyakan kepada bayi ‘Di mana buku itu?’ dan dorong dia untuk mencarinya.

"Bayi biasanya akan mencarinya dan masuk ke bawah selimut," kata Robert Myers, Ph.D., psikolog anak dan remaja, pendiri Child Development Institute, dan asisten profesor klinis psikiatri dan perilaku manusia di University of California, Fakultas Kedokteran Irvine.

Setelah bayi berhasil menemukan benda yang sebagian tersembunyi, lanjutkan untuk menyembunyikannya sepenuhnya di bawah selimut. Permainan ini akan mengasah keterampilan motorik halus dan fokus pada objek permanen.

2. Menumpuk

permainan bayi 7 bulan

Foto: ladieez.com

Permainan untuk bayi 7 bulan selanjutnya hanya membutuhkan beberapa buah gelas ukur plastik.

Dilansir dari Pathways, Moms merupakan guru pertama bagi buah hati. Tunjukkan pada mereka cara menyusun cangkir atau balok, lalu jatuhkan bersama-sama.

Cara ini akan meningkatkan pengalaman sensori mereka, membantu memahami sebab dan akibat, dan juga mengembangkan keterampilan motorik halusnya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mainan Bayi 10 Bulan

3. Bermain Puzzle

permainan bayi 7 bulan

Foto: bimiboo.com

Puzzle bergambar dan berwarna menarik akan dibutuhkan dalam permainan bayi 7 bulan ini.

Jangan lupa untuk bertepuk tangan dan bersorak saat bayi berhasil menyelesaikan puzzle pertamanya.

Ini akan meningkatkan kepercayaan dirinya, juga bayi akan belajar untuk memecahkan masalah, melatih keterampilan motorik halus, dan keterampilan visual.

4. Kocok Botol

permainan bayi 7 bulan

Foto: innerchildfun.com

Bahan yang dibutuhkan dalam permainan ini adalah sebuh botol kosong berukuran sedang atau kecil, dengan beras, makaroni, atau kancing berwarna. Botol ini biasa disebut juga dengan istilah discovery bottle atau sensory bottle.

Caranya, isi botol dengan beras atau makaroni, dan rekatkan kembali bagian atasnya agar lebih aman saat dimainkan oleh bayi.

Kemudian, bayi dapat melihat dan mendengar apa yang terjadi ketika dia menggoyang-goyangkan, mengguncang, dan memainkan botol tersebut.

“Jadi sekarang mereka mendengar hal-hal baru yang membawa unsur kejutan. Bayi usia ini juga belajar banyak tentang sebab dan akibat, yang akan menjadi keterampilan baru yang menarik,” jelas Roni.

Keterampilan yang dipelajari oleh Si Kecil adalah keterampilan motorik halus, respon pendengaran, dan sebab dan akibat.

Baca Juga: 5 Manfaat Bermain di Depan Kaca untuk Bayi dan Emosinya

5. Tampilan Cahaya

Moms Ini Permainan Mengasyikan untuk Bayi 7 Bulan -5.jpg

Foto: nameberry.com

Moms akan membutuhkan wadah plastik berwarna dan senter mini untuk permainan bayi 7 bulan yang satu ini.

Pertama-tama, nyalakan beberapa senter mini dan disorotkan ke dalam botol air kosong atau wadah lain yang berwarna dan tertutup.

Kemudian, tempatkan bayi secara tertelungkup di dalam ruangan gelap dan biarkan dia menjelajahi wadah terang berwarna-warni di lantai di depannya.

"Cahaya dari LED akan disebarkan untuk merangsang mata bayi. Awasi dengan ketat saat bayi menggenggam, memutar, dan bermain dengan wadah air," kata Rachel Coley, seorang ahli terapi okupasi, penulis buku Begin With a Blanket: Creative Play for Infants, dan pendiri CanDoKiddo.com.

Dengan cara ini, bayi akan belajar stimulasi sensorik visual, keterampilan gerakan mata, perhatian berkelanjutan, sosialisasi, ikatan, gerakan tubuh.

Beberapa permainan untuk bayi 7 bulan di atas masih dapat divariasikan sesuai dengan kreativitas Moms, lho. Selamat bermain!

Artikel Terkait