BALITA DAN ANAK
1 Juli 2020

Rambut Anak Beruban? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Kenali sebab-sebab rambut anak beruban dan cara mengatasinya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Rambut beruban merupakan hal yang biasa terjadi untuk lansia atau orang dewasa. Namun, dalam beberapa kasus, rambut beruban juga dapat terlihat di usia remaja bahkan anak-anak.

Kesehatan rambut dapat menjadi salah satu indikator yang dinilai dalam tumbuh kembang Si Kecil. Walaupun keadaan seperti ini jarang terjadi di anak-anak, tetapi bagaimana jika hal ini menimpa Si Kecil?

Penyebab Rambut Anak Beruban dan Cara Mengatasi Rambut Anak Beruban

Berdasarkan salah satu penelitian dari International Journal of Trichology, rambut yang memutih atau beruban yang terjadi sebelum usia 20 tahun didefinisikan sebagai Premature Graying of Hair (PGH).

Perubahan warna pada rambut disebabkan oleh jumlah kandungan pigmen yang disebut melanin. Untuk di usia lansia dan dewasa, rambut beruban biasanya disebabkan oleh sel-sel rambut di kulit kepala yang menghasilkan lebih sedikit melanin dibandingkan remaja atau anak-anak.

Ada beberapa penyebab rambut anak berwarna kelabu atau putih beruban. Kondisi ini disebut alopecia areata, yang menyebabkan rambut rontok, lalu saat rambut tumbuh kembali dengan warna kelabu atau beruban.

Lantas, apa penyebab rambut anak beruban dan bagaimana cara mengatasi rambut anak beruban?

1. Faktor Keturunan

Penyebab Rambut Anak Beruban dan Cara Mengatasi Rambut Anak Beruban 1.jpeg

Foto: pexels.com

Penyebab rambut anak beruban yang pertama ialah dikarenakan faktor genetik atau keturunan. Berdasarkan banyak penelitian yang beredar, keturunan menjadi faktor utama penyebab rambut anak beruban.

Dengan begini, dapat diasumsikan sulit untuk mencari cara mengatasi rambut anak beruban bila disebabkan oleh faktor keturunan ini.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kutu Rambut Pada Anak

2. Kekurangan Nutrisi

Penyebab Rambut Anak Beruban dan Cara Mengatasi Rambut Anak Beruban 2.jpg

Foto: freeimages.com

Penyebab rambut anak beruban kedua ialah kekurangan nutrisi. Pada sebagian besar kasus, kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan perubahan warna rambut hingga menjadi beruban.

Hal tersebut diperkuat dengan studi penelitian di India ke sejumlah orang-orang dengan rambut beruban di usia muda yang kekurangan kalsium, vitamin B12, dan Vitamin D3. Memastikan asupan nutrisi Si Kecil terpenuhi merupakan salah satu cara mengatasi rambut anak beruban.

3. Kondisi Medis

Penyebab Rambut Anak Beruban dan Cara Mengatasi Rambut Anak Beruban3.jpeg

Foto: pexels.com

Selain faktor keturunan dan kekurangan nutrisi, penyebab rambut anak beruban selanjutnya ialah karena disebabkan kondisi medis tertentu.

Beberapa kondisi medis atau autoimun yang berdampak pada perubahan warna rambut jadi beruban antara lain, Warner’s syndrome, vitiligo, dan penyakit lainnya yang terkait dengan Premature Graying of Hair (PGH).

Baca Juga: Rambut Anak Tipis, Begini Cara Merawatnya Agar Tak Lepek

4. Produk Rambut Sintetis

Penyebab Rambut Anak Beruban dan Cara Mengatasi Rambut Anak Beruban4.jpeg

Foto: pexels.com

Menggunakan sampo, pewarna rambut, dan lotion yang mengandung bahan kimia dapat membuat warna rambut anak berubah putih atau beruban.

Penyebab rambut anak beruban yang satu ini dapat dicegah dengan memperhatikan kualitas produk rambut untuk Si Kecil. Membeli sampo yang berbahan organik atau setidaknya sudah lulus uji dermatologi dapat menjadi cara mengatasi rambut anak beruban.

5. Faktor Lainnya

Penyebab Rambut Anak Beruban dan Cara Mengatasi Rambut Anak Beruban 5.jpg

Foto: freepik.com

Selain keempat faktor di atas, ada beberapa penyebab rambut anak beruban lainnya seperti stres atau terpapar polusi dan sinar UV (ultraviolet).

Faktor-faktor tersebut dapat menyebabkan perubahan warna rambut menjadi beruban prematur atau salah satu indikasi dari Premature Graying of Hair (PGH).

Baca Juga: Buat Anak Mandiri dengan 5 Tips Merawat Rambut Sendiri!

Itulah informasi yang perlu Moms tahu tentang kesehatan rambut Si Kecil. Dengan mengetahui penyebab rambut anak beruban dan cara mengatasi rambut anak beruban, semoga Moms bisa lebih cepat mengatasi rambut anak yang beruban, ya.

Artikel Terkait