BALITA DAN ANAK
3 Agustus 2019

Tidak Disangka, Ternyata Ini 4 Manfaat Membaca Komik Bagi Anak

Komik itu baik untuk perkembangan bahasa anak
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Isinya memang penuh gambar dan ceritanya terlihat tidak serius, tapi manfaat membaca komik bagi anak tidak bisa diremehkan lho, Moms.

Menurut Professor Carol Tilley dari University of Illinois, kritik dan pandangan buruk tentang komik atau novel grafis sebenarnya berawal dari anggapan kalau anak hanya senang melihat gambar dan tidak membaca isi di dalamnya.

Sebelum melarang atau memarahi Si Kecil karena membaca komik, Moms harus tahu dulu beberapa manfaat membaca komik bagi anak berikut ini:

Baca Juga: Enggak Nyangka, 6 Karakter Komik Ini Ternyata Orang Indonesia, Lho!

1. Memperkaya Perbendaharaan Kata

Tidak Disangka, Ternyata Ada 4 Manfaat Membaca Komik Bagi Anak 1.jpg

Foto: Blog.readingeggs.com

Sederet hasil penelitian di situs Visual Language Lab mengungkap kalau aktivitas otak saat membaca komik sama dengan saat membaca teks biasa. Itu artinya manfaat membaca komik bagi anak tidak kalah baiknya dari membaca buku biasa lho, Moms.

Saat membaca komik, anak pasti akan menemui banyak kata baru yang belum pernah ditemuinya. Apalagi kalau komik yang dibaca memiliki tema tertentu seperti sejarah, pertanian, kedokteran, atau teknologi.

Sering menemui kata tertentu dalam komik juga membiasakan anak untuk menggunakannya dengan konteks yang tepat dalam percakapan sehari-hari.

2. Meningkatkan Kemampuan Literasi

Tidak Disangka, Ternyata Ada 4 Manfaat Membaca Komik Bagi Anak 2.jpg

Foto : Cambmridgeenglish.org

Moms mungkin tidak sadar, tapi membaca komik sebenarnya termasuk salah satu aktivitas menyenangkan yang bisa meningkatkan kemampuan literasi anak.

Dengan cerita ringan dan tampilan visual menarik, komik memberikan Si Kecil kesempatan untuk memahami isi bacaan sesuai dengan urutan, membuat kesimpulan berdasarkan fakta, juga belajar tentang ejaan, penggunaan tanda baca, dan tata bahasa yang baik.

Bahkan Si Kecil yang sebelumnya tidak suka membaca pun pasti akan merasakan manfaat membaca komik bagi anak ini.

Baca Juga: 5 Manfaat Membacakan Buku Cerita untuk Anak

3. Meningkatkan Kemampuan Menulis

shutterstock_495599704.jpg

Foto : shutterstock

Kemampuan menulis dengan baik bukan cuma penting untuk mendukung pendidikan anak, tapi juga akan sangat menunjang kariernya di masa depan kelak lho, Moms.

Sayangnya, banyak anak yang kesulitan menulis cerita, essay, makalah, atau presentasi karena tidak tahu harus mulai dari mana untuk menuangkan idenya kedalam tulisan.

Secara tidak langsung, sering membaca komik membiasakan anak untuk membayangkan ide dalam bentuk gambar, mengurutkannya, kemudian mengambil kesimpulan di pikiran. Nah, proses tadi akan sangat membantu anak menuangkan ide dalam bentuk tulisan.

4. Meningkatkan Kemampuan Anak Membaca Arti Dibalik Kalimat

Tidak Disangka, Ternyata Ada 4 Manfaat Membaca Komik Bagi Anak 4.jpg

Foto : Homeschoollifemag.com

Leslie Morrison dari Northwestern Center for Talent Development, sebagaimana dikutip dari ctd.northwestern.edu, berpendapat kalau narasi visual yang ada dalam komik melatih anak mengolah makna dan mengambil kesimpulan dari suatu tulisan.

Bukan cuma makna yang tersurat, tapi juga menarik makna tersirat dari susunan informasi yang sudah dibaca sebelumnya. Contohnya, memahami metafora atau membedakan antara kalimat ucapan tulus dan sarkasme.

Supaya manfaat membaca komik bagi anak semakin terasa, pilihkan komik dengan tema yang sesuai dengan minat Si Kecil dan sesuai dengan usianya ya, Moms.

Walau banyak manfaatnya bagi anak, apa Moms setuju kalau membaca komik juga harus dibatasi supaya tidak mengganggu aktivitas dan belajarnya?

(WA)

Artikel Terkait