2-3 TAHUN
17 Februari 2020

3 Tips Agar Cacar Air Tidak Berbekas pada Anak, Ampuh!

Kuncinya, cegah infeksi dengan tidak menggaruk bentol cacar
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Mencegah terjadinya luka bekas cacar permanen di kulit dimulai dari cara merawat cacar air balita dengan benar lho, Moms.

Mengutip healthywa.gov.au, situs departemen kesehatan pemerintah Australia Barat, bentol berair bekas cacar air normalnya tidak meninggalkan bekas atau akan memudar setelah beberapa waktu.

Namun, bentol yang terus digaruk dan menjadi infeksi bisa meninggalkan bekas luka atropik permanen yang berbentuk cekung seperti lubang kecil di kulit.

Tips Agar Cacar Tidak Berbekas

Nah, berikut adalah beberapa tips agar cacar tidak berbekas yang bisa Moms ikuti supaya tidak terkena infeksi dan meninggalkan bekas luka permanen. Silakan simak ya, Moms!

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Bekas Cacar pada Balita

1. Hindari Menggaruk Bentol Cacar

3 Tips Merawat Cacar Air Pada Balita Agar Tidak Berbekas 1.jpg

Foto: Allerchic.com.au

Tips ampuh agar cacar tidak berbekas adalah dengan menghindari menggaruk area bentol cacar. Menurut American Academy of Dermatology, hal terpenting yang harus dilakukan untuk mengurangi resiko terjadinya infeksi penyebab bekas luka permanen adalah mencegah Si Kecil menggaruk bentol cacar.

Praktiknya memang tidak semudah teori karena balita masih sulit mengendalikan diri. Namun, memotong pendek kukunya atau memakaikan sarung tangan/kaus kaki saat Si Kecil tidur bisa mengurangi peluang bentol cacar digaruk dan jadi infeksi.

2. Kendalikan Rasa Gatal

3 Tips Merawat Cacar Air Pada Balita Agar Tidak Berbekas 2.jpg

Foto: Bustle.com

Agar cacar tidak berbekas, Moms juga perlu mengendalikan rasa gatal yang dirasakan Si Kecil. Selain mencegah Si Kecil menggaruk bentol cacar, saat merawat balita cacar air Moms juga bisa membantu mengurangi rasa gatalnya.

Nah, cara pertama yang bisa Moms lakukan adalah mengajak Si Kecil berendam atau mandi dengan air oatmeal.

Walau terdengar aneh, studi yang dilansir oleh National Institute of Health menunjukkan kalau oatmeal berkhasiat mengurangi rasa gatal di kulit. Begini cara melakukannya:

  1. Bungkus 1 cangkir tepung oatmeal dengan kain tipis bersih.
  2. Jika berendam di bath tub, ikat oatmeal tepat di bawah keran agar bisa dilewati air hangat yang mengalir di bawah keran. Jika berendam di ember, letakkan oatmeal langsung di dalam ember beberapa saat sebelum Si Kecil mulai mandi.

Selain dengan menggunakan krim anti gatal, Moms juga bisa mengurangi rasa gatal akibat cacar air dengan mengunakan lotion dengan kandungan lidah buaya atau cocoa butter yang membuat kulit terasa lebih nyaman.

Jika rasa gatal tidak tertahankan dan Si Kecil tampak terus menggaruk, berikan antihistamin yang aman untuk anak sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Baca Juga: Menangani Cacar Air pada Balita

3. Jangan Korek Luka yang Belum Kering

3 Tips Merawat Cacar Air Pada Balita Agar Tidak Berbekas 3.jpg

Foto: Northsidesun.com

Jangan mengorek luka yang belum kering juga jadi satu cara ampuh agar cacar tidak berbekas. Meski bentol cacar baru sudah tidak lagi muncul dan yang lama tampak mulai mengering, bukan berarti Si Kecil sudah aman dari resiko bekas luka permanen.

Bekas cacar yang masih mengering dan belum sembuh sempurna juga bisa jadi infeksi kalau terus digaruk atau dikelupas.

Jadi selama luka bekas cacar masih mengering dan belum lepas dengan sendirinya, Moms sebaiknya tetap melakukan dua tips di atas.

Baca Juga: 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengobati Cacar Air pada Balita

Setelah mencoba tips agar cacar pada anak tidak berbekas di atas, mungkin Moms masih akan melihat beberapa bekas cacar di kulit Si Kecil.

Namun jangan khawatir, bekas luka yang tidak infeksi akan pudar akan menghilang perlahan dalam waktu 6-12 bulan.

Nah, apa Moms sudah pernah punya pengalaman dalam menghadapi balita yang sedang cacar air?

Bila masih memerlukan informasi tambahan seputar anak, Moms bisa bergabung dengan WhatsApp Group Orami Moms Community.

Di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

orami wag

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

Artikel Terkait