KELUARGA
21 Agustus 2019

Tips Pintar jadi Orang Tua Baru Zaman Now

Penting bagi orang tua baru untuk membekali diri agar tidak panik saat terjadi sesuatu pada Si Kecil
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Oleh Kartika Wulan Sari (27 th), Ibu dari Zyana Bellova Al Kharimah (3 th), Member WAG Orami Toddler Moms (2)

Menjadi orang tua baru tentu hal yang sangat menyenangkan. Selain menambah keceriaan di dalam rumah, orang tua akan menemui banyak hal-hal baru yang berkaitan dengan Si Kecil.

Seperti pola asuh anak, metode MPASI seperti apa yang akan diterapkan, juga apa yang akan dilakukan ketika Si Kecil sakit, dan lain sebagainya.

Memasuki babak kehidupan baru sebagai ibu tentu wajib untuk selalu belajar, supaya kita tidak asal-asalan dalam mendidik Si Kecil.

Apalagi, zaman sekarang serba mudah untuk mendapatkan informasi. Seperti melalui internet, aplikasi parenting, WhatsApp, seminar, majalah, tabloid dan juga buku.

Namun yang perlu diingat, jika Moms mencari informasi melalui internet, pastikan sumbernya dari media yang kredibel, agar informasi yang diterima tidak asal-asalan.

Baca Juga: Mengalah Bukan untuk Menyerah, Bayi Saya Minum Susu Formula

Membekali Diri dengan Pengetahuan Itu Penting Bagi Orang Tua

WhatsApp Image 2019-07-03 at 10.44.12 AM(1).jpeg

Foto: Orami/Kartika Wulan Sari

Kenapa sih menjadi orang tua perlu banyak belajar?

Salah satu alasan saya selalu update dan upgrade ilmu adalah untuk memberikan yang terbaik kepada Si Kecil, dan supaya saya tidak menjadi orang tua yang mudah panik, terutama ketika anak sakit.

Ada beberapa tips dari saya, terutama untuk para orang tua yang baru memiliki bayi supaya tidak mudah panik ketika menghadapi Si Kecil yang sakit:

  • Knowledge is power! Moms harus sering menggali ilmu seputar kesehatan dan tumbuh kembang anak
  • Beli beberapa buku yang membahas kesehatan anak, atau Moms juga bisa mencarinya di internet
  • Ketahui tentang perawatan atau pengobatan yang bisa dilakukan di rumah sebelum harus mengunjungi dokter
  • Jika Moms sudah mengunjungi dokter, jangan lupa selalu menanyakan diagnosa dalam bahasa medis. Catat diagnosa tersebut dalam buku kesehatan anak supaya Moms bisa mencari tahu lebih dalam tentang penyakit yang diderita Si Kecil
  • Apabila Moms sudah mengetahui diagnosa Si Kecil, tanyakan pada dokter tentang perawatan apa yang harus diberikan dan kapan harus kembali lagi ke dokter
  • Jika anak diberikan obat-obatan, tidak ada salahnya Moms menanyakan efek samping dari obat tersebut, sehingga saat terjadi efek samping Moms tidak akan panik
  • Bacalah seputar penyakit "langganan" anak, misalnya seperti batuk, pilek, diare dan demam. Moms tidak perlu menunggu Si Kecil sakit dulu baru mencari tahu. Silahkan membaca sebanyak mungkin, karena menjadi orang tua itu ujiannya selalu mendadak.

Baca Juga: Petualangan Panjang Memilih Alat Kontrasepsi (KB) Paling Ampuh

Rekomendasi Referensi Bacaan Bagi Orang Tua

anti panik saat anak sakit-2

Jika Moms lebih suka membaca buku daripada browsing di internet, berikut referensi buku yang bisa dibaca:

  1. "Orangtua Cermat Anak Sehat," oleh dr. Arifianto, SpA
  2. "Berteman dengan Demam," oleh dr. Arifianto, SpA dan dr. Nurul I. Hariadi, FAAP
  3. "Makan Tepat Tumbuh Sehat," oleh dr. Arifianto, SpA dan dr. Pratami Diah Herliani
  4. "Pro Kontra Imunisasi." oleh dr. Arifianto, SpA

Semua buku yang saya rekomendasikan adalah buku-buku karya dr. Arifianto, SpA atau yang biasa dikenal dengan dokter Apin.

Menurut saya, tulisan-tulisan beliau sangat mudah dipahami, khususnya bagi kita yang awam dengan dunia kesehatan.

Selain itu, isinya sangat lengkap dalam membahas seputar bayi baru lahir hingga mitos dan fakta seputar kesehatan anak.

Baca Juga: Mendampingi Anak Epilepsi dan Delay Tumbuh Kembang

Nah, bagi Moms yang lebih suka membaca melalu internet, berikut referensi situs-situs kesehatan yang sebaiknya dikunjungi :

  • IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia): www.idai.or.id, situs ini resmi milik IDAI, yaitu satu-satunya organisasi profesi dokter anak Indonesia
  • Milis Sehat: www.milissehat.web.id, sebuah lembaga yang mengedukasi tentang kesehatan anak
  • Kids' Health: www.kidshealth.org, situs ini dimiliki oleh The Nemours Foundation, sebuah organisasi yang bertujuan meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan anak
  • Healthy Children: www.healthychildren.org, situs ini dibuat oleh AAP (American Academy of Pediatrics), organisasi resmi ikatan dokter anak di Amerika Serikat
  • WHO (World Health Organization): www.who.int, seperti yang sudah kita ketahui, WHO adalah badan internasional yang bertanggung jawab terhadap kesehatan seluruh dunia

Tidak ketinggalan, ada juga Orami Parenting. Di Orami Parenting, Moms juga bisa belajar banyak hal. Banyak sekali informasi tentang program hamil, kehamilan, bayi, balita, anak, gaya hidup, hingga hiburan yang bisa Moms dapatkan.

Selamat belajar Moms dan Dads!

Artikel Terkait