BAYI
3 September 2020

11 Vitamin Untuk Bayi 10 Bulan, Jenis Makanan dan Rekomendasi Mereknya!

Penuhi kebutuhan asupan gizi Si Kecil dengan tambahan multivitamin di bawah ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Menginjak usia 10 bulan, umumnya Si Kecil akan menuju perkembangan belajar berjalan dan berbicara. Untuk itu, asupan nutrisi Si Kecil harus betul-betul diperhatikan ya, Moms.

Sebab, nutrisi yang tidak cukup akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang Si Kecil di masa mendatang, lho. Misalnya mudah terserang penyakit, pertumbuhan lambat, dan lain-lain.

Memenuhi nutrisi Si Kecil, tak hanya sekadar memberinya makanan dan minuman sehat tanpa ada pencapaian yang ingin diraih. Moms harus membuat standar pemenuhan nutrisi Si Kecil dengan cara mendata vitamin apa saja yang diperlukan Si Kecil dan dari mana vitamin tersebut dapat diperoleh.

Yuk, simak vitamin untuk bayi 10 bulan di bawah ini yang harus Moms penuhi setiap hari.

Jenis Vitamin untuk Bayi 10 Bulan

1. Vitamin A (Retinol)

jenis Vitamin untuk Bayi 10 Bulan vitamin a.jpg

Foto: freepik.com

Vitamin A yang diperlukan bayi usia 10 bulan setiap harinya adalah 400 mikrogram atau 0.4 miligram per hari. Jumlah ini setidaknya harus dipenuhi setiap hari melalui makanan yang Moms sajikan untuk Si Kecil.

Ada banyak manfaat dari vitamin A, beberapa di antaranya adalah meningkatkan fungsi penglihatan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan kulit bayi.

2. Vitamin B1 (Thiamin)

Si Kecil yang semakin aktif membutuhkan banyak asupan karbohidrat sebagai bahan energinya untuk bergerak aktif. Untuk itu, Moms harus memberikan asupan vitamin B1 karena vitamin ini merupakan penghasil karbohidrat dalam tubuh.

Setidaknya B1 harus dikonsumsi bayi 10 bulan sebesar 0.3 mg per hari. Selain sebagai penghasil energi, vitamin B1 juga berfungsi membantu melindungi sistem saraf dari segala jenis kerusakan.

3. Vitamin B2 (Riboflavin)

Jenis Vitamin untuk Bayi 10 Bulan vitamin b2.jpg

Foto: freepik.com

Vitamin B2 berperan penting untuk pertumbuhan dan kesehatan secara keseluruhan. Apabila Moms mau bayi 10 bulan terpenuhi nutrisinya, berikan asupan vitamin B2 sebanyak 0.3 mg per hari.

Salah satu peran vitamin B2 adalah untuk sistem kekebalan tubuh bayi, menjaga kesehatan kulit, mata, lapisan usus dan sel-sel darah agar tetap sehat.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Memilih Suplemen Vitamin Untuk Anak

4. Vitamin B3 (Niacin)

Vitamin untuk bayi 10 bulan selanjutnya ialah B3. Bayi 10 bulan membutuhkan kira-kira sebanyak 4 mg per hari agar sistem pencernaannya lancar. Jika kekurangan vitamin ini, tentu nutrisi makanan yang Moms berikan akan sulit diserap oleh Si Kecil.

Dalam jangka panjang, akan mengakibatkan bayi kekurangan gizi. Selain itu, vitamin B3 juga bermanfaat untuk perkembangan sistem saraf dan kesehatan kulit bayi.

5. Vitamin B6 (Pyridoxine)

Jenis Vitamin untuk Bayi 10 Bulan vitamin b6.jpg

Foto: freepik.com

Vitamin B6 membantu membentuk hemoglobin untuk mengedarkan oksigen dalam darah ke seluruh tubuh. Kebutuhan vitamin B6 per hari bagi bayi usia 10 bulan adalah 0,1-0,3 mg per hari.

Moms perlu memastikan kebutuhan vitamin ini cukup bagi Si Kecil karena risiko kekurangan vitamin ini cukup fatal, mulai dari bibir bayi pecah-pecah, ruam kulit, hingga gangguan otak.

6. Vitamin B9 (Asam Folat)

Orang tua mana yang tak sedih jika buah hatinya terserang penyakit. Untuk itu, Moms perlu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Si Kecil agar ia selalu sehat. Salah satu cara meningkatkan kekebalan tubuh anak adalah dengan memberinya asupan vitamin B9 yang tepat.

Selain untuk meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin B9 juga berguna untuk memproduksi sel-sel darah merah dan menjaga kesehatan otot dan syaraf. Vitamin B9 yang dibutuhkan bayi usia 10 bulan untuk setiap harinya sekitar 65-80 mikrogram atau 0.065-0.080 miligram.

7. Vitamin B12 (Kobalamin)

Jenis Vitamin untuk Bayi 10 Bulan vitamin b12.jpg

Foto: freepik.com

Tak hanya bagi bayi usia 10 bulan, vitamin B12 sangat baik jika Moms konsumsi sejak Si Kecil dalam kandungan karena akan akan membuat bayi yang lebih tenang dan tidak rewel saat sudah lahir.

Bayi 10 bulan membutuhkan asupan vitamin B12 sebanyak 0.5 mikrogram atau setara 0.0005 miligram per harinya. Mengutip dari Eatright, vitamin B12 harus seimbang pemberiannya antara makanan nabati dan hewani.

Jika Moms adalah seorang vegan dan ingin memperkenalkan makanan vegan juga ke Si Kecil, maka harus dipastikan bahwa asupannya cukup dengan menambah suplemen multivitamin. Jika tidak terpenuhi dengan baik, maka siklus tidur bayi akan terganggu dan bayi menjadi rewel.

Lebih parah dari itu, berdasarkan penelitian Daniela Codazzi, etc dalam jurnal Pediatric Critical Care Medicine tahun 2005, seorang bayi 10 bulan yang disusui secara eksklusif pernah mengalami gagal napas, hipotonia otot, dan gerakan tak terkendali akibat kekurangan vitamin B12 yang mana ibunya telah menjadi vegan selama 10 tahun.

Kekurangan vitamin B12 diet kronisnya sudah dikonfirmasi menggunakan sampel darah dan urin. Untuk itu, tetap berhati-hati ya, Moms.

Baca Juga: 6 Vitamin untuk Anak yang Penting Dikonsumsi Sehari-hari

8. Vitamin C (Asam Askorbat)

Usia bayi 10 bulan adalah termasuk usia di mana Si Kecil sedang mengalami pertumbuhan gigi dan gusi. Nah, vitamin untuk bayi 10 bulan yang bisa Moms berikan ialah vitamin C. Vitamin ini dapat membantu pertumbuhan dan menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Selain itu, vitamin C juga berfungsi untuk memperbaiki sel darah merah dan jaringan. Vitamin C juga berguna menjaga struktur kolagen, yang menghubungkan seluruh jaringan serabut, urat, kulit, tulang rawan dan jaringan tubuh yang lain. Vitamin C yang dibutuhkan setiap harinya oleh bayi usia 10 bulan adalah 40-50 mg per hari.

9. Vitamin D (Kalsiferol)

Jenis Vitamin untuk Bayi 10 Bulan vitamin d.jpg

Foto: freepik.com

Vitamin D yang dibutuhkan bayi usia 10 bulan adalah 8,5 - 10 mikrogram atau 0.0085-0.01 miligram per harinya. Vitamin D sangat berguna untuk kesehatan tulang dan kesehatan gigi. Kekurangan vitamin D bagi Si Kecil bisa menyebabkan penyakit tulang seperti rakitis.

Perlu Moms catat bahwa vitamin D pada manusia dihasilkan dari sinar matahari. Tetapi, bayi usia 10 bulan rupanya belum bisa mendapatkan vitamin D dari matahari dengan aman karena kulit bayi yang masih sensitif sehingga harus dipenuhi dari asupan makanannya.

10. Vitamin E (Alfa Tokoferol)

Vitamin E sangat berguna sebagai antioksidan yang dapat menunjang pertumbuhan sel dan perkembangan jaringan saraf serta otak bayi serta menghambat penyakit Alzheimer. Vitamin E yang dibutuhkan Si Kecil usia 10 bulan adalah 5 mg per hari.

11. Vitamin K (Koagulasi)

Jenis Vitamin untuk Bayi 10 Bulan vitamin k.jpg

Foto: pexels.com

Vitamin E yang dibutuhkan bayi usia 10 bulan adalah 2-2.5 mikrogram atau 0.002-0.0025 miligram per harinya. Vitamin K berguna berguna untuk mempercepat penyembuhan luka. Tanpa adanya vitamin K, luka yang kecil sekalipun dapat terus mengeluarkan darah sehingga susah untuk sembuh.

Baca Juga: Bayi Baru Lahir Wajib Mendapat Suntik Vitamin K?

Makanan yang Mengandung Vitamin untuk Bayi 10 Bulan

Pada dasarnya, berapapun usia Si Kecil, Moms perlu memberikan asupan nutrisi dan vitamin yang seimbang dan variatif. Dilansir dari Unicef, bayi usia 10 bulan sudah dapat mengonsumsi setengah cangkir makanan dengan frekuensi tiga hingga empat kali sehari, ditambah camilan yang sehat.

Moms bisa mulai memotong makanan lunak menjadi potongan-potongan kecil (finger food) ketimbang menumbuknya. Bayi usia 10 bulan juga sudah mampu untuk mulai belajar makan sendiri, lho. Nah, berikut ini beberapa daftar makanan-makanan sehat yang mengandung banyak vitamin untuk bayi 10 bulan.

Tabel Rekomendasi Makanan yang Mengandung Vitamin untuk Bayi 10 Bulan

nutrisi vitamin untuk bayi 10 bulan tabel 1.png

nutrisi vitamin untuk bayi 10 bulan tabel 2.png

nutrisi vitamin untuk bayi 10 bulan tabel 3.png

nutrisi vitamin untuk bayi 10 bulan tabel 4.png

nutrisi vitamin untuk bayi 10 bulan tabel 5.png

Rekomendasi Merek Vitamin untuk Bayi 10 Bulan

Situs web Eatright menyatakan sebenarnya tidak semua bayi secara otomatis membutuhkan suplemen multivitamin saat memulai makanan padat. Namun, apabila Moms merasa makanan sehari-harinya belum mencukupi asupan vitaminnya, Moms juga bisa lho memberikan multivitamin tambahan. Berikut ini rekomendasi vitamin untuk bayi 10 bulan berbagai merek.

Tabel Rekomendasi Merek Vitamin untuk Bayi 10 Bulan

merek vitamin untuk bayi 10 bulan tabel.png

Baca Juga: Kapan Anak Harus Minum Vitamin? Tengok Tanda Si Kecil Membutuhkannya

Ternyata, banyak ya Moms rekomendasi vitamin untuk bayi 10 bulan. Selain memberikan menu makanan yang variatif dan aneka vitamin, pastikan juga Si Kecil tetap merasa bahagia dan disayang ya, Moms. Sebab, kegembiraan hatinya pun sama pentingnya seperti asupan nutrisinya.

Untuk rekomendasi multivitamin, pastikan Moms memberikan Si Kecil sesuai dosis dan kebutuhannya, ya. Jika Moms ragu, konsultasi ke dokter juga sangat disarankan.

Artikel Terkait