2-3 TAHUN
14 Desember 2018

3 Tips Nagita Slavina untuk Hadapi Rafathar Saat Susah Makan

Kuncinya adalah tetap tenang dan sabar
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Selayaknya balita pada umumnya, anak pasangan Nagita Slavina dan Raffi Ahmad, Rafathar juga beberapa kali mengalami fase susah makan.

Pasti Moms mengerti betapa pusingnya menghadapi anak yang tidak mau makan kan? Rasanya frustrasi dan bingung harus melakukan apa, sekaligus khawatir terhadap asupan nutrisi Si Kecil.

Ditemui di Talkshow Kesehatan Anak dan Launching Susu Curcuma Plus, Nagita Slavina pun memberikan beberapa tips yang ia lakukan untuk mengatasi Rafathar saat susah makan. Seperti apa ya?

1. Mengenalkan berbagai makanan

Supaya Rafathar tidak bosan, Nagita berusaha mengenalkan berbagai jenis makanan dan rasa yang baru.

Salah satu triknya adalah mengenalkannya melalui buku cerita. “Saat baca buku cerita, aku kasih tahu bentuk-bentuk makanan, terus dari situ kita kenalin rasanya,” ujar Nagita.

Cara ini cukup efektif juga lho, Moms. Anak pasti akan merasa lebih tertarik saat melihat makanan di buku cerita, ia akan penasaran seperti apa rasa makanan itu, sehingga Moms bisa mengajaknya untuk mencobanya.

Baca Juga: 4 Kesalahan Orang Tua yang Membuat Anak jadi Picky Eater

2. Masak bersama

Nagita juga mengaku sering mengajak Rafathar membuat masakan bersama. Dengan melihat prosesnya, Rafathar jadi ingin menyicipi makanan tersebut.

“Memang pasti akan berantakan, kan namanya juga anak-anak. Tapi dia jadi senang melihat makanannya saat dibuat,” ungkapnya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memperkenalkan Variasi Makanan Pada Si Picky Eater?

3. Menikmati makanan bersama

Salah satu cara paling mudah agar anak lebih gampang makan adalah Moms dan Dads harus menikmati makanan bersama dengannya. Hal ini juga diterapkan oleh Nagita.

Dengan makan bersama, Rafathar jadi menganggap bahwa makan adalah aktivitas yang menyenangkan. Ia pun akan menunggu-nunggu waktu makan bersama setiap harinya.

Tidak ketinggalan, menurut Nagita, kunci paling penting untuk menghadapi anak yang sedang susah makan adalah sabar.

“Pokoknya harus sabar, kalau nggak berhasil memberi variasi makanan baru, jangan menyerah. Jangan marah juga ke anak, harus tetap tenang,” katanya.

(INT)

Artikel Terkait