BALITA DAN ANAK
6 Agustus 2019

4 Aktivitas Seru untuk Meningkatkan Memori Visual Balita

Perkuat memori visual balita sebelum mulai belajar membaca
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sudah tahu belum Moms, kalau menguatkan memori visual balita sejak dini itu penting untuk kelancaran belajarnya di kemudian hari?

Seperti dituliskan oleh terapis okupasi Lauren Weichman dalam situs North Shore Pediatric Therapy, memori visual adalah kemampuan untuk menyimpan dan mengingat kembali informasi yang sudah pernah dilihat secara visual.

Selain termasuk kemampuan pra-membaca yang penting, memori visual yang baik juga berperan besar bagi kelancaran balita dalam belajar, menulis, berhitung, juga menghapal.

Bahkan sebuah studi yang dirilis oleh Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America menguak kalau memori visual itu lebih unggul dari memori auditori.

Yuk Moms, coba beberapa aktivitas seru berikut untuk meningkatkan memori visual balita dan mendukung proses belajar buah hati!

Baca Juga: 5 Aktivitas Untuk Mempersiapkan Balita Belajar Menulis

1. Menirukan Pola dan Bentuk

4 Aktivitas Seru Untuk Meningkatkan Memori Visual Balita 1.jpg

Foto: Verywellfamily.com

Untuk meningkatkan memori visual balita, Moms bisa mengajarkannya untuk menirukan pola dan bentuk yang Moms buat.

Yuk, kita mulai dengan yang paling sederhana. Deretkan tiga buah kertas dengan warna berbeda lalu minta Si Kecil melihatnya dengan seksama selama 10 detik. Setelah itu tutupi deretan kertas warna dengan kertas atau kain gelap agar tidak terlihat.

Dengan menggunakan set kertas warna lain, minta Si Kecil menirukan susunan kertas warna persis seperti yang tadi dilihatnya.

Setelah balita bertambah mahir, Moms bisa tingkatkan kesulitannya dengan menambah jumlah warna, mempersingkat waktu Si Kecil untuk melihat, atau menyusun kertas dalam pola yang rumit dan berulang.

Oh ya Moms, kertas warna bisa diganti dengan manik, sedotan atau stik es krim berwarna, huruf, angka, ataupun aneka balok bentuk .

2. Mencari Perbedaan

4 Aktivitas Seru Untuk Meningkatkan Memori Visual Balita 2.jpg

Foto: Mothermag.com

Bermain mencari perbedaan dalam gambar sih sudah biasa ya, Moms? Kalau ingin menambahkan stimulasi multisensori saat melatih memori visual balita, gunakan barang beraneka tekstur, bentuk, dan warna yang ada di sekitar rumah.

Letakkan beberapa benda di atas kertas atau nampan, lalu minta Si Kecil memperhatikannya dengan seksama selama 10-15 detik, dia juga boleh menyentuhnya kalau mau.

Setelah itu, minta balita menutup matanya sambil Moms mengeluarkan satu atau dua benda dari nampan. Kalau sudah, minta Si Kecil membuka mata dan menyebutkan benda apa yang sekarang tidak ada.

Baca Juga: 5 Aktivitas Eksperimen Sederhana untuk Melatih Otak Balita

3. Sambung Cerita

4 Aktivitas Seru Untuk Meningkatkan Memori Visual Balita 3.jpg

Foto: Justmommies.com

Bermain sambung cerita juga bisa jadi pilihan aktivitas seru untuk meningkatkan memori visual balita yang senang berimajinasi. Namun aktivitas ini akan lebih efektif kalau dimainkan bersama balita yang sudah mulai lancar bicara ya, Moms.

Moms bisa memulainya dengan kalimat seperti “Pada suatu hari, seekor kelinci berwarna putih bermain di taman.” Setelah itu minta Si Kecil melanjutkan cerita dengan imajinasinya sendiri.

Tapi ada peraturannya nih, Moms. Sebelum menambahkan kalimat cerita baru, Moms dan Si Kecil sama-sama harus mengulang dulu dari awal cerita yang sudah disusun sebelumnya.

4. Bermain sebagai Detektif

4 Aktivitas Seru Untuk Meningkatkan Memori Visual Balita 4.jpg

Foto: Verywellfamily.com

Waktu liburan keluarga juga bisa jadi kesempatan untuk meningkatkan memori visual balita lho, Moms. Saat berada di bandara, di pantai, di museum, atau tempat baru lainnya, berikan Si Kecil peran sebagai detektif yang harus memperhatikan dengan seksama sekelilingnya.

Setelah pulang nanti, minta Si Kecil menggambarkan secara rinci apa yang dilihatnya tadi. Kalau Moms perhatikan, semakin baik memori visual balita maka akan semakin rinci pula deksripsi yang disampaikannya.

Baca Juga: Sebelum Tidur, Lakukan 4 Aktivitas Mendidik dan Menyenangkan Ini untuk Balita

Itulah beberapa aktivitas untuk meningkatkan memori visual balita. Apa Moms tahu aktivitas seru lain yang dapat meningkatkan memori visual balita di rumah?

(WA)

Artikel Terkait