2-3 TAHUN
21 Januari 2020

5 Penyebab Perut Kembung Pada Balita, Salah Satunya Intoleransi Laktosa!

Perut kembung terjadi akibat penumpukan cairan, gas, atau objek padat.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Penyebab perut kembung pada balita itu tidak melulu masuk angin lho, Moms. Gangguan pencernaan, kondisi bawaan lahir, hingga cara makan rupanya juga bisa membuat perut Si Kecil kembung.

Mengutip informasi dari Health Direct Australia, situs layanan kesehatan pemerintah Australia, perut kembung sebenarnya adalah kondisi dimana salah satu bagian sistem pencernaan meregang akibat adanya penumpukan cairan, gas, atau objek padat.

Jadi, apa saja sebenarnya penyebab perut kembung pada balita? Coba simak dulu penjelasan berikut untuk tahu jawabannya ya, Moms.

Penyebab Perut Kembung pada Balita

1. Intoleransi Laktosa

5 Penyebab Perut Kembung Pada Balita, Salah Satunya Intoleransi Laktosa! 01.jpg

Foto: thespruceeats.com

Menurut Tamara Duker Freuman, RD, ahli kesehatan pencernaan sekaligus penulis buku The Bloated Belly Whisperer, intoleransi laktosa bisa menjadi penyebab perut kembung pada balita dalam jangka waktu beberapa jam setelah mengonsumsi susu atau produk olahannya.

Laktosa dalam susu yang tidak dapat diproses oleh tubuh balita akan mengalir ke usus besar dan difermentasi oleh bakteri. Proses fermentasi laktosa menghasilkan gas metan, hidrogen, dan karbon dioksida berlebih yang membuat perut terasa kembung dan kencang.

Baca Juga: Intoleransi Laktosa Pada Bayi, Apa yang Harus Dilakukan?

2. Irritable Bowel Syndrome

5 Penyebab Perut Kembung Pada Balita, Salah Satunya Intoleransi Laktosa! 02.jpg

Foto: parents.com

Radang usus atau irritable bowel syndrome (IBS) adalah suatu kondisi peradangan kronis pada semua atau sebagian dari saluran pencernaan.

Perut kembung adalah salah satu gejala utama IBS, yang diduga disebabkan oleh kelemahan tubuh dalam mentolerir dan menyalurkan gas dalam usus atau akibat produksi gas berlebih dari bakteri di dalam usus.

3. Sembelit

5 Penyebab Perut Kembung Pada Balita, Salah Satunya Intoleransi Laktosa! 03.jpg

Foto: thehealthy.com

Keluhan perut kembung juga bisa datang dari kondisi sembelit lho, Moms. Seperti dijelaskan oleh dokter gastroenterologis Linda Ann Lee, MD, semakin lama balita tidak buang air besar, maka akan semakin banyak pula gas yang dihasilkan dari fermentasi tinja dalam usus.

Perut kembung akibat sembelit juga biasanya ditandai dengan gejala seperti kesulitan memulai atau mengakhiri buang air besar, tinja yang terlihat seperti batu atau kerikil, dan perut yang terasa keras bila disentuh.

Baca Juga: 5 Penyebab Sembelit saat Liburan, Sering Terjadi!

4. Terlalu Banyak Menelan Udara

5 Penyebab Perut Kembung Pada Balita, Salah Satunya Intoleransi Laktosa! 04.jpg

Foto: strong4life.com

Salah satu penyebab perut kembung pada balita yang sering tidak disadari adalah aerofagia atau terlalu banyak menelan udara.

Menurut buku Gastrointestinal and Liver Disease yang ditulis Sleisenger dan Fordtran, beberapa hal yang bisa menjadi penyebab perut kembung pada balita akibat aerofagia diantaranya adalah kebiasaan menelan udara saat sedang gugup, makan atau minum terlalu cepat, makan sambil bicara atau berjalan, mengunyah permen karet, atau minum soda.

5. Terlalu Banyak Gas di Dalam Perut

5 Penyebab Perut Kembung Pada Balita, Salah Satunya Intoleransi Laktosa! 05.jpg

Foto: news.wsu.edu

Selain karena kondisi intoleransi laktosa dan IBS, konsumsi makanan dan minuman tertentu juga bisa menghasilkan terlalu banyak gas di dalam perut balita.

Beberapa diantaranya adalah kacang-kacangan, brokoli, kembang kol, kol, bawang, buah pir, bawang merah, makanan yang terbuat dari gandum utuh, dan minuman bersoda.

Penyebab perut kembung pada balita biasanya dapat ditangkal dengan menjaga pola makan, memberikan kompres hangat, mengonsumsi makanan probiotik, atau minum teh hangat kok, Moms.

Namun, jangan segan membawa Si Kecil ke dokter kalau kondisinya tidak kunjung membaik atau bertambah parah.

Apa Moms pernah punya pengalaman dalam menghadapi balita yang perutnya kembung?

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan mengenai kesehatan anak, Moms bisa bergabung dengan WhatsApp Group Orami Moms Community.

orami wag

Di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya. Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

Baca Juga: 7 Penyebab Perut Kembung yang Sering Terjadi

(WA/DIN)

Artikel Terkait