2-3 TAHUN
17 November 2020

4 Manfaat Berenang untuk Anak, Lebih dari Sekadar Bermain Air!

Berenang adalah kegiatan yang menyenangkan untuk anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Berenang dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak, dan juga ada beberapa manfaat kegiatan berenang bagi anak. Tidak hanya untuk kesehatan, tetapi juga dapat mengajari keamanan ketika berada di air.

Berenang adalah aktivitas air yang sangat menyenangkan bagi orang-orang dari segala usia, dan anak-anak suka berenang di air dan menikmati diri mereka sendiri bermain air.

American Academy of Pediatrics mendukung pelajaran berenang untuk sebagian besar anak berusia 4 tahun ke atas. Kelas-kelas berenang ini dapat mengurangi risiko tenggelam pada anak-anak yang lebih muda.

Baca Juga: Sejak Umur Berapa Bayi Boleh Belajar Berenang?

Namun disituasi pandemi seperti sekarang ini, banyak orang tua yang belum berani untuk mengajak anaknya berenang di kolam. Tenang Moms, hal ini sebetulnya tidak perlu dikhawatirkan. Ditambah lagi, jika Anda berenang di kolam dengan klorin, risiko tertular virus menjadi lebih rendah.

“Virus corona tidak bertahan dalam air yang mengandung kaporit,” ujar pakar penyakit menular Amesh A. Adalja, peneliti senior di Johns Hopkins Center for Health Security di Maryland.

Jadi akan aman asalkan menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), mengikuti pedoman yang ada termasuk menyediakan perlengkapan untuk mendukung kebersihan yang sehat, yaitu sabun, pembersih tangan, dan tempat sampah tanpa sentuhan, juga mendisinfeksi benda-benda bersama setiap kali digunakan.

Jadi sudah berani mengajak anak berenang? Simak dulu manfaatnya di bawah ini, yuk.

Manfaat Berenang untuk Anak

Mungkin Moms belum menyadarinya, tetapi manfaat berenang untuk anak tidak terbatas, dan anak Moms harus belajar berenang sedini mungkin. Apa saja manfaat yang diberikan untuk anak? Yuk kita intip, Moms.

1. Memberikan Keamanan

manfaat berenang pada anak-1

Foto: Orami Stock Photos

Menurut KidsHealth.org, tenggelam adalah penyebab kematian paling umum kedua akibat cedera, pada anak-anak di bawah usia 14 tahun.

Tenggelam dapat terjadi begitu cepat, bahkan kadang-kadang dalam waktu kurang dari 2 menit. Banyak kasus tenggelam dan hampir tenggelam terjadi ketika anak secara tidak sengaja jatuh ke kolam renang.

Dengan mengajari Si Kecil berenang, dapat bermanfaat untuk mencegah anak dari risiko darurat seperti tenggelam, atau terbawa arus di pantai.

2. Kesehatan Fisik

manfaat berenang untuk anak-2

Foto: Orami Stock Photos

Menurut swimming.org, manfaat berenang untuk anak termasuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas, meningkatkan stamina, keseimbangan, dan postur tubuh anak.

Berenang, yang merupakan salah satu olahraga berbasis air, dapat membantu penderita penyakit kronis, menurut Centers for Disease Control and Prevention.

Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Berikut Agar Anak Tak Tenggelam Saat Berenang, Catat!

3. Kesehatan Emosional

manfaat berenang untuk anak-3

Foto: Orami Stock Photos

Manfaat berenang pada anak tidak hanya itu saja, tetapi juga mendukung kesehatan emosional Si Kecil.

Berenang memberikan tantangan dan penghargaan terhadap pencapaian dan prestasi, sehingga membantu anak-anak jadi lebih percaya diri dan percaya pada kemampuan mereka.

Dalam jurnal Paediatrics & Child Health, ada studi yang menunjukkan bahwa pelajaran berenang meningkatkan kemampuan berenang dan perilaku pada anak kecil pada usia 2-4 tahun. Meskipun efek jangka panjangnya belum dilaporkan.

Selain itu, karena kegiatan yang dirasa menyenangkan, berenang juga dapat meningkatkan suasana hati secara keseluruhan, dan membantu memerangi depresi.

4. Olahraga yang Berdampak Rendah

manfaat berenang untuk anak

Foto: Orami Stock Photos

Berenang jelas berdampak rendah, karena dilakukan di air. Menurut Universitas Bucknell, tubuh kita 90 persen terapung saat berada di dalam air hingga ke leher, jadi anak tidak akan menyentuh tanah dengan beban yang dibawa di darat. Berenang adalah olahraga yang ideal untuk kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

Ya, apa pun yang berlebihan dapat menyebabkan tubuh menjadi rusak, jadi cedera renang biasa terjadi. Tetapi jika anak mengalami cedera bahu, mungkin masih menendang selama latihan untuk tetap bugar.

Dalam berenang, kita sering kali dapat mengistirahatkan bagian tubuh yang cedera, dan tetap menggunakan bagian tubuh yang sehat di kolam.

Cedera renang yang paling umum berasal dari aktivitas berlebihan, yang menunjukkan bahwa berenang umumnya sangat mudah dilakukan pada tubuh seseorang dibandingkan dengan cedera kritis seperti keseleo atau istirahat karena berlari atau melompat.

Baca Juga: Suka Berolahraga, Ini 5 Cara Menghindari Cedera pada Anak

Dukung Anak dengan Baju Renang yang Tepat

manfaat berenang untuk anak

Foto: orami.co.id

Nah, agar manfaat dari berenang ini bisa Si Kecil dapatkan dengan maksimal, Moms juga harus membantu anak untuk mendapatkannya, tentunya dengan memenuhi perlengkapan yang dibutuhkan Si Kecil untuk bisa berenang dengan aman dan nyaman, salah satunya adalah dengan memberikan anak baju renang yang tepat.

Moms bisa membelikan anak baju renang dari LeeVierra. Memang apa saja kelebihan dari baju renang ini?

Baju renang LeeVierra ini sudah dilengkapi dengan teknologi comfort stretch, jadi bentuk bajunya akan tetap kembali seperti semula setelah dicuci berulang kali.

Bahan baju renang ini terbuat dari NYLON-LYCRA® XTRA LIFE™, yang diklaim 10 kali lebih tahan lama dibandingkan baju renang lainnya. Moms bisa lebih berhemat tentunya.

Tidak hanya itu, bahan swimsuit ini juga sudah mengandung SPF45+, sudah pasti akan memberikan perlindungan menyeluruh hampir 98% dari sinar ultraviolet.

manfaat berenang untuk anak

Foto: orami.co.id

Setelah anak berenang, Moms juga bisa langsung mencucinya dengan tangan menggunakan air dingin dan dijemur ditempat yang teduh. Praktis bukan perawatannya?

LeeVierra ini tersedia dalam berbagai model yang modis dan disukai anak-anak lho Moms. Kita bisa membeli baju renang untuk Si Kecil dalam rentang usia 1-8 tahun.

Jadi, tunggu apalagi Moms? Baju berenang lengkap dengan perlindungan menyeluruh ini bisa Moms dapatkan langsung di Orami.co.id. Ajak anak pilih baju renang dengan model dan motif kesukaannya ya Moms!

Artikel Terkait