BALITA DAN ANAK
30 Juli 2019

Moms, Jangan Sembarangan Percaya dengan 3 Mitos Tentang Anak Introvert Ini!

Yuk Moms, pahami anak introvert dengan lebih baik
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms, jangan percaya begitu saja dengan banyaknya mitos tentang anak introvert yang cenderung bernada negatif ya, Moms.

Seperti dijelaskan oleh American Psychological Association, anak introvert cenderung lebih fokus pada perasaan dan pikiran pribadinya ketimbang dunia dan orang di luar dirinya. Itulah kenapa mereka jarang bicara dan lebih suka menghabiskan waktu sendiri.

Memahami anak introvert itu bukan cuma penting untuk kelancaran komunikasi saja. Moms juga jadi bisa menyesuaikan pendekatan pola asuh supaya tumbuh kembang buah hati bisa optimal.

Supaya tidak salah kaprah, perhatikan dulu beberapa fakta dan mitos tentang anak introvert berikut ini ya, Moms.

Baca Juga: Si Kecil Termasuk Balita Introvert? Yuk Didik Dengan 4 Cara Ini!

1. Anak Introvert Pemalu dan Sulit Berteman

Moms, Jangan Percaya Dengan 3 Mitos Salah Tentang Anak Introvert Ini 1.jpg

Foto: Yahoo.com

Mitos tentang anak introvert yang dikatakan tidak punya banyak teman karena pemalu dan tidak percaya diri itu salah besar ya, Moms.

Menurut Susan Cain dalam bukunya Quiet: The Power of Introverts in a World That Can’t Stop Talking, introvert sebenarnya hanya sering merasa kewalahan dengan suasana ramai dimana ada banyak orang.

Itulah kenapa anak introvert baru akan merasa lebih nyaman untuk membuka diri dan memulai percakapan dengan orang baru saat berada dalam suasana tenang dan berhadapan dengan beberapa orang saja.

Jadi, kalau Si kecil termasuk anak introvert, jangan dimarahi atau dipaksa berbaur kalau dia tampak lebih banyak diam di acara sekolah atau saat kumpul keluarga ya, Moms.

2. Anak Introvert Terlalu Serius dan Tidak Bisa Bersenang-Senang

Moms, Jangan Percaya Dengan 3 Mitos Salah Tentang Anak Introvert Ini 2.jpg

Foto: Classroom.synonym.com

Saat yang lain berkumpul dan mengobrol seru, anak introvert cenderung diam mengamati suasana, lingkungan, dan orang sekitarnya. Mereka juga terlihat lebih sering asyik sendiri dengan aktivitas yang disukainya ketimbang bermain bersama.

Namun bukan berarti anak introvert terlalu serius dan tidak suka hiburan lho, Moms. Bagi mereka, tenggelam dalam aktivitas yang mereka minati tanpa gangguan adalah hiburan yang paling menyenangkan.

Nah, salah satu cara supaya orang tua bisa lebih dekat dengan anak introvert adalah dengan mendukung dan menunjukkan ketertarikan pada minatnya.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Orang Tua yang Memiliki Anak Introvert

3. Anak Introvert Pendiam karena Kurang Cerdas dan Tidak Tahu Banyak Hal

Moms, Jangan Percaya Dengan 3 Mitos Salah Tentang Anak Introvert Ini 3.jpg

Foto: Parents.com

Kebanyakan anak introvert memang baru akan berbicara saat ditanya atau diajak mengobrol lebih dulu, tapi itu sama sekali bukan karena Si Kecil kurang pengetahuan atau tidak pintar ya, Moms.

Kebanyakan anak introvert memang cenderung lebih banyak mengekspresikan diri dalam bentuk tulisan atau gambar ketimbang komunikasi verbal. Mereka juga lebih tertarik dengan obrolan yang berisi ketimbang hanya basa-basi saja.

Kalau ingin berbicara panjang lebar dan menarik perhatian anak introvert, coba deh sesekali Moms ajak Si Kecil mengobrol tentang topik yang disukainya. Dengan stimulasi dan topik yang pas, anak introvert sebenarnya mudah diajak berkomunikasi.

Baca Juga: 5 Trik Khusus Untuk Mendidik Balita Pendiam

Sebenarnya masih banyak lagi mitos tentang anak introvert yang salah kaprah. Apa ada lagi yang sudah pernah Moms dengar sebelumnya?

(WA)

Artikel Terkait